Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Alergi Dingin Batuk

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Alergi Dingin Batuk

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Alergi Dingin Batuk

Udara dingin seringkali membuat orang batuk. Namun benarkah kedua hal ini memang berkaitan, atau hanya mitos belaka? Jika sering batuk saat udara dingin, bagaimana mengatasinya?

Dilansir dari ABC.net, udara dingin sebenarnya bukanlah penyebab batuk. Namun apabila Anda menderita flu atau infeksi pernapasan lainnya, maka udara dingin dapat memicu Anda batuk atau memperburuk batuk yang sebelumnya memang sudah ada.

Anak

Gangguan atau kondisi pernapasan biasanya memburuk pada malam hari dan hal tersebut terkait dengan udara dingin dan kering. Jika Anda memiliki kondisi medis lainnya seperti asma atau bronchitis, Anda harus lebih cermat lagi dalam menghindari udara dingin. Lantas bagaimana mengatasinya? Ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Alergi Dingin Bisa Sebabkan Sinusitis

Kehangatan dari sinar matahari adalah ‘terapi alami’ untuk saluran pernapasan Anda. Baik masalah saluran pernapasan atas seperti flu atau sinus, maupun masalah saluran pernapasan bawah seperti batuk. Upayakan untuk meluangkan waktu berjemur setiap hari setidaknya 15 menit. Cara ini bisa membuat pernapasan lebih lega dan mempermudah Anda mengeluarkan lendir.

Menghirup udara segar juga sangat penting. Terutama jika Anda termasuk orang yang hampir selalu beraktivitas di dalam ruangan ber-AC. Dalam sehari, sempatkan untuk menghirup udara segar atau buka jendela rumah Anda agar terjadi pertukaran udara lama dengan udara segar.

Olahraga sangat dianjurkan untuk Anda yang memiliki masalah pernapasan. Namun hindari olahraga yang terlalu berat dan melelahkan seperti berlari atau angkat beban. Sebaliknya, olahraga jalan santai, senam ringan, atau berenang justru bisa membantu Anda menjaga kebugaran tanpa terlalu membebani sistem pernapasan.

Bu, Ini Penyebab Batuk Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Dapat membantu menjaga kelembapan udara terjaga, tapi juga dapat membantu mengatasi iritasi yang dipicu oleh udara kering, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, batuk kering, hingga sakit tenggorokan.

Mengonsumsi obat batuk tetap perlu dilakukan untuk menuntaskan proses penyembuhan. Minumlah sesuai dengan anjuran hingga gejala batuk berkurang. Namun tetap sabar karena batuk memang membutuhkan waktu untuk sembuh.

Coba pilih obat batuk yang dapat mengobati berbagai jenis batuk dan tanpa ngantuk, hal ini penting untuk Anda yang memiliki aktivitas padat namun tidak ingin terganggu akibat batuk.

Sering Mengalami Batuk Pilek Karena Alergi Dingin Karena Cuaca? Ternyata Begini Penjelasannya

Sakit Kepala Mengapa Aroma yang Menyengat dapat Memicu Sakit Kepala? Berikut ini beberapa alasan mengapa aroma yang menyengat dapat memicu sakit kepala ....

Sakit Kepala Kebiasaan yang Menyebabkan Sakit Kepala Saat Musim Hujan Selain pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seseorang juga cenderung lebih mudah mengalami keluhan sakit kepala jika melakukan beberapa kebiasaan berikut ini. ....

Sakit Kepala Ide Kegiatan Akhir Tahun dan Cara Menjaga Kesehatan Agar Tetap Fit Berikut adalah beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyambut akhir tahun. ....

Cara Menyembuhkan Batuk Dengan Tepat

Sakit Kepala Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Begadang Menunggu Malam Pergantian Tahun Baru Untuk membantu Anda mengatasi sakit kepala saat begadang menunggu malam pergantian tahun baru, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ....Jika ya, apakah fenomena ini berarti batuk tersebut merupakan suatu reaksi alergi pada dingin? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita pahami dulu apa itu yang dimaksud sebagai alergi.

Suatu reaksi alergi dicetuskan saat tubuh bereaksi terhadap suatu zat yang berasal dari luar tubuh yang sebenarnya tidak berbahaya. Zat tersebut mencetuskan reaksi dari berbagai komponen sistem pertahanan tubuh yang menimbulkan gejala-gejala alergi seperti gatal, kulit kemerahan, mata berair, sesak, dan lain-lain. Zat pencetus tersebut disebut alergen, dan alergen bagi tiap penderita alergi adalah berbeda-beda. Interaksi antara faktor genetik/keturunan dan lingkungan berperan dalam menentukan apakah seseorang akan mengalami gejala alergi atau tidak, dan menentukan alergen pencetus.1

Cara

Dapat disimpulkan bahwa terdapat dua syarat untuk suatu kejadian disebut alergi, yaitu 1) terdapat alergen pencetus, dan 2) terdapat reaksi berlebihan dari tubuh terhadap alergen tersebut.

Tips Jenis Batuk Waspadai Bahayanya Bagi Kesehatan

“Tak jarang kesehatan pernapasan si Kecil terganggu akibat cuaca dingin, salah satunya batuk karena alergi atau juga terdampak asma. Fidelis Jacklyn Adella

Batuk merupakan fungsi penting tubuh yang berfungsi untuk membersihkan jalan napas. Kejadian batuk dapat terjadi secara volunter (dikontrol kemauan) atau involunter (tidak dapat dikontrol kemauan). Kejadian batuk secara involunter merupakan bagian dari refleks. Refleks batuk muncul apabila terdapat stimulus pada reseptor-reseptor batuk pada saluran pernapasan. Faktor pencetus batuk yang dimaksud misalnya partikel atau kotoran dari lingkungan yang masuk ke saluran napas, akumulasi lendir dalam saluran napas, atau bahan iritan lain.

Udara dingin merupakan faktor suhu dan bukan merupakan zat alergen, sehingga batuk yang muncul saat udara dingin tidak dapat disebut batuk karena alergi. Udara yang sangat dingin dapat secara langsung mengiritasi jalan napas sehingga menimbulkan batuk.

Bikin Susah Tidur, Begini 7 Cara Alami Mengatasi Batuk Di Malam Hari

Udara dingin juga biasanya bersifat kering. Udara kering mengangkat partikel air sepanjang jalan napas dan hal ini menyebabkan adanya spasme jalan napas. Oleh karena hal ini, udara dingin dapat memperburuk gejala batuk pada penyakit pernapasan yang sudah ada atau merangsang timbulnya refleks batuk. Penyakit pernapasan yang dapat diperburuk oleh udara dingin misalnya infeksi saluran napas atas (batuk pilek ‘biasa’), bronkitis, dan lain-lain. Jika anak mengalami hal ini, Mama bisa mulai memberikan obat batuk alergi dingin pada si Kecil.

Batuk memiliki banyak kaitan dengan asma, di mana asma seringkali dikenal sebagai salah satu penyakit alergi. Namun, sebenarnya asma tidak selalu disebabkan oleh alergi. Asma didefinisikan sebagai penyakit peradangan kronis pada saluran napas, ditandai oleh 1) penyempitan saluran nafas yang disebut bronkus, dan 2) saluran napas yang cenderung bereaksi berlebihan terhadap berbagai macam rangsangan.

Sering

Pencetus asma terbagi atas alergi (allergic asthma) dan bukan alergi (non-allergic asthma). Asma bukan alergi dicetuskan oleh hal-hal selain alergen, misalnya polusi udara, infeksi virus berulang pada saluran nafas, olahraga, dan juga udara dingin.

Gejala Alergi Dingin Dan Cara Mengatasinya

Selain itu, terdapat juga varian asma yang gejala utamanya berupa batuk (cough variant asthma) atau memang hanya menunjukkan gejala batuk saja tanpa pernah menimbulkan mengi dan sesak. Tipe asma ini disebut sebagai asma varian batuk ataucough variant asthma(CVA).

Gejala batuk lama yang dicetuskan oleh udara dingin atau bicara terlalu banyak, terutama, biasanya disebabkan oleh CVA. CVA yang dibiarkan begitu saja berpotensi berprogresi menjadi asma klasik dengan gejala mengi dan sesak, sehingga penting bagi orang tua untuk awas dan tanggap terhadap gejala batuk lama pada anak meski tampaknya tidak berbahaya.7

Kesimpulannya, batuk alergi dingin pada anak tidak ada. Batuk yang disebabkan oleh udara dingin tidak dapat dikategorikan sebagai alergi karena udara dingin bukan merupakan alergen. Namun, udara dingin memang dapat mencetuskan refleks batuk karena mengeringkan dan mengiritasi jalan napas. Selain itu, batuk juga dapat merupakan salah satu gejala asma yaitu kondisi yang didasari oleh jalan napas yang hipersensitif terhadap rangsangan, dimana salah satu rangsangan tersebut adalah udara dingin.

Cara Meredakan Batuk Berdahak, Tips Praktis Untuk Kesehatan

Asma memang sulit didiagnosa jika gejalanya hanya batuk saja, karena ini bukan asma yang ‘khas’ atau ‘klasik’. Bila si Kecil tampak batuk-batuk berlebihan terhadap udara dingin, bawalah si Kecil ke dokter kepercayaan Mama. Dokter akan melakukan serangkaian tes untuk menentukan penyebab batuk sehingga si Kecil mendapatkan penanganan yang tepat.

Tahukah Mama, alergi bisa diturunkan karena riwayat keluarga? Resiko alergi pada anak penting diketahui untuk menentukan tindakan pencegahan alergi yang diperlukan. Yuk cari tahu resiko alergi si Kecil, di sini!

Perbedaan

Jika alergi yang si Kecil alami disebabkan oleh suhu dingin pada udara, maka persiapkan si Kecil untuk memakai pakaian hangat. Mama juga dapat membalurkan minyak hangat khusus anak ke bagian dada si Kecil sehingga tubuh si Kecil tetap terlindungi.

Perbedaan Batuk Alergi Dan Batuk Biasa Beserta Cara Mengatasinya

Terdapat jenis obat yang umumnya digunakan yaitu obat-obatan antihistamin. Obat ini digunakan untuk meredakan reaksi alergi atau gejala alergi yang masih tergolong ringan hingga menengah.

Saat ini Mama dapat memilih banyak susu pertumbuhan berbasis anti-alergi. Sebaiknya, Mama perlu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kepercayaan Mama untuk mengetahui susu yang tepat bagi si Kecil yang memiliki alergi.

Konsultasikan masalah batuk alergi dingin ini pada dokter kepercayaan Mama. Bila reaksi alergi akibat dingin semakin parah, dokter akan memberikan penanganan alergi pada si Kecil.

Cara Ampuh Mengatasi Alergi Dingin, Jangan Dianggap Remeh!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak