Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Cara menghilangkan komedo hitam yang paling sering dilakukan adalah dengan memencetnya. Namun, cara tersebut tidak disarankan karena akan merusak jaringan kulit dan membuat kulit menjadi iritasi. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo hitam. 

Komedo hitam atau blackheads merupakan salah satu jenis jerawat dan dapat timbul di wajah, leher, dada, dan punggung. Meskipun pemilik kulit berminyak lebih rentan memiliki komedo hitam, tak menutup kemungkinan kondisi ini dialami oleh semua orang.

Cara

Komedo berwarna hitam terjadi karena permukaan pori-pori terbuka dan sel kulit mati terkena udara, lalu mengalami proses oksidasi. Kondisi inilah yang menyebabkan warna komedo menjadi hitam.

Lakukan Ini Untuk Mencegah Komedo Membandel Muncul

Komedo terjadi karena adanya penumpukan kotoran dan minyak di kulit. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah secara rutin, terutama sebelum tidur. Tidur dengan wajah yang masih kotor atau ber-

Namun, produk yang mengandung asam salisilat hanya bisa digunakan sekali dalam sehari. Jika digunakan secara berlebih, asam salisilat dapat membuat kulit menjadi kering dan meningkatkan produksi minyak. Kondisi ini justru dapat membuat wajah lebih berminyak dan komedo hitam lebih mudah terbentuk.

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam yang paling mudah adalah dengan menggunakan kosmetik maupun produk perawatan kulit yang tepat, yakni yang berlebel nonkomedogenik. Produk-produk tersebut dapat meminimalkan timbulnya komedo, bahkan mencegah terjadinya jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Dengan Aman

Bukanlah cara terbaik untuk menghilangkan secara permanen. Plester ini tidak dapat mengangkat komedo sampai ke dalam pori-pori dan tidak akan menghentikan pembentukan komedo.

Cara menghilangkan komedo hitam berikutnya adalah dengan menggunakan masker berbahan tanah liat. Kandungan tanah liat sudah sering ditemukan dalam beberapa produk perawatan kulit dan kosmetik. Hal ini karena tanah liat diketahui efektif untuk menyerap minyak, sisa kotoran, hingga bakteri dan virus yang ada di kulit wajah.

Untuk menghilangkan komedo hitam, Anda cukup mencampurkan masker tanah liat dengan air hangat. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, gunakan masker tanah liat sebanyak 1–2 kali dalam seminggu untuk membantu mengontrol produksi minyak (sebum) berlebih dan mencegah komedo.

Begini Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Hitam Pada Kulit Wajah

Atau arang aktif sudah banyak digunakan sebagai produk perawatan tubuh, mulai dari pasta gigi, sabun, sampo, hingga masker wajah. Arang aktif dipercaya mampu menghilangkan bakteri dan kotoran, membersihkan pori, serta menetralkan kulit wajah dari bahan beracun, sehingga ampuh dijadikan cara menghilangkan komedo hitam.

Meskipun demikian, penggunaan masker berbahan arang aktif sebaiknya disesuaikan dengan aturan pakai di kemasan. Anda juga dianjurkan untuk melakukan tes dengan mengoleskan sedikit masker arang aktif ke wajah terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk melihat apakah masker arang aktif menimbulkan iritasi, pengelupasan kulit, atau reaksi alergi setelah digunakan.

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA). Kedua bahan ini bekerja dengan cara mengelupas lapisan terluar kulit sekaligus membersihkan pori-pori.

Cara Menghilangkan Komedo Yang Membandel Halaman 2

BHA dapat membersihkan pori-pori lebih dalam dari AHA. Selain itu, BHA juga dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan minyak berlebih dengan lebih efektif.

Meski demikian, produk perawatan kulit yang mengandung AHA atau BHA dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan iritasi. Kondisi tersebut salah satunya ditandai dengan kemerahan pada kulit.

Cara

Oleh karena itu, jika Anda ingin menghilangkan komedo hitam dengan menggunakan 2 kandungan tersebut, gunakanlah produk yang memiliki tingkat konsentrasi AHA sebesar 10% atau kurang dan tingkat konsentrasi BHA sebesar 1–2%.

Cara Hilangkan Komedo Hitam Membandel

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam lainnya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung retinoid. Retinoid merupakan turunan vitamin A yang biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit, khususnya untuk antipenuaan. Selain itu, retinoid juga dapat mencegah timbulnya komedo dengan membuka pori-pori yang tersumbat dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Sebelum menggunakan produk yang mengandung retinoid, lakukan tes kulit untuk melihat apakah kandungan tersebut memberikan reaksi alergi terhadap kulit, seperti gatal dan kemerahan. Jika tidak menimbulkan reaksi tersebut, Anda bisa menggunakan retinoid secara bertahap dan perlahan, sesuai dengan anjuran pakai.

Biasanya penggunakan retinoid dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 minggu. Setelah itu, frekuensi pemakaian bisa ditingkatkan secara bertahap menjadi 1–2 kali sehari, tergantung pada reaksi kulit masing-masing.

Tips Mudah Menghilangkan Komedo Dengan Pasta Gigi

Penggunaan retinoid akan merangsang pengelupasan kulit dan membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, Anda wajib melindungi kulit wajah menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Namun, jika Anda adalah wanita yang berencana untuk hamil atau bahkan sedang hamil, sebaiknya jangan menggunakan retinoid tanpa berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, penggunaan retinoid dapat membahayakan tumbuh kembang janin.

Cara

Apabila cara-cara menghilangkan komedo hitam seperti yang sudah disebutkan di atas telah Anda lakukan tetapi komedo hitam tidak juga membaik, konsultasi lebih lanjut dengan dokter kecantikan merupakan pilihan terakhir dan paling efektif. Dokter dapat menyarankan beberapa perawatan untuk Anda, termasuk melakukan ekstraksi komedo.

Masker Komedo Terbaik, Ampuh Angkat Komedo & Bersihkan Pori Pori!

Tahapan awal ekstraksi komedo dilakukan dengan membersihkan kulit. Lalu, kulit akan diuap untuk membuka pori-pori agar proses ekstraksi lebih mudah dilakukan. Dokter kemudian akan melakukan ekstraksi komedo dengan menekan bagian kulit yang berkomedo menggunakan jari yang dibungkus kapas atau tisu, maupun menggunakan alat ekstraksi komedo (komedo ekstraktor).

Komedo hitam memang tidak berbahaya dan terkadang bisa hilang dengan sendirinya, tergantung pada seberapa dalam komedo tumbuh di pori-pori. Namun, komedo hitam yang tumbuh terlalu dalam di kulit memerlukan beberapa penanganan.

Anda sebaiknya tidak memencet komedo sebagai cara menghilangkan komedo hitam. Memencet komedo justru dapat menimbulkan masalah kulit baru, seperti peradangan, iritasi, hingga memperluas pertumbuhan komedo baru karena bakteri yang masuk ke pori-pori.

Dari Produk Skincare Hingga Bahan Alami, Ini Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Di Pinggir Bibir

Bila cara menghilangkan komedo hitam yang sudah disebutkan di atas telah Anda lakukan tetapi komedo tidak kunjung hilang atau membaik, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dengan berkonsultasi, dokter juga akan memeriksa dan memberikan penanganan yang sesuai.– Ternyata cara menghilangkan komedo di hidung pada tulisan ini merupakan cara yang paling manjur dan juga efektif untuk kamu praktekkan.

Sumbatan pada pori-pori wajah kamu dapat menimbulkan komedo yang membandel. Tentu masalah pada kulit ini dapat dialami oleh semua orang dengan semua jenis kulit. Terdapat dua jenis komedo yang harus kamu ketahui, yakni blackhead (komedo hitam) dan whitehead (komedo yang putih).

Begini

Blackheads ini merupakan komedo yang berwarna hitam, karena komedo ini berwarna gelap maka biasanya komedo ini dianggap lebih mengganggu penampilan daripada komedo yang putih.

Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Yang Membandel, Cukup Pakai Bahan Alami Ini, Ampuh

Blackheads sendiri terbentuk akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel-sel kulit wajah yang mati, minyak yang berlebih di wajah atau sebum, serta bakteri yang terperangkap di folikel rambut.

Ketika terjadi suatu oksidasi, maka komedo di bagian luar akan menjadi hitam serta komedo ini biasanya akan muncul di area tubuh yang lebih berminyak daripada area tubuh yang lain. Seperti halnya si hidung, dagu, ataupun punggung.

Jadi wajar saja jika kamu merasakan tidak nyaman dengan adanya blackheads atau komedo hitam di wajah kamu. Namun sebaiknya kamu tidak perlu khawatir akan hal ini, karena ada beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang paling efektif dan harus kamu praktekkan:

Cara Menghilangkan Komedo Hitam (blackhead) Yang Membandel

Cara menghilangkan komedo di hidung yang pertama adalah dengan rajin mencuci muka. Sebenarnya baik komedo hitam maupun komedo putih dapat dengan mudah kamu hilangkan. Asalkan kamu rajin dalam menjaga kebersihan dan juga mampu merawat wajah dengan baik.

Ada baiknya jika kamu mencuci wajah selama dua kali dalam sehari untuk dapat membersihkan kotoran pada kulit kamu. Namun yang perlu diingat adalah terlalu sering mencuci muka juga menjadi suatu hal yang tidak baik karena mampu menyebabkan iritasi pada wajah kamu.

Cara

Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit yang mati dapat mencegah timbulnya berbagai permasalahan pada kulit wajah kamu. Hal ini dikarenakan tumpukan kulit mati selama ini menjadi biang dari kemunculan koedo hitam atau blackheads.

Inilah Cara Ampuh Basmi Komedo Membandel Yang Bikin Minder

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak