Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ketombe Pada Anak Usia 4 Tahun

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ketombe Pada Anak Usia 4 Tahun

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ketombe Pada Anak Usia 4 Tahun

Ada serpihan putih di kulit kepala Si Kecil yang tampak seperti ketombe? Tidak perlu khawatir, Bunda. Hal ini wajar terjadi dan bisa dihilangkan dengan cara-cara sederhana, kok.

Serpihan atau kerak putih di kulit kepala yang tampak seperti ketombe (cradle cap) merupakan hal yang biasa terjadi pada bayi dan bukan pertanda bahwa kebersihannya kurang terjaga. Umumnya,

Ketombe

Tidak bisa dipastikan, akan tetapi beberapa ahli percaya bahwa hal ini dipengaruhi oleh hormon dari ibu hamil pada kehamilan trimester terakhir yang disalurkan ke bayi. Hormon tersebut membuat tubuh bayi memproduksi minyak secara berlebihan pada kulit kepala.

Kulit Kepala Si Kecil Berkerak? Apa Penyebab Dan Bagaimana Mengatasinya?

Adalah munculnya kerak tebal di kulit kepala, terdapat sisik putih atau kuning pada kulit kepalanya yang berminyak atau kering, dan bisa disertai kemerahan pada kulit kepala.

Ketombe pada bayi sebenarnya tidak membutuhkan pengobatan khusus karena tergolong tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, Bunda bisa melakukan 3 langkah perawatan berikut ini supaya ketombe bisa cepat menghilang:

Memijat kulit kepala bayi bertujuan untuk mengelupaskan kerak atau sisik. Bunda dapat memijat kulit kepalanya dengan baby oil, minyak zaitun, atau petroleum jelly sebelum keramas. Setelah dipijat, Bunda bisa mendiamkan minyak di kepalanya selama 15 menit.

Shampo Anti Ketombe Lavojoy Menghilangkan Ketombe Di Rambut

Setelah itu, basahi kulit kepala bayi lalu gosok-gosok secara lembut dan perlahan dengan sikat wajah atau sikat gigi lembut selama beberapa menit untuk merontokkan keraknya.

Cuci rambut dan kulit kepala bayi dengan sampo khusus bayi, bilas sampai bersih, lalu keringkan dengan handuk. Pastikan tidak ada sisa minyak pada kulit kepalanya karena dapat menyumbat pori-pori kulit dan membuat ketombe semakin parah.

Tak kunjung hilang atau justru semakin parah, meluas, atau menyebabkan luka di kulit kepala, sebaiknya Bunda segera memeriksakan Si Kecil ke dokter.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Yang Efektif

Dokter mungkin akan menyarankan penggunaan sampo ketombe orang dewasa untuk membersihkan kulit kepala dan rambut Si Kecil, bila keramas teratur dengan sampo bayi tidak mampu mengatasinya. Namun, hati-hati saat menggunakannya agar sampo tidak mengenai matanya.

Selain itu, dokter mungkin juga akan meresepkan krim antiradang jika kulit kepala bayi mengalami iritasi dan obat antijamur bila terdapat infeksi jamur. Perlu diingat, jangan sembarangan memberikan obat untuk Si Kecil tanpa persetujuan dokter ya, Bun.

Tidak perlu panik bila melihat kepala bayi terdapat kotoran seperti ketombe. Lakukan langkah-langkah di atas sebagai upaya mengatasinya di rumah. Bila masih ada pertanyaan, Bunda bisa tanyakan langsung ke dokter., Jakarta - Ketombe pada kepala punya nama lain yaitu cradle cap . Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan muncul beberapa bulan pertama sejak kelahiran Si Kecil.

Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak Di Kepala Dengan Efektif

Biasanya, ketombe ini akan hilang dengan sendirinya setelah 6-12 bulan. Jika Si Kecil mengidap kondisi ini, ibu bisa mengikuti langkah-langkah ini guna menghilangkan ketombe pada bayi. Informasi selengkapnya bisa baca di bawah ini!

Ketombe umum ditemui di kepala bayi yang baru lahir. Belum diketahui apa yang menjadi penyebab pasti terjadinya kondisi ini pada bayi. Namun, diduga hormon berlebih yang diterima oleh bayi dari ibunya yang menjadi penyebab adanya ketombe pada kepala bayi.

Ketombe ini biasanya tidak memerlukan perawatan medis tertentu, karena akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Langkah-langkah yang bisa ibu lakukan guna menghilangkan ketombe pada bayi, antara lain:

Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi

Pengelupasan kulit pada bayi sangat umum terjadi sebagai bentuk regenerasi kulit baru . Namun, jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, kulit kepala bayi akan terkelupas dan menimbulkan ketombe. Ibu bisa aplikasikan sedikit sampo bayi dan pijat dengan lembut pada kulit kepala. Lalu saat ketombe terkelupas, bersihkan dengan sikat yang halus.

Ibu juga perlu memperhatikan intensitas mandi Si Kecil, sebaiknya ibu jangan terlalu sering memandikan bayi. Si Kecil cukup mandi dua kali sehari, karena mandi dan keramas terlalu sering bisa menyebabkan masalah pada kulit bayi. Selain itu, sampo yang digunakan pada bayi juga bisa menumpuk pada kulit kepala jika ibu tidak membilas dengan sangat bersih.

Teteskan baby oil pada kulit kepala bayi dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan. Minyak ini cukup membantu mengurangi ketombe pada bayi, karena kulit kepala terhidrasi dengan baik dengan baby oil . Ketombe bahkan bisa memengaruhi bagian tubuh lain.

Langkah

Bagaimana Cara Mengatasi Ketombe Pada Bayi?

Oleh karena itu, ibu sebaiknya memeriksa area lipatan kulit, seperti lipatan tangan, paha, ketiak atau selangkangan. Jagalah daerah-daerah lipatan pada bayi agar tetap lembap dengan baik.

Tea tree oil dapat membantu mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi. Pengelupasan tersebut bermanfaat untuk mencegah segala jenis penumpukan sel kulit mati pada kulit kepala yang mengakibatkan ketombe.

Perasan lemon mengandung asam hidroksida berfungsi untuk melawan jamur pada ketombe. Selain itu, lemon juga membantu untuk meringankan gatal pada kulit kepala. Caranya adalah dengan mencampur dua sendok makan perasan lemon dengan seperempat cangkir yoghurt. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 20 menit. Lalu, bilas dengan air dan sampo sampai bersih.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Ketombe Membandel

Jadi, ibu jangan terlalu khawatir bila melihat Si Kecil berketombe, ya! Kondisi ini bukanlah kondisi yang berbahaya dan hanya bersifat sementara. Jika ibu masih ragu, bisa jadi solusinya.

Dengan aplikasi , ibu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call tanpa perlu ke luar rumah . Jika ada yang tidak beres dengan kesehatan Si Kecil, dokter akan langsung meresepkan obat untuk Si Kecil. Tanpa perlu keluar rumah atau antri, pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!Rasa gatal dan bercak putih ketombe yang terlihat di kulit kepala hingga jatuh ke pakaiannya bisa membuat anak tidak nyaman atau tidak percaya dirinya. Oleh karena itu, Bunda perlu mengetahui cara menghilangkan ketombe.  

Ketombe pada anak adalah hal yang wajar, terutama saat anak mulai memasuki usia pubertas. Ketombe pada anak bisa menimbulkan rasa gatal yang membuat ia ingin terus menggaruk kepalanya. Hal ini bisa membuat kulit kepalanya memerah dan terasa sakit. Bila tidak diatasi, ketombe bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak Secara Efektif Menurut Dokter Anak

Ada beberapa penyebab ketombe pada anak, yaitu kulit kepala tidak bersih, kulit kepala kering, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kulit kepala, hingga penyakit kulit tertentu, seperti eksim, psoriasis, dan infeksi jamur.

Jika ketombe yang dialami anak masih tergolong ringan, umumnya hal ini masih bisa membaik dengan menerapkan kebiasaan mencuci rambut setiap dua hari sekali.  Tujuannya adalah untuk mengurangi minyak di kulit kepala dan membersihkan ketombe agar tidak menumpuk. Pilihlah sampo dengan formulasi ringan ya, Bun.

Ketombe

Saat membilas rambutnya, pastikan juga tidak ada sisa-sisa sampo yang menempel di kulit kepala Si Kecil. Bunda bisa mengawasi sembari mengajarinya untuk keramas mandiri.

Cara Menghilangkan Ketombe Di Rambut Balita

Bila sampo biasa, terasa tidak cukup untuk mengatasi ketombe Si Kecil, Bunda bisa menggunakan sampo yang mengandung obat antiketombe. Umumnya sampo antiketombe mengandung beberapa bahan, seperti selenium sulfida,

Saat mencuci rambut anak dengan sampo ini, diamkan busa sampo di kulit kepalanya selama 5 menit sebelum dibilas. Umumnya, sampo antiketombe bisa digunakan setiap hari. Bila ketombe sudah membaik, kurangi penggunaan menjadi dua kali dalam seminggu atau gunakan selang-seling dengan sampo biasa.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, baca terlebih dahulu petunjuk pemakaian sampo antiketombe dengan saksama ya, Bun. Tiap sampo biasanya memiliki aturan pemakaian yang berbeda, tergantung pada bahan aktif yang dikandungnya.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Cepat, Dan Permanen

Namun, jika anak punya riwayat alergi, Bunda bisa mencoba mengoleskan minyak ini sedikit di belakang telinganya dan pantau reaksinya. Jika memang terjadi kemerahan atau rasa gatal, jangan dilanjutkan dan konsultasikan dengan dokter terkait pemilihan bahan alami atau herbal yang bisa diguankan untuk menghilangkan ketombenya.

Walaupun belum diketahui secara pasti efektivitasnya, jika Si Kecil tidak punya riwayat alergi terhadap cuka apel, tidak ada salahnya mencoba bahan alami satu ini untuk membantu menghilangkan ketombe pada anak.

Beberapa penelitian sederhana mengungkap bahwa cuka apel mampu menyeimbangkan pH kulit kepala, serta mengurangi pertumbuhan jamur pada kulit kepala dan rambut, sehingga diyakini bisa membantu mengatasi masalah ketombe pada anak, Bun.

Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Di Kulit Kepala

Pertama, Bunda bisa membuat cairan olesnya dengan mencampur ½ cangkir cuka apel dengan 1 ½ cangkir air dingin. Sebelum digunakan, cucilah rambut Si Kecil dengan sampo terlebih dahulu.

Cara

Kemudian, bilas rambutnya dengan air sampai bersih. Selanjutnya, gunakan kondisioner jika dibutuhkan. Setelah itu, oleskan sedikit-sedikit pada rambut dan kulit kepala. Lalu, diamkan beberapa menit dan bilas sampai bersih.

Baking soda atau soda kue dipercaya mampu menjadi cara menghilangkan ketombe pada anak karena merupakan bahan yang memiliki sifat eksfoliasi. Sifat eksfoliasi ini mampu mengangkat sel-sel kulit kepala yang sudah mati. Selain itu, bahan satu ini juga diyakini memiliki sifat antijamur dan mampu meredakan rasa gatal di kulit kepala.

Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Untuk menggunakannya, basahi rambut dan kulit kepala anak terlebih dahulu. Oleskan baking soda ke rambut dan kulit kepala yang sudah basah. Kemudian, pijat perlahan. Diamkan selama 1–2 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan rambut dengan sampo dan bilas rambut hingga bersih.

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tidak hanya dapat mendukung perkembangan otak dan mata anak, tetapi juga diketahui bisa menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit kepalanya.

Kekurangan asam lemak omega-3 ini dapat menyebabkan munculnya sejumlah keluhan, mulai dari kulit kering, rambut kering, hingga ketombe. Oleh karena itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan akan asam lemak satu ini. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah ikan lele, kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang kenari atau chia seed.

Mengatasi Ketombe Pada Balita

Ketombe pada anak merupakan masalah kulit yang sebenarnya ringan, tetapi bisa sangat mengganggu jika dibiarkan. Untungnya, masalah ini bisa dapat diatasi dengan perawatan mandiri di rumah. Bunda bisa mencoba beragam cara menghilangkan ketombe pada anak seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Namun, jika ketombe tidak kunjung membaik setelah 2–3 minggu perawatan di rumah atau anak tetap sering menggaruk-garuk kepalanya, sebaiknya Bunda membawanya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak