Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Lendir Pada Bayi 2 Bulan

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Lendir Pada Bayi 2 Bulan

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Lendir Pada Bayi 2 Bulan

Dahak menjadi salah satu hal yang paling sering membuat bayi tak nyaman dan rewel. Mereka pun jadi sulit untuk tidur dengan nyenyak. Nah, bagaimana cara menghilangkan dahak pada bayi usia 0-6 bulan?

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa dahak terjadi ketika ada peningkatan lendir di saluran napas bayi. Dampaknya mereka jadi sulit bernapas. Dikutip dari

Cara

Selain itu, gejala lain adanya dahak termasuk juga seperti saat pilek dan batuk. Misalnya, bersin-bersin, batuk lebih sering, nafsu makan atau menyusu berkurang, sulit tidur, dan hidung tersumbat.

Jangan Salah, Ini 9 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman

Dahak yang berlebihan atau kental dari waktu ke waktu biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Bunda mungkin juga akan melihat bayi memiliki dahak ketika memiliki alergi musiman atau dehidrasi.

Jika dahak membuat bayi tidak nyaman dan terus berulang, Bunda mungkin perlu membawanya ke dokter. Terlebih jika bayi memiliki riwayat asma, alergi, bronkitis kronis, atau penyakit paru lainnya.

Pada bayi usia 0-6 bulan, pemberian obat sembarangan tanpa resep dokter tidak dianjurkan ya, Bunda. Oleh sebab itu, cara menghilangkan dahak pada bayi sebaiknya dilakukan dengan metode alami dan rumahan.

Cara Mengeluarkan Dahak Mengganggu Pada Bayi

Saat ini sudah tersedia alat sedot dahak khusus untuk bayi, yang terbuat dari bahan karet dan berbentuk seperti balon. Gunakan secara perlahan di bagian hidung bayi ketika dahak dan lendirnya cukup banyak.

Pilih alat sedot yang berkualitas baik dan pastikan bayi merasa nyaman saat Bunda menggunakan alat ini. Ingat, hindari menyedot lendir secara langsung dengan menggunakan mulut ya, Bunda. Cara ini dikhawatirkan justru dapat menjadi sarana perpindahan kuman dan bakteri lainnya.

Produksi lendir berlebih pada bayi rentan terjadi ketika cuaca sedang dingin. Akibatnya, dahak di saluran napas bayi jadi lebih kental dan sulit dikeluarkan dibanding biasanya.

Tips Ampuh! Mengatasi Batuk Dan Pilek Pada Bayi Dengan Perawatan Terbaik

Jangan lupa pastikan tubuh bayi mendapat cukup kehangatan dalam situasi ini. Misalnya, Bunda dapat memandikan si Kecil dalam air hangat, kemudian memakaikan pakaian panjang lembut. Jika memungkinkan, pastikan juga suhu kamar tidur bayi tidak terlalu dingin ya, Bunda.

Guna membantu mengeluarkan dahak pada bayi, sekaligus memberikan rasa nyaman, berikan pijatan ringan pada tubuhnya. Supaya lebih hangat, gunakan minyak telon saat memijat ya, Bunda. 

Beberapa bagian tubuh bayi yang dapat Bunda pijat misalnya di dada, punggung, perut, lengan, dan kaki. Lakukan sebelum tidur untuk membantu membuat tubuhnya hangat dan bayi pun bisa tidur lebih nyenyak.

Praktis Dan Aman! 4 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Bawang Putih

Jika dahak di saluran napasnya sudah menumpuk, dengan ditepuk-tepuk punggungnya maka dahak akan mudah keluar. Namun jika dahak mengencer dan masuk ke saluran pencernaan, ia akan terbuang melalui feses.

Salah satu cara menghilangkan dahak pada bayi 0-6 bulan lainnya yakni memastikan kondisinya sudah encer. Selain memastikan bayi cukup minum, hal ini juga bisa didapat dengan cara menjemur bayi dengan sinar matahari pagi.

Lakukan kegiatan berjemur sekitar pukul 8 pagi, selama 10-15 menit. Jangan lupa pastikan kondisi udara bersih, bebas asap, dan debu ya, Bunda. 

Bantu Si Kecil Tidur Nyaman, Ini 7 Cara Keluarkan Dahak Pada Bayi

Humidifier bisa Bunda manfaatkan agar kelembapan di kamar tidur bayi yang sedang batuk pilek tetap terjaga. Jika perlu, gunakan beberapa tetes minyak esensial sebagai cara menghilangkan dahak pada bayi. 

Atau kayu putih. Minyak esensial ini dapat digunakan pada humidifier atau saat Bunda menerapkan teknik uap dengan meletakkan wadah berisi air panas di dalam kamar bayi.

Salah satu cara menghilangkan dahak pada bayi 0-6 lainnya yakni memperbanyak asupan cairan, misalnya dari air susu ibu (ASI) atau susu formula. Pada bayi usia 6 bulan, Bunda juga bisa memberikan tambahan minum air putih secukupnya.

Cara

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi Yang Aman

Demikian ulasan tentang berbagai cara menghilangkan dahak pada bayi. Jangan lupa juga untuk memastikan sirkulasi udara di rumah lancar dan bebas debu. Hindari juga bayi dari paparan asap rokok, asap knalpot, atau bulu-bulu dari hewan peliharaan karena rentan meningkatkan risiko alergi pada bayi.

Parenting 7 Obat Batuk untuk Bayi 9 Bulan yang Aman dan Ampuh Parenting 13 Obat Batuk Alami untuk Bayi, Mudah Ditemukan & Ada di Rumah Parenting 7 Obat Batuk Herbal dan Alami untuk Bayi, Utamakan Kenyamanan Si Kecil Ya Parenting 6 Cara Merawat Gigi Bayi 6-12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Parenting Yuk, Simak Saran Dokter Sebelum Memijat Bayi 7 Foto Parenting Intip 7 Potret Wajah Bayi Para Artis saat Baru Lahir di Rumah SakitDahak atau lendir biasanya muncul ketika bayi menderita flu atau batuk. Keberadaannya membuat bayi tidak nyaman bernapas, sehingga sering membuatnya rewel. Untuk mengatasinya, orang tua perlu mengetahui cara mengeluarkan dahak pada bayi yang aman.

Dahak atau lendir sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan kuman. Cairan lengket ini juga membantu menjaga hidung, mulut, dan tenggorokan bayi tetap lembap. Lendir juga berfungsi sebagai pelindung untuk menghentikan kuman masuk ke dalam tubuh.

Cara Alami Mengeluarkan Dahak Bayi, Salah Satunya Diuap, Aman!

Namun jika jumlah dahak terlalu banyak, kenyamanan bayi dalam bernapas, makan, dan tidur Si Kecil bisa terganggu. Dengan melakukan beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi dapat membantunya kembali merasa nyaman.

Si Kecil mungkin mengalami gumoh, bersin, batuk-batuk, yang merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan kelebihan lendir. Selain menganggu kenyamanan, kelebihan dahak harus dikeluarkan untuk mecegah Si Kecil tersedak.

Hindari menyedot lendir Si Kecil secara berlebihan, terutama jika dia tidak sakit batuk atau pilek. Jika Si Kecil menangis atau meronta-ronta, istirahatkanlah dulu atau Anda bisa mencoba cara mengeluarkan dahak pada bayi yang lain.

Tips Menghilangkan Lendir Pada Bayi

Posisikan pipa di mulut Anda dan ujung tabung miring di depan lubang hidung bayi. Isap dengan menyedot udara melalui selang, tetapi jangan mengisap terlalu keras karena hal ini bisa mengiritasi hidung Si Kecil.

Salin adalah larutan garam yang dimurnikan. Larutan ini digunakan untuk mengencerkan dahak yang kental, sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan melalui bulb. Larutan saline bisa digunakan sebelum

Cara

Cara penggunaannya pun cukup sederhana, yaitu dengan menyemprotkan saline ke setiap lubang hidung sesuai kebutuhan. Larutan ini juga dapat digunakan dengan cara diteteskan ke lubang hidung.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Tanpa Membuatnya Merasa Sakit

Larutan salin bisa didapatkan di apotek terdekat. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan 1 cangkir air matang dengan ¼ sendok teh garam.

Hindari menyemprot atau meneteskan salin terlalu banyak, mengingat ukuran hidung bayi yang sangat mungil. Cukup semprotkan 1 kali, atau teteskan 3–4 tetes salin pada masing-masing lubang hidung. Selain itu, salin juga tidak boleh digunakan terlalu sering atau lebih dari seminggu.

Uap yang dihasilkan humidifier dapat membantu mengencerkan dahak, terutama bila Anda tinggal di daerah yang tidak cukup lembab. Penggunaannya pun praktis dan bisa dinyalakan selama Si Kecil tidur.

Cara Mengeluarkan Dahak Di Dada, Paru Paru & Tenggorokan

Dahak atau lendir bening tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun jika dahak Si Kecil berwarna hijau, cokelat, atau kemerahan, dan disertai demam tinggi, muntah, serta kehilangan nafsu makan, kemungkinan ini merupakan gejala infeksi. Sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Jika cara di atas belum berhasil mengeluarkan dahak pada Si Kecil, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai cara mengeluarkan dahak pada bayi yang aman dan efektif.kalau lendir dari hung meler itu sebetulnya merupakan pertanda baik. Sebab itu adalah salah satu cara tubuh menyingkirkan kuman. Tapi ketika si kecil memiliki terlalu banyak lendir atau ingus juga kurang baik karena dapat membuatnya sulit untuk bernapas dan makan. Lalu bagaimana cara mengeluarkan ingus pada bayi agar mereka merasa nyaman kembali?

Bunda dapat membeli Saline di apotek atau toko obat terdekat. Masukkan beberapa tetes ke lubang hung si kecil kemudian gunakan jarum penghisap lendir untuk mengeluarkan lendir dari hung bayi Anda.

Batuk Berdahak Pada Bayi? Ini Cara Mengatasinya

Cara ini disarankan untuk anak berusia di bawah 6 bulan. Tak menjadi masalah jika Bunda mau menggunakannya untuk bayi di atas 6 bulan, namun mungkin bunda tak perlu menggunakan jarum penghisap lendirnya, biarkan saja lendirnya dengan sendirinya keluar melalui hung.

Cara

Terkadang lendir atau ingus dari hung si kecil menjadi kotoran berkerak yang menempel di area sekitar hung. Untuk membersihkannya dengan aman, basahi kapas atau Bunda juga bisa menggunakan tisu yang dibasahi dengan air hangat lalu bersihkan area kotor di sekitar hung si kecil.

Atau alat penguap di rumah? Jika punya, letakkan di kamar si kecil untuk menambahkan kelembapan udara. Sebab hal ini dapat membantu untuk membersihkan hung tersumbatnya.

Cara Ampuh Mengatasi Hidung Bayi Yang Tersumbat

Secara teratur hingga jamur tak tumbuh di dalamnya. Efek yang sama juga bisa dirasakan dari duduk di kamar mandi yang masih beruap.

Sentuhan lembut di punggung bayi Anda dapat membantu mengurangi kesulitan bernapas. Bunda cukup membaringkan si kecil di atas lutut dan dengan lembut berikan sentuhan dan tepukan halus punggungnya dengan tangan.

Saat bayi Anda duduk di pangkuan dengan tubuhnya mengarah ke depan sekitar 30 derajat juga bisa dilakukan. Sebab dengan cara mengeluarkan lendir pada bayi seperti ini akan membuat dadanya lebih lega dan akan lebih mudah membuatnya batuk dan mengeluarkan lendir yang menghambat dadanya.

Tips Menghilangkan Dahak Pada Bayi

Tak semua hung mampet dan berlendir itu membutuhkan perawatan segera. Apabila lendir/ingusnya tak mengganggu pernapasan si kecil, maka tak mengapa dibiarkan. Selama si kecil tetap aktif dan masih bisa makan dan minum secara normal, tak mengapa untuk diamkan saja.

Jangan berikan obat batuk dan pilek kepada anak-anak di bawah usia 4 tahun. Apabila si kecil berusia di antara 4 – 6 tahun, konsultasikanlah dengan dokter Anda obat apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan si kecil.

Demikianlah informasi beberapa tips atau cara mengeluarkan ingus bayi dengan mudah yang bisa Parents coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.

Cara

Tips Mudah Atasi Dahak Membandel Pada Anak Balita

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Andro.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak