Tips Dan Cara Bagaimana Bintik Bintik Putih Di Wajah

Tips Dan Cara Bagaimana Bintik Bintik Putih Di Wajah

Tips Dan Cara Bagaimana Bintik Bintik Putih Di Wajah

Cara menghilangkan bintik putih di wajah bisa kamu lakukan dengan bahan alami dan sederhana. Tidak sedikit orang yang mengalami bintik putih di wajah mulai dari wanita, pria, dewasa, anak-anak, hingga bayi. 

Bintik di wajah yang muncul secara tiba-tiba memang sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Setiap orang tentu ingin memiliki wajah yang mulus tanpa ada noda sedikitpun. Tapi tenang saja, masalah kulit yang satu ini bisa kamu atasi sendiri di rumah dengan cara mudah!

Penyebab

Bercak putih yang muncul di wajah umumnya adalah milia, merupakan serpihan kulit mati atau keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Keratin adalah protein yang membentuk lapisan luar kulit. 

Cara Menghilangkan Bintik Bintik Pada Tampilan Proyektor

Hal ini menyebabkan pembentukan bintik kecil berwarna putih pada kulit. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, tetapi juga terlihat pada bayi yang baru lahir.

Milia dapat muncul di pipi, hidung, dahi, dan di sekitar mata. Beberapa orang juga membentuk bintik putih di mulut mereka. Benjolan ini biasanya tidak menyakitkan atau gatal, dan kondisi ini biasanya sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam beberapa minggu.

Bintik putih di wajah umumnya tidak berbahaya, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan masalah yang lebih parah. Milia akan hilang sendiri seiring dengan seringnya kamu membersihkan wajah setiap hari.

Cara Menghilangkan Bintik Putih Di Wajah Dengan Ampuh

Namun jika kondisi wajah tidak membaik dalam beberapa bulan, kamu bisa pergi ke dokter untuk mendapat resep krim retinoid topikal. Kamu juga bisa mendapat rekomendasi mikrodermabrasi atau pengelupasan asam dengan tujuan memperbaiki kulit yang rusak. Dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengekstrak benjolan.

Berikut adalah sejumlah solusi alami untuk menghilangkan bintik-bintik putih di wajah atau milia. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk bayi, pengobatan milia pada bayi lebih baik mendapat konsultasi bersama dokter terlebih dahulu.

Campurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 5 tetes minyak kelapa. Gunakan bola kapas dan tempelkan campuran ini ke wajah yang terkena bintik. Biarkan bekerja selama 10-15 menit sebelum menggunakan air hangat untuk membilasnya. Lakukan ini 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Bintik Putih Atau Milia Pada Bayi, Berbahaya Atau Tidak?

Cukup campurkan satu sendok makan bubuk cendana dan air mawar untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini secara merata ke area yang terkena dan biarkan selama 20-25 menit. Gunakan air dingin untuk membilas. Kamu harus melakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

Untuk membuat bubuk, panggang kulit buah delima sampai berwarna kecoklatan. Hancurkan mereka menjadi bubuk halus. Campurkan 1 sendok teh bubuk kulit delima dengan 1 sendok makan air mawar. Oleskan campuran ini secara merata ke kulit yang terkena. Biarkan mengering selama 20 menit sebelum dicuci. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

Campurkan 1 sdm gula pasir dan madu, dan 3 sdm oatmeal sebagai cara menghilangkan bintik putih di wajah. Oleskan pasta pada area yang bermasalah dan biarkan mengering selama 5-10 menit. Gunakan air hangat untuk membilasnya. Gunakan obat rumahan ini 1-2 kali sehari untuk hasil yang efektif.

Cara Mengatasi Milia Bintik Putih Di Area Mata Yang Mirip Komedo

Buat lemon menjadi scrub alami dengan mencampurkan 2 sdm gula, setengah sdt jus lemon, dan 1 sdt minyak zaitun. Gosok dengan lembut kulit yang terkena dengan campuran tersebut dan diamkan di kulit selama 20 menit. Cuci bersih dengan air dingin.

Oleskan madu mentah ke daerah yang terkena. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dicuci. Kamu harus melakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

Rendam bola kapas dalam minyak jarak dan oleskan dengan lembut pada area yang terkena. Biarkan selama 30 sampai 60 menit sebelum dibilas dengan air.

Cara Menghilangkan Bintik Putih Pada Kulit Akibat Keracunan Matahari

Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke satu sendok makan air. Aduk rata dan oleskan ke area yang terkena. Biarkan mengering selama 15 menit sebelum dicuci.Bintik putih di waja bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari paparan sinar matahari, infeksi jamur hingga kondisi kulit, ada banyak hal yang bisa menyebabkan area kulit memiliki bintik-bintik berwarna putih.

Meskipun hal ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, mungkin Bunda perlu memeriksanya ke dokter, sehingga mereka bisa menentukan apa yang menyebabkan perubahan warna pada kulit tersebut.

Tergantung pada penyebab yang mendasarinya, mungkin ada cara untuk meminimalkan munculnya bintik-bintik putih pada kulit atau mengatasi gejala mengganggu lainnya yang mungkin disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya.

Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Kecil Di Bibir Secara Alami

Melihat bercak putih di kulit tidak serta merta berarti ada kelainan kulit. Terkadang, faktor lain dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih terang. Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan bintik putih.

Meskipun istilah sunspots dapat memberikan gambaran bintik-bintik yang lebih gelap, ini mungkin bisa juga muncul sebagai bintik-bintik putih atau lebih terang pada kulit.

Cara

Secara medis, kondisi ini dikenal sebagai hipomelanosis guttate idiopatik, bintik putih yang tidak berbahaya ini berkembang ketika terjadi penurunan melanin, sel pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, dan rambut, di kulit.

Ada Bintik Putih Di Mata Anak 5 Tahun, Waspadai Kanker Bola Mata

Melansir dari laman health, para ahli berpendapat bahwa kondisi ini bisa terjadi akibat paparan sinar matahari berulang kali, bukan karena faktor lain seperti penuaan.

Jika mengalami kondisi ini, penyedia layanan kesehatan mungkin akan merekomendasikan krim topikal seperti tretinoin atau retinoid. Prosedur dermabrasi mungkin bisa juga membantu menghaluskan area tersebut.

Tinea versikolor terjadi ketika ada pertumbuhan berlebihan jamur alami pada kulit. Infeksi jamur pada kulit ini berubah menjadi ruam yang akhirnya terlihat seperti bintik putih.

Pdf) Cara Menghilangkan Bintik Putih Di Kornea Mata Secara Alami

Tinea versikolor cukup umum terjadi pada remaja dan dewasa muda, serta orang-orang yang tinggal di daerah beriklim hangat. Jika terkena infeksi, mungkin Bunda juga mengalami gejala seperti gatal ringan, bengkak, dan keringat berlebih.

Produk topikal anti jamur yang dijual bebas mungkin disarankan untuk kondisi ini. Dalam beberapa kasus, mungkin membutuhkan resep obat anti jamur, baik dioleskan pada kulit atau diminum.

Pityriasis alba adalah suatu kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil dan bulat pada kulit kehilangan warnanya. Mungkin terasa seperti ruam dan gatal bagi sebagian orang. Bintik-bintik putih ini biasanya muncul di wajah, lengan, dan tubuh bagian atas.

Jamur Pityriasis Versicolor, Bercak Putih Pada Kulit

Gejala ini mungkin berlangsung selama beberapa bulan atau lebih dari setahun, tetapi tidak permanen. Para ahli tidak yakin apa yang menyebabkan kondisi ini, tetapi diperkirakan ada hubungannya dengan eksim.

Vitiligo merupakan suatu kondisi autoimun yang menyebabkan bercak pada kulit kehilangan warna, sehingga menimbulkan bercak putih. Kondisi ini berkembang ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel pigmentasi dalam tubuh.

Beauty

Bintik dan bercak vitiligo biasanya dimulai pada wajah, lengan, tangan, dan kaki. Dari sana, bintik dan bercak ini bisa tumbuh atau lebih banyak bercak bisa berkembang di tempat lain di tubuh Bunda.

Penyebab Bintik Putih Pada Kuku Kaki Dan Cara Mengatasinya

Beberapa orang yang mengalami kondisi ini mungkin akan merasakan gatal-gatal, peningkatan risiko terbakar sinar matahari, perubahan pada pendengaran, dan warna mata atau rambut menjadi lebih cerah.

Paling umum, milia muncul di wajah seperti pipi, hidung, dan dagu, tetapi bisa juga muncul di bagian tubuh yang terluka. Orang dewasa bisa terkena penyakit ini, tetapi penyakit ini cukup umum terjadi pada bayi baru lahir.

Kondisi ini tidak perlu diobati pada anak-anak atau bayi dan biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa minggu. Akan tetapi, pada orang dewasa dapat dihilangkan oleh penyedia layanan kesehatan.

Yuk, Coba Atasi Bintik Susu Dengan 5 Bahan Alami Ini

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Mom's Life Muncul Bintik di Wajah tapi Bukan Jerawat? Kenali Penyebab & Cara Mengatasinya Mom's Life Tak Perlu Dibasmi Tuntas, Kotoran Kulit Hanya Perlu Seimbang Agar Tetap Sehat Mom's Life Dear Bunda, Ini Pentingnya Pakai Skincare Meski Masih Muda Mom's Life Kulit Lembap Terhidrasi Kunci Skin Barrier Sehat Mom's Life Wajah Ariel Disebut Lebih Glowing dari Anya Geraldine, Apa Skincarenya? Mom's Life Wajah Rusak Gara-gara Skincare, Karier Ratu Kecantikan Ini Ikut TerancamBintik susu atau dikenal dengan milia merupakan benjolan kecil berwarna putih atau kekuningan yang biasanya muncul di area mata, hal ini disebabkan adanya keratin yang terjebak dibawah permukaan kulit. Meski tak berbahaya, bintik susu ini bisa sangat mengganggu. Lalu adakah cara menghilangkan milia secara alami?

Jangan salah Bun, milia juga umum muncul pada bayi yang baru lahir namun akan menghilang setelah beberapa minggu. Namun, kondisi ini dapat muncul pada semua golongan usia termasuk juga Anda.

Kenali Milia Pada Bayi, Beruntusan Dan Bercak Putih Di Wajah Bayi Yang Baru Lahir

Terlihat seperti bintil biasa, ternyata ada beberapa jenis milia yang sebaiknya Anda ketahui. Setiap jenis dan ciri yang ditimbulkan tentu membutuhkan penanganan yang berbeda.

Jenis milia berikut ini terjadi pada 50% bayi yang baru lahir. Namun Bunda tak perlu khawatir, karena hal ini biasanya akan menghilang dalam beberapa minggu dengan sendirinya.

Milia,

Milia neonatal sering ditemukan di area hung namun juga mungkin muncul di kulit kepala, wajah bahkan di dalam mulut. Perbedaannya dengan jerawat, kebanyakan milia memiliki ukuran yang sama dan tak disertai kemerahan.

Cat Mobil Bercak Putih? Inilah 8 Cara Mengatasinya

Milia primer juga umum ditemukan pada anak-anak dan remaja. Mereka juga akan menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa minggu, namun ada juga yang baru hilang setelah beberapa bulan.

Dalam kondisi ini, milia biasanya akan berkumpul di sekitar kulit wajah. Umumnya menjangkiti anak dan remaja, namun milia plak juga bisa ditemukan di wanita paruh baya. Milia jenis ini biasanya ditemukan di area kelopak mata, belakang telinga dan pipi atau rahang.

Tergolong jenis milia langka, milia eruptif akan menampakkan benjolan yang jelas terlihat di kulit. Kondisi ini akan berlangsung hingga beberapa bulan dan umumnya akan terlihat di wajah, lengan dan tubuh bagian atas.

Penyebab Bintik Merah Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya!

Kendati bisa muncul pada kulit bayi baru lahir, Bunda perlu mengenal jenis bintik susu lain yaitu milia sekunder. Milia sekunder disebabkan trauma tertentu yang pernah menimpa kulit seperti luka bakar, reaksi alergi, prosedur perawatan kulit yang keliru atau paparan sinar matahari berlebihan.

Kendati bukan merupakan sesuatu yang membahayakan, bintik susu akan menjadi ‘hiasan’ kulit yang mengganggu penampilan. Ada beragam cara yang bisa digunakan untuk menyingkirkan bintik mengganggu ini.

Salah satunya dengan menjalani cryotherapy, yakni sebuah terapi pembekuan milia menggunakan cairan nitrogen. Terapi ini diklaim ampuh mengatasi milia hanya dalam kurun waktu beberapa hari. Namun, siapa sangka milia bisa dihilangkan dengan

Penyebab Bintik Putih Di Kelopak Mata Bagian Dalam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak