Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Jangan khawatir. Pada kebanyakan kasus, sakit tenggorokan bisa diatasi sendiri tanpa perlu pergi ke dokter. Yuk, simak langkah pertolongan pertama apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan

“Sakit tenggorokan biasanya bukanlah masalah serius, tetapi gejala yang ditimbulkannya bisa membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Mulai dari minum air yang banyak, mengonsumsi bahan alami seperti madu, hingga mengonsumsi obat-obatan.”

Infografis

, Jakarta – Sakit tenggorokan adalah masalah kesehatan yang umum yang pernah dialami banyak orang, mungkin kamu termasuk salah satunya. Meskipun bukan masalah serius, tetapi tenggorokan yang terasa gatal, suara serak, dan nyeri setiap kali menelan ludah saat sakit tenggorokan tentu bisa membuat kamu merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Tips Mengobati Sakit Tenggorokan, Salah Satunya Minum Teh Chamomile

Namun, jangan khawatir. Pada kebanyakan kasus, sakit tenggorokan bisa diatasi sendiri tanpa perlu pergi ke dokter. Yuk, simak langkah pertolongan pertama apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan sehingga kamu bisa kembali beraktivitas dengan baik.

Berkumur dengan air garam yang hangat adalah cara alami yang cukup efektif untuk membantu meredakan tenggorokan yang gatal. Selain itu, garam juga bisa menarik lendir keluar dari jaringan yang bengkak dan meradang sehingga bisa mengurangi ketidaknyamanan pada tenggorokan kamu.

Cara membuatnya, campurkan ¼ sampai ½ sendok teh garam dengan 100–200 mililiter air hangat, lalu aduk hingga garam larut. Kemudian, berkumurlah dengan larutan tersebut selama beberapa detik, lalu keluarkan. Ulangi cara ini beberapa kali setiap hari.

Ini 11 Obat Radang Tenggorokan Untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas mengandung mentol, bahan yang bisa menenangkan jaringan di tenggorokan kamu dengan lembut. Itulah mengapa menghisap pelega tenggorokan bisa memberi kamu kelegaan sementara dari sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan. Dalam keadaan darurat, permen biasa juga memiliki efek yang sama.

Permen dan obat batuk bisa meningkatkan produksi air liur kamu, sehingga membantu menjaga tenggorokan kamu tetap lembap. Namun, kedua hal tersebut tidak akan meredakan sakit tenggorokan seefektif dan selama permen pelega tenggorokan. Jadi, kamu mungkin perlu mengonsumsinya berulang kali. Ingat, hindari memberikan permen pelega tenggorokan dan obat batuk pada anak-anak karena bisa membuatnya tersedak.

, penyebab sebagian besar sakit tenggorokan adalah virus. Jadi, masalah kesehatan tersebut tidak bisa diobati dengan antibiotik, karena obat tersebut hanya bermanfaat untuk membunuh bakteri.

Kapan Perlu Menggunakan Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, cobalah untuk menikmati secangkir teh hangat yang dicampur dengan madu. Cara ini sangat membantu untuk menenangkan tenggorokan kamu yang sedang teriritasi. Teh juga bisa membuat kamu tetap terhidrasi yang penting untuk mengobati sakit tenggorokan. Pilihlah teh hijau yang berfungsi sebagai antibakteri, pereda nyeri, dan sumber antioksidan yang baik dan membantu mengurangi peradangan.

Langkah

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci penting untuk mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya, ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh kamu tidak bisa menghasilkan air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap secara alami. Hal itu bisa memperburuk pembengkakan dan peradangan. Jadi, minumlah banyak cairan agar kamu bisa cepat sembuh dari masalah kesehatan yang mengganggu tersebut.

Selain air putih, teh hangat dan sup hangat juga merupakan pilihan minuman yang baik. Namun, hindari meminum teh panas dan sup panas karena bisa memperparah sakit tenggorokan.

Begini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat

Menghirup uap saat mandi dengan air hangat bisa membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tenggorokan. Cara lain selain mandi air hangat yang juga bisa kamu lakukan adalah rebus air dalam panci selama 30 menit untuk meningkatkan kelembapan di rumah kamu. Lalu tambahkan satu sendok makan salep mentol ke dalam air mendidih untuk menghasilkan udara dengan aroma mentol dekongestan.

Bila cara-cara di atas tidak mampu untuk mengatasi sakit tenggorokan kamu, coba tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi mengenai pengobatan apa yang bisa dilakukan. Kamu bisa menghubungi dokter melalui“Sakit tenggorokan sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain memicu rasa sakit, kondisi juga sering disertai dengan gejala lain. Sakit pada area tenggorokan bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman untuk berbicara maupun menelan makanan atau minuman. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan!“

Cara

, Jakarta – Sakit tenggorokan sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal. Kondisi ini juga bisa muncul sebagai tanda dari penyakit tertentu, seperti alergi atau flu. Umumnya, nyeri bisa terasa pada area tenggorokan. Namun waspadai jika kondisi ini hanya terasa pada salah satu bagian, misalnya pada sisi kiri atau sisi kanan saja.

Cara Tepat Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Bayi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan pada satu sisi, baik kiri maupun kanan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sariawan, abses peritonsillar, postnasal drip, abses gigi, hingga laringitis dan cedera pada tenggorokan. Nyeri yang muncul bisa membuat tidak nyaman dan menyebabkan pengidapnya kesulitan menelan makanan. Lantas, bagaimana cara untuk mencegah sakit tenggorokan?

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan, salah satunya adalah penyakit asam lambung alias GERD. Jika disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka cara terbaik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan menjauhi hal-hal yang bisa memicu kambuhnya penyakit. Contohnya, menghindari sakit tenggorokan karena GERD bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Hal ini berlaku juga untuk nyeri pada tenggorokan yang disebabkan oleh hal lain. Selain sebagai gejala penyakit, sakit tenggorokan juga bisa muncul karena infeksi virus atau bakteri. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan selalu menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bisa membantu menghindari risiko penularan bakteri maupun virus penyebab penyakit.

Tips

Alami Radang Tenggorokan? Begini Cara Mengatasinya!

Kondisi ini biasanya akan disertai dengan gejala lain, seperti sensasi terbakar di tenggorokan, rasa tidak nyaman, kering, dan iritasi di area tenggorokan. Gejala nyeri biasanya akan terasa lebih parah saat menelan atau berbicara, sehingga membuat pengidapnya mungkin akan kesulitan untuk menelan makanan dan minuman. Sakit tenggorokan juga bisa membuat suara pengidapnya menjadi serak.

Ada beberapa tips meredakan gejala sakit tenggorokan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah, termasuk beristirahat yang cukup, berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, banyak minum air putih, serta mengonsumsi makanan sehat. Bagi perokok aktif, disarankan untuk menghindari atau berhenti merokok jika gejala sakit tenggorokan terasa parah.

Pada kondisi yang parah, nyeri pada tenggorokan juga bisa ditangani dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Jika kamu sudah punya resep dari dokter untuk mengatasi kondisi ini, beli obatnya di aplikasi saja. Dengan layanan antar, pesanan obat maupun produk kesehatan yang dibutuhkan akan dikirim segera. Download

Cara Atasi Dahak Di Tenggorokan Tapi Tidak Batuk

Referensi: Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sore Throat. Healthline. Diakses pada 2021. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. Healthline. Diakses pada 2021. Why Does My Throat Hurt on One Side?

Cara

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak