Tips Dan Cara Bagaimana Menyembuhkan Sakit Cacar Air Dengan Cepat

Tips Dan Cara Bagaimana Menyembuhkan Sakit Cacar Air Dengan Cepat

Tips Dan Cara Bagaimana Menyembuhkan Sakit Cacar Air Dengan Cepat

“Cacar air merupakan penyakit yang ditandai dengan lepuhan kulit berisi cairan. Cara mengatasi cacar air bisa menggunakan lotion, oatmeal, baking soda, chamomile dan kompres dingin.”

Cacar air menimbulkan gejala berupa lesi kemerahan berisi cairan yang terasa gatal. Adapun gejala lainnya, yakni sakit kepala, rasa lelah berlebihan, demam dan penurunan nafsu makan.

Mengobati

Salah satu cara mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang adalah dengan bahan-bahan alami. Di antaranya osion, oatmeal, baking soda, chamomile dan kompres dingin.

Harap Waspada! Penyebab Penyakit Cacar Air Dan 3 Cara Mengatasinya Menggunakan Pengobatan Rumahan

Losion calamine mengandung seng dioksida atau seng karbonat yang efektif mengurangi rasa gatal dan peradangan di kulit. Oleskan tipis-tipis secara merata dan hindari penggunaannya pada bagian mata dan mulit.

Oatmeal mengandung glukon yang merupakan zat antiradang. Zat tersebut dapat membantu meringankan rasa gatal akibat lesi cacar air. Guna mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mandi oatmeal.

Caranya, blender 1 gelas oatmeal dan masukkan ke dalam bak atau ember berisi air hangat. Kemudian berendam di dalam air selama 15 sampai 20 menit. Sembari berendam, basuh tubuh dengan larutan tersebut.

Cacar Air Pada Anak: Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Baking soda bisa memberikan efek menenangkan di kulit karena kandungan sodium dan ion biokarbonat di dalamnya. Caranya dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, kemudian gunakan untuk mandi.

Teh chamomile memiliki sifat antiseptik dan antiradang. Caranya, seduh 2 hingga 3 kantong teh di dalam gelas. Gunakan air teh tersebut sebagai obat totol lesi pada kulit. Caranya dengan menggunakan kapas atau kain lembut.

Kompres dingin dapat membantu meredakan gatal akibat munculnya les. Lakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit, 3 kali sehari atau sesering mungkin. Selain itu, pastikan jangan menggaruk lenting yang terasa gatal.

Biasanya Susah Hilang, Bekas Cacar Air Yang Ada Di Tubuh Bisa Lenyap Dengan Daun Sirih, Begini Cara Pakainya

Selama perawatan ini, sebaiknya jangan keluar rumah karena cacar sangat mudah menular. Nah, Ini Alasan Cacar Air Mudah Menular yang perlu kamu tahu.

Berikut ini adalah dokter-dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 6 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani:

Berpengalaman sebagai dokter umum selama 18 tahun, dr. Lim Jen Siong mampu memberikan layanan konsultasi di terkait cara perawatan cacar air agar cepat kering dan hilang.

Penanganan Untuk Cacar Air: Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Pilihan dokter lain yang bisa kamu hubungi, yaitu dr. Eka Wijaya Warmandana. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman pada 2016.

Berbekal pengalaman sebagai dokter umum selama 6 tahun, dr. dr. Eka Wijaya Warmandana bisa memberikan layanan konsultasi di seputar perawatan agar lesi cacar cepat hilang.

Kamu juga bisa menghubungi dr. Nuriati Harahap yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara pada 2010.

Manfaat Daun Cangkring

Memiliki pengalaman sebagai dokter umum selama 14 tahun, dr. Eka Wijaya Warmandana bisa memberikan layanan konsultasi di terkait perawatan cacar air.

Ini

Referensi: Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Chickenpox. Healthline. Diakses pada 2024. 7 Home Remedies for Chickenpox. Medical News Today. Diakses pada 2024. Home remedies for relief from chickenpox symptoms.Cacar air menjadi penyakit yang sangat tidak ingin dialami siapa saja, apalagi orang dewasa. Pasalnya, penyakit ini dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik atau vesikel di sekujur tubuh.

Kemunculan bintik-bintik akibat penyakit cacar air bisa menyebabkan gangguan penampilan. Tidak heran, sebagian penderita memilih untuk mengurung diri di rumah. Baik karena alasan penampilan, ataupun tidak ingin penyakitnya menular ke orang-orang tersayang.

Tanaman Herbal Yang Ampuh Menyembuhkan Cacar Air

. Kuman tersebut terdapat dalam air ludah dan bintik kemerahan di tubuh penderitanya. Oleh karena itu, penyakit ini dapat sangat cepat menular.

Berbeda dengan penyakit cacar lainnya seperti cacar monyet, cacar ular dan cacar api, Cacar api disebabkan oleh bakteri (bakteri S. Aureus atau S. pyogenes), yang juga dapat menular jika bersentuhan dengan kulit penderita.

Bila penderita cacar air berinteraksi dengan orang sehat yang belum pernah vaksinasi cacar air atau mengalami cacar air, maka orang sehat tersebut dapat dengan mudah terinfeksi cacar air.

Pengobatan Cacar Air (varicella) Pada Bayi

), batuk dan pilek, nyeri sendi dan sakit kepala, serta ruam kemerahan. Ruam kemerahan muncul di hari ketiga, mulai dari wajah lalu menyebar ke seluruh anggota tubuh.

Kemudian, ruam tersebut akan berubah menjadi bintik berisi cairan. Di hari keenam dan seterusnya, ruam kemerahan akan mulai mengering dan membentuk keropeng (krusta).

Catat,

Pada beberapa kondisi, cacar air dapat disertai dengan komplikasi atau penyulit yang membuatnya menjadi berat. Hal ini terutama terjadi bila penderitanya adalah orang dewasa.

Herpes Zoster (cacar Api)

Berbeda dengan anak-anak yang umumnya mengalami gejala ringan, cacar air pada orang dewasa biasanya menunjukkan tanda dan gejala klinis yang lebih berat. Gejala tersebut antara lain infeksi paru (pneumonia), infeksi selaput otak (meningitis), radang jaringan otak, infeksi darah yang berat (sepsis), kejang, hingga penurunan kesadaran.

Sebenarnya, sebagaimana penyakit akibat virus lainnya, cacar air dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan untuk cacar air bertujuan untuk mencegah virus menginfeksi semakin luas dan menurunkan daya tahan tubuh, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah komplikasi.

Saat mengalami infeksi, tubuh akan kehilangan banyak cairan, terutama pada fase demam dan saat ruam kemerahan mulai muncul. Untuk itu, air putih bisa dianggap sebagai obat cacar air dewasa.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar, Mudah Banget

Pasien cacar air disarankan untuk minum air putih sebanyak 2-3 liter per hari. Namun, bila sudah ada tanda dehidrasi atau kekurangan cairan seperti jumlah buang air kecil berkurang, tangan dan kaki teraba dingin, maka dokter akan mempertimbangan pemberian cairan melalui infus.

Obat demam ini biasa diberikan bila suhu tubuh lebih dari 37, 5 derajat celsius. Bila demam berkepanjangan dan kondisi tubuh semakin lemah, kamu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Ruam kemerahan pada cacar air memang terasa sangat gatal, sehingga penderita sering kali menggaruknya. Padahal, garukan tersebut dapat menyebabkan infeksi bakteri dan memperburuk kondisi cacar air.

Obat

Ciri Cacar Air Pada Anak Dan Cara Mengobatinya Agar Tidak Berbekas

Untuk mengurangi gatal, cara mengobati cacar air yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan kompres dingin atau losion berbahan kalamin sesuai dosis yang dianjurkan.

Asiklovir adalah obat cacar air dewasa yang efektif bila diberikan 24 jam setelah muncul bintik kemerahan. Sebelum menggunakan obat ini, pastikan kamu telah berkonsultasi pada dokter guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Vaksin cacar air dapat diberikan sejak anak usia di atas satu tahun, sebanyak satu kali. Untuk usia di atas 13 tahun dan orang dewasa, vaksin dapat diberikan sebanyak dua kali dengan interval waktu 4-8 minggu.

Cara Mengobati Cacar Air

Jangan anggap sepele vaksin, karena 'cairan ajaib' yang satu ini merupakan modal awal sebagai cara cepat menyembuhkan cacar air ketika kamu benar-benar terinfeksi penyakit ini.

Cacar air memang dapat membaik dengan sendirinya. Namun, dengan cara mengobati cacar air yang telah dijelaskan di atas, orang dewasa yang mengalami penyakit ini akan terhindar dari komplikasi dan pulih dengan cepat.

Kamu bisa menggunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi untuk berkonsultasi seputar gejala cacar air, penyebab cacar air, dan cara mengatasi cacar air.

Pengertian, Cara Penularan Dan Penyebab Cacar Air

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak