Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Bokong Gatal

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Bokong Gatal

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Bokong Gatal

Jika kita mengalaminya, hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa kemungkinan besar itu adalah gejala dari masalah lain, bukan penyakit atau kondisi itu sendiri.

Dan karena rasa gatal dapat menyebabkan garukan, luka kecil, rasa sakit, serta pembengkakan, maka penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan rasa gatal tersebut.

Penyebab

Secara khusus, gatal pada bokong dapat terjadi karena beberapa kondisi tertentu, seperti masalah kulit, infeksi, iritasi terhadap makanan dan pakaian, maupun adanya penyakit kronis.

Cara Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Kulit Ayam

Tidak menyeka dengan cukup baik dapat meninggalkan kotoran dan kelembapan, kata wakil ketua penelitian di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, Brian Kim, MD.

Selain itu, tisu toilet tanpa pewangi yang dibasahi dengan air hangat juga dapat digunakan dengan baik saat menyeka setelah buang air besar.

Jika rasa gatal tiba-tiba muncul, salah satu hal pertama yang harus kita tanyakan adalah apakah kita mungkin menggunakan atau mengenakan sesuatu yang menyebabkan iritasi di area tersebut, tambah dia.

Jual 001 Obat Bokong Gatal

Kita tahu bahwa keringat dapat menyebabkan iritasi di mana saja di tubuh dengan paparan yang lama, dan di area ini khususnya, keringat dapat menyebabkan banyak rasa gatal atau bahkan infeksi jamur, kata Kim.

Pakaian ketat juga dapat meningkatkan keringat dan lingkungan yang berkeringat adalah tempat yang tepat bagi kuman yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada dubur untuk tumbuh subur.

Cacing kremi adalah jenis infeksi cacing yang paling umum dan biasanya ditularkan melalui kontak dari orang ke orang atau dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi telur cacing kremi.

Cara Jitu Menghilangkan Jerawat & Folliculitis Di Area Bokong

Untuk mengatasinya, cacing kremi dapat dihilangkan dengan dua dosis obat oral (tersedia secara bebas atau dengan resep dokter), yang diberikan dalam jarak waktu dua minggu untuk mencegah infeksi ulang.

Ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah vena membengkak di sekitar anus, yang disebabkan oleh terlalu banyak tekanan pada anus, seperti mengejan saat buang air besar, konstipasi kronis atau diare, duduk di toilet dalam waktu yang lama, dan diet rendah serat.

Namun, jika kondisi kita tidak kunjung membaik meskipun sudah diobati atau kita melihat darah yang signifikan pada tinja, segera temui dokter untuk proses pengobatan.

Cara Bikin Pantat Mulus, Hilangkan Bintik Dan Bruntusan

Makan serat dalam jumlah yang tepat, tetap terhidrasi, serta mencari cara lain untuk meredakan sembelit dan melunakkan tinja juga dapat memperbaiki kondisi ini.

Infeksi ini juga dapat disebabkan oleh pakaian yang ketat dan terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, serta orang yang sedang mengonsumsi antibiotik.

Gatal pada anus juga dapat merupakan gejala infeksi menular seksual (IMS), termasuk gonore, herpes, dan kutil anus yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Ciri Ciri Penyakit Gatal Prurigo, 'darah Manis' & Cara Mengobatinya

Pada herpes, misalnya, krim dan salep antivirus dapat meredakan rasa panas dan gatal, sementara obat antivirus (baik dalam bentuk pil atau suntikan) dapat mengendalikan virus.

Lalu, kekurangan vitamin atau mineral juga telah dikaitkan dengan gatal pada anus. Beberapa contohnya termasuk kekurangan zat besi serta vitamin A dan D.

Seiring bertambahnya usia pasien, banyak dari mereka yang mengalami cedera punggung bawah dan banyak orang yang mungkin mengalami kerusakan kecil pada saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang, ungkapnya.

Agen Herbal: Tips Cara Menghilangkan Gatal Pada Selangkangan Dan Pantat Atau Bokong

Hingga separuh dari penderita penyakit paget atau bowen mengalami gatal pada anus. Namun, kedua penyakit ini jarang terjadi dan memerlukan biopsi untuk diagnosis.

Karena penyebab gatal pada bokong sangat luas dan sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai, Kim merekomendasikan untuk berbicara lebih lanjut dengan dokter.

Gatal

Kita juga bisa memeriksakan diri ke dokter kulit jika merasa masalah ini lebih terkait dengan kulit atau ke dokter pencernaan jika tampaknya lebih terkait dengan pencernaan.

Obat Gatal Pada Selangkangan Ibu Hamil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram Kompas.com News Update, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait Ambeien Timbulkan Rasa Gatal, Kenali Penyebab dan Cara MengatasinyaMadu hingga Lidah Buaya, 5 Obat Gatal Alami untuk EksimPayudara dan Puting Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya8 Pengobatan Rumahan untuk Redakan Gatal pada Vagina8 Kemungkinan Penyebab Gatal Pada Vagina dan Cara MenghentikannyaDeteksi Dini Anemia Defisiensi Besi pada Anak Deteksi Dini HPV Kalkulator Kebutuhan Protein Anak Vaksin Rotavirus Tes Gangguan Kecemasan Cek Tingkat StresLihat Semua

Deteksi Dini HPV Mungkinkah Anda berisiko terkena HPV?Lihat lainnyaKalkulator BMI Apakah berat badan Anda sudah ideal?Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari?Lihat lainnya

Obat Penghilang Gatal Di Bokong Tak Kunjung Sembuh/ Gatel Hitam Di Area Pantat Tak Kunjung Hilang

HestiNutrisi•13 daysYakin Kebutuhan Protein Si Kecil Sudah Terpenuhi? Cek Faktanya di Sini!HestiParenting•7 daysTanya dr Hans Natanael Sp.A di Komunitas Parenting Hello SehatHestiNutrisi•4 days#HelloMeetUP: Kelas Diet Eksklusif Bersama Ahli Gizi, Gratis!

Rasa gatal tentu bikin tidak nyaman, apalagi kalau rasa gatal secara spesifik muncul hanya di bokong. Saat Anda duduk pun tidak nyaman karena terus ingin menggaruk pantat. Memang apa saja penyebab pantat gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini penjelasan selengkapnya. 

Gatal di pantat dapat diawali dengan gejala kemerahan, rasa terbakar, dan nyeri. Gatal dan iritasi mungkin bersifat sementara atau bertahan lebih lama, tergantung pada penyebabnya.

Rsup Dr. Sardjito

Gatal di pantat sering disebabkan organisme jamur yang umumnya tumbuh di daerah yang lembap dan hangat. Infeksi jamur ini disebut dengan tinea cruris atau jock itch .

Sementara itu, jenis jamur yang paling sering menyebabkan infeksi ini adalah Tricophyton dan Epidermophyton . Jamur ini juga dapat menimbulkan penyakit kutu air.

Bokong

Gejala yang timbul biasanya disertai dengan ruam kulit yang memiliki pinggiran berwarna merah bersisik. Ciri khas lainnya termasuk gatal dan nyeri di daerah yang terinfeksi.

Penyebab Gatal Pada Kulit Bayi Dan Cara Mengatasinya

Herpes merupakan penyakit menular yang disebabkan infeksi virus herpes. Penyakit ini dikenal dengan herpes kulit lantaran gejalanya yang diawali dengan kemunculan lenting atau lepuhan pada kulit.

Menurut the New Zealand Herpes Foundation, infeksi virus herpes simplex (HSV 1 dan HSV2), penyebab herpes genital dan herpes oral, bisa menyerang area genital dan menyebabkan gatal, termasuk di pantat. 

Dermatitis kontak adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit meradang dan memerah selepas kontak langsung dengan iritan (zat pemicu iritasi) atau alergen (zat pemicu alergi).

Penyebab Anus Gatal Dan Cara Mengatasinya

Intertrigo disebabkan oleh gesekan dan kelembapan berlebih di area lipatan kulit. Kondisi ini membuat lapisan atas kulit menjadi lebih mudah rusak sehingga timbul ruam kulit kemerahan dan peradangan.

Gatal di pantat karena intertrigo dapat dipicu terlalu sering memakai pakaian yang ketat, sehingga menimbulkan gesekan dan ruam di lipatan kulit pantat.

Gejala penyakit ini biasanya ditandai dengan gatal parah yang bisa mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari. Apabila area gatal digaruk, kulit akan menjadi kering dan bahkan mengelupas. 

Jangan Digaruk! Ini Cara Menghilangkan Gatal Di Bokong Dengan Mudah

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang belum diketahui penyebab pastinya. Penyakit kulit kronis ini ditandai dengan pertumbuhan sel kulit baru yang terlalu cepat. 

Biang keringat dikenal juga heat rash atau miliaria, yaitu kondisi yang terjadi ketika sel kulit mati, keringat, atau bakteri terperangkap di bawah kulit.

-

Intensitas gejalanya bisa lebih parah pada bagian tubuh yang kerap tertutup seperti pantat. Ini bisa menyebabkan rasa gatal di pantat. Biang keringat umumnya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Apa Penyebab Jamur Kulit Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Wasir adalah kondisi saat pembuluh darah bengkak dan melebar di sekitar anus. Hal ini dapat menimbulkan gatal, nyeri, dan sensasi tidak nyaman di bokong.

Gejala umum ambeien seperti munculnya benjolan yang keras dan lembut di dekat anus, anus terasa nyeri saat duduk, dan anus terasa gatal.

Gejala ini biasanya bisa menghilang dalam beberapa hari. Namun, jika Anda terbiasa terlalu sering mengejan atau membersihkan anus dengan kasar, gejalanya dapat bertahan lebih lama.

Waspada Kena Infeksi Jamur, Simak Cara Mengobati Gatal Di Area Bokong Dan Selangkangan, Dijamin Ampuh!

Gejala yang ditimbulkan dapat berupa gatal di area anus yang kerap terjadi di malam hari, kesulitan tidur karena rasa gatal, hingga menggeretakkan gigi dengan tidak sadar (bruxism).

Pengobatan dan perawatan gatal di pantat bisa berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Namun, secara umum Anda bisa mengatasi rasa gatal di pantat dengan cara berikut. 

Nobles, T., Miller, R. A. (2021). Intertrigo. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. NBK531489 .  Atopic dermatitis. (2020). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 from, http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eczema/basics/preparing-for-your-appointment/con-20032073 Atopic Dermatitis: Overview. (2020). American Academy of Dermatology. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.aad.org/public/diseases/eczema/atopic-dermatitis Contact dermatitis – Symptoms and causes. (2020). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/contact-dermatitis/symptoms-causes/syc-20352742 Enterobiasis – General Information – Frequently Asked Questions. (2020). Centers for Disease Control & Prevention. Retrieved April 18, 2022, from https://www.cdc.gov/parasites/pinworm/gen_info/faqs.html Folliculitis – Symptoms and causes. (2020). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/folliculitis/symptoms-causes/syc-20361634 .  Genital herpes – Symptoms and causes. (2020). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-herpes/symptoms-causes/syc-20356161   Heat rash. (2020). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heat-rash/symptoms-causes/syc-20373276 Hemorrhoids. (2019). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268 Itchy anus (pruritus ani). (2021). healthdirect. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.healthdirect.gov.au/itchy-anus   Itchy bottom. (2022). National Health Services Inform. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/skin-hair-and-nails/itchy-bottom#:~:text=Causes%20of%20itchy%20bottom, -As%20itchy%20bottom&text=a%20bacterial%20infection%20–%20such%20as, in%20and%20around%20the%20anus   Jock itch – Diagnosis and treatment. (2020). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 from, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/jock-itch/diagnosis-treatment/drc-20353812   Miliaria. (2020). MedScape. Retrieved April 13, 2022 https://emedicine.medscape.com/article/1070840-overview#a7   Myths vs facts on genital herpes (HSV-2) & cold sores. (2020). NZ Herpes Foundation. Retrieved April 13, 2022 https://www.herpes.org.nz/herpes-patient-info/myths-vs-facts   Oakley, Amanda. (2020). Intertrigo. DermNet NZ. Retrieved April 13, 2022 from, https://dermnetnz.org/topics/intertrigo   Parasites – Scabies. (2010). Centers for Disease Control & Prevention. Retrieved March 21, 2022, from https://www.cdc.gov/parasites/scabies/disease.html   Pinworm infection – Symptoms and causes . (2020). Mayo Clinic. Retrieved April 18, 2022, from from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pinworm/symptoms-causes/syc-20376382 Psoriasis – Symptoms and causes. (2019). Mayo Clinic. Retrieved April 13, 2022 https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriasis/symptoms-causes/syc-20355840 Psoriasis: Causes. (n.d.). American Academy of Dermatology. Retrieved April 13, 2022 https://www.aad.org/public/diseases/scaly-skin/psoriasis/who-gets-psoriasis-and-what-causes-it#Treatment Publishing, H. (2020). Jock Itch (Tinea Cruris). Harvard Health Publishing. Retrieved April 13, 2022 https://www.health.harvard.edu/a_to_z/jock-itch-tinea-cruris-a-to-z   Scabies – Symptoms & Causes. (2020). Mayo Clinic. Retrieved March 21, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/scabies/symptoms-causes/syc-20377378   Tinea Cruris. (2003). DermNet NZ. Retrieved April 13, 2022 https://dermnetnz.org/topics/tinea-cruris/   What is contact dermatitis and how is it treated?. (2020). Retrieved April 13, 2022 https://nationaleczema.org/eczema/types-of-eczema/contact-dermatitis/SAAT bokong terasa gatal-gatal akibat ada jamur rasanya tak nyaman dan malu ya. Nah, rasa

Cara Menghilangkan Stretch Mark Di Bokong Dengan Bahan Alami, Mudah Dan Ampuh

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak