Tips Dan Cara Bagaimana Membersihkan Daki Bekas Caesar

Tips Dan Cara Bagaimana Membersihkan Daki Bekas Caesar

Tips Dan Cara Bagaimana Membersihkan Daki Bekas Caesar

Memilih persalinan dengan cara operasi caesar memang perlu persiapan yang matang ya Moms. Pasalnya, setelah melahirkan kita masih memiliki proses panjang untuk penyembuhan dan perawatan luka bekas operasi caesar. Karena perawatan bekas luka caesar yang benar menjadi kunci untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Setelah Moms diperbolehkan untuk buka perban dan diizinkan untuk pulang ke rumah, bekas luka sayatan operasi caesar biasanya akan ditutupi dengan kertas yang menyerupai pita. Balutan ini biasanya dikenal dengan steri-strip. Steri-sterip memiliki fungsi untuk membantu menjaga dan melindungi luka bekas operasi caesar Moms agar tetap dalam kondisi bersih. Umumnya, steri-stip ini akan lepas otomatis dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu minggu. Namun jika dalam satu minggu steri-stip ini tidak lepas dengan sendirinya Moms dapat berkonsultasi dengan dokter.

-

Biasanya selama proses penyembuhan Moms akan merasa gatal di area sekitar luka sayatan. Namun Moms tenang saja hal ini sangat umum terjadi dan normal. Yang terpenting bagi Moms adalah menjaga menjaga area luka bekas operasi caesar tetap bersih selama proses perawatan luka dan penyembuhan. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk memahami cara merawat bekas operasi caesar dengan baik sebagai salah satu jenis perawatan setelah melahirkan.

Cara Merawat Luka Operasi Caesar Dan Bekas Jahitan

Jika Moms menggunakan balutan perban yang harus rutin diganti, maka Moms wajib untuk rajin mengganti perban tersebut setiap 1 kali dalam sehari. Segera ganti balutan perban Moms bila kondisinya basah, lembab, atau terasa tidak nyaman di tubuh Moms.

Cara merawat bekas luka lainnya yakni Moms harus menghindari mengangkat sesuatu yang terlalu berat selama kurang lebih 2 minggu setelahcaesar (post sc). Hal ini dikarenakan dapat berisiko membuat luka operasi bermasalah lebih lama untuk sembuh.

Dilansir dari Medline Plus Moms diusahakan untuk menghindari berendam di bak mandi dan berenang sampai dokter mengizinkan Moms boleh melakukannya. Hal ini dikarenakan jika Moms berendam, air akan menekan ke segala arah termasuk ke bekas luka caesar.

Salep Penghilang Bekas Luka Operasi Caesar Terbaik Di 2023

Hindari mencuci steri-strip ataupun pembalut luka lainnya. Moms tetap bisa mandi, dan kemudian Moms dapat mengeringkan perban luka tersebut dengan handuk bersih. umumnya steri-strip biasanya akan lepas dengan sendirinya kurang lebih seminggu.

Meski terkadang mungkin terasa sakit saat terkena air, mandi bisa membantu mencegah kemungkinan terjadinya infeksi pada bekas operasi caesar. Hal ini dikarenakan dengan mandi Moms dapat membersihkan seluruh bagian tubuh agar terhindar dari bakteri.

Selain itu Moms juga harus menjaga agar area luka sayatan operasi caesar tetap bersih dan kering. Ketika hendak membersihkannya Moms tidak disarankan untuk menggosok area luka tersebut apalagi dengan keras. Lantas bagaimana jadinya jika terdapat kotoran di area bekas luka caesar? Nah, ada beberapa tindakan di bawah ini yang bisa Moms lakukan jika mendapati kotoran di bekas luka caesar.

Luka Jahitan Operasi Caesar Dan Perawatannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan luka dengan benar menjadi kunci keberhasilan yang utama dalam penyembuhan luka. Jika tiba-tiba Moms baru menyadari ada kotoran yang terdapat di bekas luka caesar Moms, Moms tidak perlu khawatir. Yang pertama harus Moms lakukan adalah melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengidentifikasi jenis kotoran tersebut.

Tips

Setelah pemeriksaan Moms baru bisa mengetahui apakah kotoran tersebut jaringan nekrosis(jaringan mata), atau hanya kotoran biasa yang menumpuk saja. Jika hanya kotoran yang menumpuk, cara membersihkan kotoran bekas luka caesar adalah dengan mengompres dengan air sekitar 5-10 menit, Moms juga dapat menggunakan handuk lembut dan di tap-tap di area yang terdapat kotoran hingga bersih.

Jika Moms mengalami demam, bernanah. kemerahan, ataupun bengkak setelah Moms membersihkan di area luka caesar Moms harap segera mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan perawatan luka.

Cara Menyamarkan Bekas Luka Operasi Caesar

Setelah operasi caesar Moms tidak diperbolehkan untuk melakukan banyak kegiatan terlebih aktivitas berat. Usahakan Moms untuk selalu istirahat di sela-sela kegiatan mengurus si kecil. Selain itu Moms juga tidak diperkenankan untuk mengangkat barang-barang yang berat. Karena hal tersebut dapat memicu terjadinya peregangan pada kulit di area bekas luka caesar.

Penuhi selalu kebutuhan gizi harian Moms agar dapat membantu percepat proses penyembuhan luka operasi caesar tersebut. Jangan lupa untuk memperbanyak mengkonsumsi air untuk mencegah sembelit yang biasanya sering terjadi setelah Moms melahirkan. Vitamin C dinilai mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi caesar karena membantu mencegah infeksi.

-

Jika Moms memiliki rasa tidak nyaman dengan luka sayatan pasca operasi caesar, ada baiknya Moms segera menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Awas Komplikasi, Ini Ciri Infeksi Pada Luka Caesar Bagian Dalam & Obatnya

Selain itu, Moms juga perlu menggunakan pakaian dalam nyaman dan lembut di kulit saat dalam proses penyembuhan luka operasi caesar seperti High Waist Maternity Brief yang bisa Moms dapatkan di website .Salah satu yang jadi fokus utama setelah menjalani operasi caesar adalah hal-hal seputar pemulihan luka. Salah satunya ialah perawatan bekas luka agar tidak terlalu terlihat. Untuk itu, artikel ini akan membagikan tips bagi para ibu, agar luka operasi cepat pulih dan perawatan bekas luka sehingga hasilnya akan optimal.

Istirahat, meski terdengar simpel, adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan agar proses pemulihan luka bisa terjadi dengan baik. Luangkan waktu untuk beristirahat, sehingga sel-sel tubuh mampu memperbaiki dan pulih dengan baik. Terlebih saat malam hari, usahakan untuk tidur yang cukup saat dalam masa pemulihan.

Belly wrap mampu menjaga jahitan agar tetap aman dan tidak mengalami gesekan dengan baju. Dengan demikian, jahitan akan cepat kering dan gerak pun akan terasa lebih nyaman.

Hilangkan

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Bekas Jahitan Caesar

Setelah melahirkan, ASI yang diberikan ibu akan menjadi salah satu sumber nutrisi bagi sang anak. Oleh sebab itu, nutrisi yang cukup akan membantu tubuh jadi lebih cepat pulih. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan protein. Perbanyak konsumsi ikan, kacang-kacangan, sayur, dan buah, agar tubuh lebih bugar.

Setelah jahitan mulai mengering, maka kamu bisa mulai bergerak dan cobalah untuk berjalan di sekitar ruangan. Lakukan perlahan, agar sirkulasi darah dapat berjalan lancar yang mempengaruhi pemulihan luka operasi. Namun jangan lupa untuk terus konsultasikan kondisi dirimu dengan dokter ya!

Pastikan luka telah kering dan benar-benar sembuh, baru mulai perawatan bekas luka dengan produk yang tepat.  ® Ultra adalah gel topikal yang mampu merawat bekas luka menonjol, termasuk untuk bekas luka pasca operasi caesar. Agar penggunannya efisien untuk bekas luka operasi caesar, kamu bisa menggunakan ® Ultra ukuran 15 gr. Formulanya diperkaya dengan CPX Technology dan vitamin C Ester yang membuat gel ini bekerja baik untuk proses pemulihan bekas luka.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Perut Habis Melahirkan

Kegunaan ® Ultra sudah terbukti dan dapat memaksimalkan pemudaran bekas luka pada kulit. Bahkan gel topikal ini tidak lengket dan nyaman digunakan, sehingga ibu bisa beraktivitas seperti biasa tanpa terganggu rasa tidak nyaman. Gunakanlah gel ini secara rutin, setidaknya 2 kali sehari selama 8 minggu.

Cara

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak