Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Jerawat Batu Yang Mengeras

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Jerawat Batu Yang Mengeras

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Jerawat Batu Yang Mengeras

Kupas Tuntas Jerawat Batu, dari Ciri, Penyebab, dan Cara Mengobati Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Mar 2, 2022 Waktu baca: 4 menit

Munculnya jerawat batu memang bikin kesal. Sebab, bukan cuma mengganggu penampilan, jerawat batu juga kerap berukuran besar, membuat kulit meradang, bahkan sampai menimbulkan rasa sakit dan gatal. Belum lagi dengan proses penyembuhan yang lama dibandingkan jerawat biasa.

Cara

Bakteri yang ikut terjebak dalam pori-pori kulit akan membuatnya meradang dan bahkan berisi cairan nanah. Selain di wajah, jerawat batu juga dapat muncul di dada, pundak, punggung, atau lengan atas.

Jerawat Susah Hilang? Ini 4 Cara Atasi Jerawat Batu Dengan Cepat!

Peningkatan hormon androgen dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan jerawat. Jerawat biasanya terjadi saat wanita hamil, menjelang siklus menstruasi atau menopause, dan mengalami polycystic ovary syndrome.

Bukan cuma pada wanita, jerawat batu juga dapat terjadi pada laki-laki terutama saat masa remaja. Pasalnya hormon androgen dapat mengendalikan pertumbuhan fisik laki-laki dan menyumbat pori-pori kulit.

Iklan dari Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​ Pesan Sekarang Ciri-ciri jerawat batu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Meradang, Mudah Dan Tanpa Obat

Produksi minyak yang berlebih pada kulit dapat menyebabkan peradangan, iritasi, dan jerawat pada kulit. Berikut ini ciri-ciri jerawat batu yang perlu Anda tahu:

Apabila jerawat batu Anda mengalami peradangan yang cukup parah, sebaiknya segera konsultasikandengan dermatologis atau dokter spesialis kulit supaya Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Obat antibiotik dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat dengan cara membunuh bakteri. Biasanya, antibiotik akan diresepkan oleh dokter dalam bentuk tablet, dengan jenis dan dosis berdasarkan usia, jenis dan kondisi jerawat Anda.

Skincare Untuk Menghilangkan Jerawat Batu

Iklan dari Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker. Pesan Sekarang 2. Asam salisilat dan asam azelaic

Isotretinoinberfungsi menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan.Obat ini akan diresepkan ketika benzoyl peroxide atau clindamycin sudah tidak mampu mengatasi jerawat batu.

Umumnya, dokter akan meresepkan obat-obatan jenis krim, lotion, gel, atau obat oles yang mengandung retinoid guna mengobati jerawat Anda. Obat oles ini dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat dan sebagai obat antibiotik.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah, Murah Dan Aman

Beberapa jenis pil KB juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat pada wanita. Akan tetapi, sebaiknya pengobatan juga tetap dilakukan bersamaan dengan obat jerawat lainnya.

Mengonsumsi obat-obatan dan melakukan terapi khusus untuk jerawat tidak serta merta mampu mencegah jerawat batu datang kembali. Perawatan yang Anda lakukan juga harus didukung dengan menjaga gaya hidup sehat seperti:

Tim Editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Jika Salah Penanganan Bisa Bahaya!

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Ketahui

Tim Editorial berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected], Jakarta – Jerawat batu atau jerawat kistik adalah jenis jerawat berupa benjolan berukuran besar yang berisi nanah dan meradang. Jerawat satu ini kerap kali menimbulkan rasa sakit saat kamu menyentuhnya.

Ada 11 Cara Hilangkan Jerawat Batu

Umumnya, jerawat batu muncul pada wajah. Namun, bukan tidak mungkin jerawat ini juga bisa muncul pada area tubuh lain, seperti punggung, belakang telinga, dan bagian dada.

Ciri khasnya yaitu benjolan kemerahan yang mengeluarkan nanah saat matang atau pecah. Karena menimbulkan ketidaknyamanan dan menurunkan kepercayaan diri, tak sedikit orang mencari cara menghilangkan jerawat batu.

Secara umum, penyebab jerawat batu tidak berbeda dengan jerawat yang umum kamu alami. Masalah kulit ini berawal dari tersumbatnya pori-pori kulit karena kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang berlebih.

Cara Menghilangkan Jerawat: Mulai Dari Hal Hal Kecil

Namun apa pun penyebabnya, jerawat batu perlu segera mendapatkan penanganan. Sebab, peradangan yang terjadi karena jerawat ini dapat menyebar ke jaringan kulit sekitar dan memicu munculnya jerawat baru.

Balut es batu dengan kain sebelum menyentuhkan pada kulit, lakukan bergantian dengan kompres kering. Misalnya, kompres hangat pada malam hari, dingin pada siang hari.

Jerawat

Selain efektif untuk mengatasi jerawat, kamu bisa mendapatkan manfaat lain dari bahan alami ini dengan membaca artikel 4 Khasiat Tea Tree Oil Untuk Kecantikan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu?

Cara mengempeskan jerawat batu dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan produk pembersih yang tidak mengandung sabun. Berbeda dengan sabun tradisional, pembersih wajah nonsabun atau tanpa sabun memiliki risiko efek samping yang lebih rendah.

Produk perawatan wajah ini memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya iritasi serta efek samping lain yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Nah, berikut 7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman Digunakan.

Selain itu, memencet jerawat juga bisa membuat nanah dan kotoran justru masuk semakin dalam. Umumnya, dokter akan merekomendasikan beberapa prosedur medis berikut ini untuk mengempeskan jerawat batu yang mengganggu:

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Efektif

Obat antibiotik untuk jerawat memiliki peran utama untuk mengatasi infeksi dan peradangan. Namun, aturan pakai dan dosis obat harus sesuai dengan saran dari dokter sehingga tidak meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Selain itu, dokter juga bisa meresepkan salep atau krim sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang efektif. Seperti halnya obat, kamu harus menggunakan krim jerawat ini sesuai dengan anjuran sehingga hasilnya lebih optimal.

Isotretinoin adalah obat yang termasuk dalam golongan retinoid yang terbuat dari sintesis vitamin A. Obat ini memiliki dua pilihan sediaan, yaitu bentuk gel maupun pil dengan dosis hanya satu atau dua kali dalam sehari sesuai resep dokter.

Ini

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Di Hidung Dengan Mudah

Cara mengempeskan jerawat batu menggunakan isotretinoin terbilang efektif karena bisa membantu meringankan peradangan jerawat yang parah. Tetapi, ibu hamil tidak boleh menggunakan obat ini karena meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi.

Selain sebagai metode untuk menghilangkan jerawat batu, suntikan ini juga efektif dalam mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat dalam beberapa hari.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 6 tahun dan mendapatkan rating baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani:

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Aman

Rekomendasi pertama adalah dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2013 dan Universitas Hasanuddin tahun 2022.

Saat ini, dr. Dyah Ayu berpraktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 10 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E bisa memberikan konsultasi melalui terkait jerawat maupun penyakit kulit lainnya.

Efektif! Ini 8 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Membandel

Rekomendasi selanjutnya yaitu dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta tahun 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2023.

Cara

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi .

Referensi: Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Cystic Acne. Healthline. Diakses pada 2024. What Is Cystic Acne and How Is It Treated? Medical News Today. Diakses pada 2024. Everything you need to know about cystic acne.

Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak