Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ngorok Suami

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ngorok Suami

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ngorok Suami

Meskipun suami sangat perhatian dan humoris, beberapa waktu yang lalu saya sangat membencinya! Ia selalu membuat saya terbangun di malam hari karena suka sekali mendengkur dan saya nggak tahu bagaimana cara mengatasi ngorok yang rutin dihasilkan setiap malam.

Suatu malam saat dengkurannya makin memburuk, saya pernah memukul wajahnya saat ia sedang lelap tertur. Hampir setiap hari kami berdua kesulitan untuk terlelap di malam hari (saya tak tahan mendengar ia mendengkur, sementara ia selalu tak sengaja saya tendang) dan kami akan terbangun dengan perasaan marah satu sama lain.

Cara

Nggak perlu ilmu tinggi untuk memahami bahwa kebiasaan buruk saat tur – termasuk mendengkur keras – dapat merusak hubungan Anda dengan pasangan. Bahkan banyak sekali penelitian ilmiah yang mendukung argumen ini.

Tips Tidur Nyenyak Bersama Pasangan Mendengkur, Jangan Fokus Terhadap Suara Itu Hingga Ubah Posisi

National Sleep Foundation poll, menemukan 50% dari partisipan yang berisiko mengalami gangguan tur juga memiliki pasangan yang menderita dalam hubungannya karena mendengkur.

Tur dalam kamar terpisah sepertinya akan menjadi pilihan tepat, meskipun bukan solusi terbaik karena tak banyak pasangan yang mau melakukannya. Ya, opsi di atas tadi mungkin akan membuat Anda merasa nyaman dan damai seperti yang memang dibutuhkan, namun juga dapat merusak hubungan 

Mengetahui suami memiliki gangguan tur seperti mendengkur ini, akhirnya membuat saya tak kehabisan akal untuk mencari solusi cara mengatasi ngorok ke ahlinya. Untungnya saya menemukan penyelamat bernama Shelby Harris.

Cara Ampuh Menghilangkan Ngorok Tanpa Efek Samping

Tur menghadap samping akan membantu membuka orofaring suami yang penuh dan sesak. Hal ini juga akan membuat punggung lebih rileks karena sakit yang disebabkan oleh pekerjaan yang tak aktif (terlalu lama duduk di depan komputer).

Bantu suami Bunda untuk menurunkan berat badan dapat mengubah kebiasaannya mendengkur juga, lho! Jika ia memiliki berat berlebih di bagian leher, hal ini akan menghambat jalur pernapasan. Nah, hal inilah yang kemudian menyebabkan dengkuran keras.

Untuk mengatasi persoalan ini, yang harus Bunda lakukan adalah membantu suaminya untuk mengubah gaya hupnya agar menjadi lebih sehat. Kurangi makanan berlemak, perbanyak vitamin dan mineral, juga ajak ia untuk rutin berolahraga, Bunda juga pasti mau kan sama-sama punya gaya hup yang sehat? 

Kenali Beragam Cara Mengatasi Ngorok Yang Mudah

Meskipun kedua cara di atas sudah cukup untuk membuat suami Bunda tak lagi mendengkur, tapi Bunda dan suami juga harus konsultasikan permasalahan ini ke dokter. 

Jika perlu, Bunda bisa merekam suara dengkuran suami Bunda sebagai bukti ketika hendak konsultasikan permasalahan ini ke ahlinya. Mereka kemudian akan menganalisis pola dengkurannya, lalu suami diharuskan untuk menjalani serangkaian tes. 

Dokter kemudian akan menyarankan suami untuk menggunakan alat yang berfungsi untuk menjaga mulutnya agar tetap terbuka ketika ia tertur. Alat ini dapat menahan rahangnya dari bagian bawah hingga ke depan sehingga tak ada lagi hambatan di saluran pernapasan. 

Coba 7 Tips Ini Agar Terhindar Dari Tidur Mendengkur

Saya dan suami mencoba ketiga teknik di atas dan berhasil! Memang untuk menurunkan berat badan, butuh waktu lama namun alat yang diberikan oleh dokter saat terapi itu sangat membantunya mengurangi intensitas dengkurannya. 

Mau suami Bunda berhenti mendengkur? Coba deh ketiga teknik di atas secara bersamaan demi kualitas tur yang maksimal dan perbaikan pada kehupan pernikahan kalian.

-

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Andro.Deteksi Dini Prediabetes Apakah Anda berisiko terkena penyakit diabetes?Lihat lainnyaKalkulator BMI Apakah berat badan Anda sudah ideal?Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari?Lihat lainnya

Bagaimana Caranya Menghilangkan “ngorok”?

HestiDiabetes•5 monthsHi Sobat Sehat, Kenalkan Hello Sehat Asisten Kesehatan (Hello Sehat AI)!    HestiDiabetes•a monthKuis Diabetes Day, Cek Risiko Diabetesmu & Dapatkan Hadiah Menarik Senilai Total Rp. 1 Juta

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan IGD 24 jam dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis profesional untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, di antaranya Tahir Uro-Nefrologi Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Cardiovascular Center, imunisasi pneumonia, dan lain-lain.Lihat lainnyaRumah Sakit St. Carolus (RSSC) Rumah Sakit St. Carolus (RSSC) atau RS Umum Saint Carolus adalah rumah sakit Katolik pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Vikaris Apostolik Batavia (Keuskupan Agung Jakarta). Dengan pertolongan oleh Perkumpulan Perhimpunan St. Carolus Vereeniging (PPSC), rumah sakit ini memiliki visi menjadi mitra kesehatan keluarga tepercaya yang memberikan layanan medis dan keperawatan bertaraf internasional serta didukung dengan teknologi medis & digital efektik sebelum tahun 2025. Fasilitas kesehatan ini terkenal akan pelayanannya yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diraihnya di bidang medis. Beberapa di antaranya adalah mendapat predikat RS sayang bayi, terakreditasi 16 bidang, serta penghargaan sayang ibu dan bayi terbaik di DKI Jakarta. Adapun untuk layanan unggulan di sini meliputi St. Carolus Bone & Joint Centre, St. Carolus Maternity & Child Centre, St. Carolus Uro-Nephrology Center, dan St. Carolus Digestive Centre.Lihat lainnyaMayapada Hospital Tangerang RS Mayapada Tangerang berdiri pada 1 Juni 2008, yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan rawat inap dari ruangan VIP sampai kelas 3, konsultasi dokter umum, klinik dokter spesialis. Selain itu, instalasi laboratorium, instalasi radiologi & CT Scan, dan Instalasi Farmasi dengan jam operasional 24 jam penuh dari Senin sampai Minggu. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Tangerang, di antaranya klinik dokter spesialis, Medical Check Up, seperti skrining otak, skrining nyeri sendi, skrining stroke, skrining saluran cerna, skrining tiroid, dan lain-lain, lalu Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nephrology Center, Cardiovascular Center, Gastrohepatology, Oncology Center, Orthopedic Center, Obstetric and Gynecology Center, sirkumsisi (sunat) anak.Lihat lainnya

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan kesulitan tidur lantaran mendengar pasangannya mendengkur. Lantas, adakah cara untuk menghentikan orang yang kerap ngorok saat tidur?

Bahan Alami Untuk Mengurangi Dengkuran Saat Tidur

Penyebab ngorok adalah adanya udara yang melewati tenggorokan saat berada dalam kondisi rileks. Jaringan di sekitar tenggorokan pun bergetar sehingga menimbulkan suara yang disebut ngorok.

Hindari tidur telentang, sebab posisi tidur ini akan membuat pangkal lidah terdorong ke belakang dan menimbulkan getaran. Jika terpaksa, posisikan kepala Anda setidaknya 10 cm lebih tinggi dari punggung.

Cara

Pilihlah posisi tidur miring karena ini akan mendorong lidah Anda menjauhi tenggorokan. Tempatkan bantal atau ganjalan lainnya pada punggung agar posisi Anda tidak berubah-ubah.

Cara Menghilangkan Ngorok Dengan Mudah Saat Tidur

Bantal merupakan salah satu benda yang mudah terkontaminasi alergen (zat pemicu alergi). Anda yang mengidap alergi debu perlu hati-hati karena benda ini akan berada dekat di hidung selama Anda tidur.

Reaksi alergi akan menyumbat hidung Anda sehingga menyebabkan gangguan pernapasan hingga sesak napas. Alhasil, alergen seperti debu membuat Anda memiliki kebiasaan ngorok.

Udara yang kering dapat mengiritasi selaput lendir pada hidung dan tenggorokan Anda. Jika hal itu terjadi, bagian dalam hidung dapat membengkak dan menghambat pernapasan.

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

Pria memiliki saluran udara yang lebih sempit dibandingkan wanita. Selain itu, pria juga memiliki kelenjar tiroid yang lebih besar. Kondisi tersebut membuat pria lebih sering mendengkur daripada wanita.

Minum alkohol akan membuat otot-otot pada tubuh Anda mengendur, termasuk otot tenggorokan. Otot yang rileks tersebut akan mendorong lidah Anda ke belakang tenggorokan dan menimbulkan dengkuran.

-

Efek yang sama mungkin juga Anda dapat saat minum obat tidur. Bila masalah dengkuran Anda berkaitan dengan obat-obatan, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk menemukan alternatifnya.

Cara Jitu Menghilangkan Ngorok Dengan Bawang Putih, Kasih Tahu Suami Biar Dimakan Sebelum Tidur

White noise dapat berasal dari suara kipas angin, embusan AC, musik klasik, atau sumber lainnya yang mengeluarkan suara yang konstan dan teratur.

Dengkuran juga bisa diakibatkan oleh tersumbatnya hidung atau saluran pernapasan. Inilah mengapa orang yang tidak pernah mendengkur dapat melakukannya saat hidung tersumbat.

Selain dengan mengatur asupan makanan, jangan lupa untuk mengimbangi upaya penurunan berat badan dengan olahraga. Pasalnya, olahraga juga bisa mengencangkan berbagai otot termasuk otot di tenggorokan.

Cara Menghilangkan Ngorok, Kebiasaan Yang Sangat Mengganggu!

Namun, apabila suara dengkuran makin berkepanjangan atau bahkan sudah mengganggu orang yang mendengkur itu sendiri, ini bisa menjadi ciri-ciri suatu penyakit, salah satunya obstructive sleep apnea.

Oleh karena itu, jika cara di atas tidak berhasil menghentikan dengkuran saat tidur, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusinya.

-

How to stop snoring. (2022, December 5). HelpGuide.org. Retrieved 26 December 2022 from https://www.helpguide.org/articles/sleep/snoring-tips-to-help-you-and-your-partner-sleep-better.htm . You snoring could be an allergic reaction. (2019, May 13). Otolaryngologists in OKC | OKOA. Retrieved 26 December 2022 from https://www.okoa.org/articles/you-snoring-could-be-an-allergic-reaction . Cushner,  K. (2022, October 5). Best mattress for snoring. Sleep Foundation. Retrieved 26 December 2022 from https://www.sleepfoundation.org/best-mattress/best-mattress-for-snoring . Does a white noise machine drown out snoring? (n.d.). NoisyWorld. Retrieved 26 December 2022 from https://noisyworld.org/white-noise-machine-snoring/ . Summer,  J. (2022, October 7). White noise. Sleep Foundation. Retrieved 26 December 2022 from https://www.sleepfoundation.org/noise-and-sleep/white-noise .

Dokter Ingatkan, Ngorok Bukan Tanda Tidur Nyenyak

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak