Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Luka Rokok

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Luka Rokok

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Luka Rokok

, Jakarta – Luka bakar sering muncul di permukaan kulit dan membuat seseorang gemas untuk menghilangkannya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan luka bakar muncul, mulai dari terciprat minyak saat memasak, tersenggol knalpot motor, tersundut rokok, terkena setrika, hingga terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung.

Saat mengalami luka bakar, area kulit yang rusak akan memproduksi protein bernama kolagen, yang berfungsi untuk memperbaiki bagian kulit tersebut. Kolagen yang sedang “bekerja” akan terasa menebal dan memiliki warna yang berbeda dari kulit lainnya. Hal itu yang menyebabkan bekas luka bakar terlihat khas.

Bahan

Pada dasarnya, luka bakar dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya. Ada luka bakar tingkat satu, tingkat dua, dan tingkat tiga. Saat mengalami kondisi ini, dibutuhkan pertolongan pertama untuk mengatasi luka. Namun biasanya, hanya luka bakar tingkat satu yang bisa diobati sendiri di rumah, sedangkan tingkat dua dan tiga mungkin membutuhkan tindakan medis di rumah sakit.

Tips Mengobati Luka Gores Tanpa Bekas

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat mengalami luka bakar adalah membasuh bagian kulit yang terluka dengan air bersih yang mengalir. Lakukan selama 20 menit, kemudian rendam bagian yang terluka dalam air sejuk selama 15 menit. Setelah itu, oleskan salep antibiotik ke bagian yang terluka. Jika dibutuhkan, kamu bisa menutup atau melindungi kulit yang terbakar dengan kasa steril. Tapi perlu diingat, jangan terlalu sering mengompres kulit dengan air dingin, karena bisa menyebabkan iritasi semakin parah.

Selain dengan salep antibiotik, kamu bisa melengkapi pengobatan luka bakar dengan memanfaatkan bahan alami di rumah. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar?

Salah satu bahan alami yang dikenal ampuh mengatasi luka bakar adalah lidah buaya . Pasalnya, tanaman ini disebut memiliki sifat antiperadangan, melembapkan kulit, mencegah perkembangan bakteri, dan membantu penyembuhan luka. Tak hanya itu, bagian gel lidah buaya ternyata pernah diteliti dan terbukti ampuh mengobati luka bakar.

Cara Menghilangkan Memar Dengan Bahan Alami, Terbukti Efektif!

Sebelum mengoleskan gel lidah buaya, pastikan untuk terlebih dahulu membersihkan bagian kulit yang terluka. Agar khasiatnya maksimal, usahakanlah untuk menggunakan gel lidah buaya asli. Jika terpaksa menggunakan produk lidah buaya buatan, pilih jenis produk yang memiliki kandungan lidah buaya tinggi.

Selain lidah buaya, luka bakar juga bisa diatasi dengan mengoleskan madu pada area kulit yang rusak. Madu dikenal memiliki kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur. Hal itu membuat madu menjadi bahan alami yang diduga bisa membantu mengatasi bekas luka bakar pada kulit. Tapi biasanya, madu digunakan untuk mengatasi luka bakar yang bersifat ringan.

Meski ada bahan alami yang bisa membantu penyembuhan luka bakar, namun bukan berarti kondisi ini bisa diatasi dengan sembarangan. Terlebih, ada mitos yang menyebut bahwa luka bakar bisa diatasi dengan mengoleskan pasta gigi. Nyatanya hal itu tidak terbukti, dan bukannya sembuh luka bakar malah bisa menjadi lebih parah.

Menghilangkan Bekas Luka Gores, Luka Borok Dan Luka Bakar

Kandungan zat kimia dalam pasta gigi malah bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan mengakibatkan infeksi. Selain pasta gigi, minyak goreng atau minyak kelapa juga tidak boleh dioleskan ke luka bakar. Pasalnya, minyak memiliki sifat menahan panas yang bisa membuat kulit terus terbakar.

Daripada bingung dan sembarangan dalam mengobati luka bakar, coba tanya dokter di aplikasi saja! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Vocie Call dan Chat . Dapatkan tips mengatasi luka bakar dan rekomendasi salep serta obat pereda nyeri dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!KOMPAS.com - Luka bakar biasanya akan menimbulkan bekas luka. Area kulit yang rusak akibat luka bakar akan memproduksi protein yang disebut kolagen. Kolagen diproduksi untuk memperbaiki area kulit yang rusak tersebut.

Nah, saat memperbaiki dirinya sendiri, kulit akan menebal dan akan berubah warnanya dari warna asalnya. Inilah yang kita lihat sebagai bekas luka bakar.

Cara

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Bikin Mulus Lagi

Sebelumnya kita harus mengetahui seberapa parah luka bakar yang dialami. Tidak semua luka bakar bisa diobati menggunakan bahan alami, dan tidak semua dapat dihilangkan. Pada beberapa kasus yang parah, luka bakar tidak bisa sembuh.

Pada luka bakar tingkat pertama atau ringan, kerusakan hanya timbul di permukaan kulit atas, warna kulit memerah, dan kulit terasa nyeri ringan.

Beberapa orang dengan luka bakar tingkat ini tidak meninggalkan bekas luka bakar setelah dilakukan penanganan dengan tepat, atau hanya meninggalkan sedikit bekas luka ringan.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Yang Menonjol

Luka bakar tingkat kedua akan menimbulkan kerusakan pada permukaan kulit bagian atas hingga masuk ke bagian kulit lebih dalam, yakni ke bagian dermis kulit. Warna kulit akan memerah, muncul lepuhan, dan kulit terasa nyeri.

Pada tingkat ini biasanya bekas luka bakar akan tertinggal pada kulit. Namun, keparahan bekas luka yang tertinggal juga tergantung pada penanganan bekas lukanya sejak awal diobati.

Coba

Warna kulit juga berubah menjadi putih atau hitam karena hangus. Bagian kulit yang luka menjadi baal (mati rasa) karena luka bakar mengenai saraf kulit.

Cara Menghilangkan Koreng Agar Kulit Kembali Mulus

Seberapa ampuh kita bisa menghilangkan bekas luka bakar sangat tergantung pada pengobatan yang dilakukan sejak awal. Penanganan yang tepat dan cepat akan meminimalisir bekas luka bakar yang tertinggal. Caranya:

Madu memiki sifat antiradang dan antibakteri. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengoleskan madu pada luka bisa membantu menyembuhkan dan membersihkan area yang terluka, mengurangi rasa sakit, dan menyamarkan bekas luka.

Dilansir dari Medical Daily, lidah buaya telah digunakan untuk pengobatan medis selama ribuan tahun. Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar dari gel di dalamnya.

Cara Mengatasi Keloid,tips Perawatan Kulit

Gel atau getah dalam lidah buaya juga dapat menghilangkan rasa sakit, bengkak, dan membantu mempercepat proses penyembuhan secara keseluruhan akibat luka bakar.

Cara

Minyak yang memiliki sifat antibakteri ini ternyata juga memiiliki efek penyembuhan pada luka bakar. Dua sampai tiga tetes minyak lavender pada luka bakar bukan hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga meminimalkan jaringan parut yang terbentuk.

Pada beberapa orang, muncul efek seperti terbakar saat menggunakan minyak ini, tapi lama kelamaan akan berkurang efek yang dirasakan beserta bekas luka bakarnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Dengan Mudah Dan Ampuh

Jangan langsung meneteskan minyak ini ke kulit yang terbakar. Campurkan dulu 1-2 tetes minyak ini dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil.

Meskipun minyak lavender bisa membantu proses penyembuhan luka bakar, hati-hatilah terhadap waktu penggunaannya sebab minyak ini memberikan efek menenangkan untuk membuat orang mudah tertidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram Kompas.com News Update, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

-

Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Bahan Alami

Berita Terkait Hindari 5 Hal Ini Setelah Kulit Terbakar Matahari5 Kiat Menangkal Efek Penuaan KulitApakah Madu dan Kayu Manis Ampuh Menghilangkan Jerawat?10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak