Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

“Dahak di tenggorokan tapi tidak batuk biasanya dipicu oleh infeksi saluran pernapasan atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Gangguan ini dapat diatasi dengan banyak minum, madu dan berkumur air garam. ✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

, Jakarta – Dahak biasanya disertai dengan batuk dan merupakan gejala dari gangguan kesehatan, seperti alergi atau flu. Namun, jika tubuh memproduksi dahak tanpa batuk, ini bisa jadi pertanda penyakit lain.

CARA

Kemungkinan pemicu munculnya dahak di tenggorokan tapi tidak batuk, yakni iritasi akibat paparan polusi dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu, penyakit paru, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Tanpa Obat, Mudah Dan Efektif

Adanya dahak di tenggorokan tapi tidak batuk bisa kamu atasi menggunakan langkah sederhana. Di antaranya, banyak minum air putih, mengonsumsi madu, mandi air hangat, berkumur air garam dan minum air rebusan jahe.

Saat menemukan dahak di tenggorokan, sebaiknya kamu banyak minum air putih. Jumlahnya berkisar lebih dari 2 liter per hari. Langkah ini efektif mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Selanjutnya, minum air hangat dan campurkan dengan madu. Langkah ini mampu meringankan gejala sakit tenggorokan karena penumpukan dahak. Namun, hindari pada anak di bawah 1 tahun karena bisa menyebabkan botulisme (keracunan).

Selain Obat, Ini 5 Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan

Menghirup uap saat mandi menggunakan air hangat efektif mengencerkan dan dahak. Uap hangat bekerja dengan melembapkan saluran pernapasan dan melebarkan jalan napas. Jadi, lendir dahak lebih mudah dikeluarkan.

Berkumur dengan air garam efektif meredakan gejala penumpukan dahak seperti sakit tenggorokan. Di dalamnya mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mengusir bakteri atau virus penyebab dahak.

Jenis teh seperti peppermint, chamomile, rosela atau lavender efektif mengencerkan dahak dan meredakan sakit tenggorokan. Caranya dengan menyeduh teh dengan air hangat, lalu mengonsumsinya sebelum tidur.

Cara Alami Menghilangkan Dahak Dan Batuk Tanpa Obat

Air jahe mengandung antiinflamasi dan antioksidatif yang dapat mengusir zat asing atau radikal bebas penyebab munculnya dahak di tenggorokan. Di dalamnya juga terdapat gingerol yang bekerja dengan mengencerkan dahak.

Lemon bersifat antioksidan dan antiradang yang dapat membantu mengatasi penumpukan dahak akibat infeksi di saluran pernapasan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menambahkan air atau irisan lemon ke dalam air hangat atau teh.

Cabai mengandung zat capsaicin yang berkhasiat mengencerkan lendir di tenggorokan, sehingga mudah dikeluarkan. Namun, hindari penggunaannya terlalu banyak agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Mudah

Dapat mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi di saluran pernapasan. Adapun jenis minyak esensial yang dapat membantu, yakni eucalyptus, rosemary, peppermint, oregano dan thyme.

Jika cara di atas tidak dapat mengusir dahak di tenggorokan, silakan buat janji untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan. Dapatkan juga lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan men

Referensi: Healthline. Diakses pada 2022. What Causes Excess Mucus in Your Throat and What to Do About It. Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Phlegm: Tips, Home Remedies, and Medications to Try.Saat bayi sedang batuk pilek berdahak, tentu ia akan jadi rewel dan sulit tidur nyenyak, ya. Bagaimana sih cara mengeluarkan dahak pada bayi secara alami ala rumahan?

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Yang Aman Dilakukan

Ketika itu terjadi, tubuh bayi menghasilkan lendir lebih banyak di hidung dan saluran udara untuk 'menjebak' dan menghilangkan iritan ini. Paparan udara kering dan kondisi cuaca lainnya juga dapat memicu produksi lendir berlebih dan jadi tersumbat.

Bayi juga lebih mungkin mengalami hidung tersumbat daripada anak berusia lebih tua karena saluran hidungnya masih kecil.  Meski begitu, dahak pada bayi bisa dikeluarkan dengan berbagai cara.

Dahak merupakan benda kental dan lengket yang menggantung di belakang tenggorokan ketika bayi terserang sakit. Namun, pada kenyataannya dahak selalu ada di sepanjang waktu.

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami

Lendir yang lengket ini bisa menjebak debu, alergen, dan virus. Saat Si Kecil sehat, lendirnya tipis dan kurang terlihat. Namun, ketika mereka sakit atau terpapar terlalu banyak partikel, dahak bisa menjadi kental dan lebih terlihat karena menjebak zat asing ini.

Tidak semua hidung tersumbat, pilek, dan batuk, membutuhkan perawatan ekstra. Kalau bayi masih aktif dan makan serta minum dengan normal, tidak apa-apa untuk tidak melakukan tindakan, Bunda.

Kalau Bunda memiliki anak yang lebih besar, jangan berikan obat batuk dan pilek kepada anak di bawah usia 4 tahun, ya. Anak usia antara 4 dan 6 tahun juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mendapatkan obat.

Cara Mengeluarkan Dahak Batuk Secara Alami Dan Medis

Dahak adalah bagian sehat dari sistem pernapasan, Bunda. Namun, ketika dahak mengental dan membuat Si Kecil tidak nyaman, tentu Bunda harus mengeluarkannya.

-

Bayi lebih mudah terkena pilek dan hidung tersumbat daripada anak yang lebih besar karena beberapa alasan, Bunda. Saluran hidung yang lebih kecil pada bayi tentu membuatnya tersumbat dengan cepat.

Kuman atau apapun yang mengiritasi saluran udara halus bayi akan memicu tubuh untuk membuat lendir dan dahak ekstra. Ini dimaksudkan untuk membantu menjebak dan melindungi bayi dari apapun yang mengganggu di bagian dalam hidung dan tenggorokannya.

Cara Mengeluarkan Dahak Di Tenggorokan Dengan Cepat

Jenis lendir yang dimiliki bayi dan warnanya dapat menandakan bahwa bayi sedang dalam keadaan sehat, Bunda. Tak hanya itu, perubahan warna pada lendir bayi juga bisa menandakan bayi sedang dalam keadaan yang tidak sehat.

Dahak yang berlebihan atau kental dari waktu ke waktu biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Bunda mungkin juga akan melihat bayi memiliki dahak ketika memiliki alergi musiman atau dehidrasi.

Jika dahak membuat bayi tidak nyaman dan terus berulang, Bunda mungkin perlu membawanya ke dokter. Terlebih jika Si Kecil memiliki kondisi kesehatan seperti berikut ini:

Tips Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Jika bayi tampak tidak nyaman karena batuk pilek dan hidungnya tersumbat, Bunda perlu tahu cara mengeluarkan dahak pada bayi berikut ini seperti dilansir berbagai sumber:

Saat bayi sedang hidung tersumbat, ia tetap perlu mendapatkan cukup cairan terutama dari air susu ibu (ASI) atau air putih jika sudah berusia di atas 6 bulan. 

Bunda juga bisa menggunakan alat sedot cairan khusus anak, yang terbuat dari bahan karet dan berbentuk seperti balon. Gunakan secara perlahan di bagian hidung saat dahak dan lendir bayi sedang terlihat cukup banyak.

Cara Mengeluarkan Lendir Pada Bayi Baru Lahir, Mudah Tanpa Obat!

Biasanya saat cuaca sedang dingin, dahak di saluran napas bayi menjadi lebih kental dan semakin sulit dikeluarkan. Ini pun bisa membuat bayi jadi gelisah. Maka dari itu, pastikan tubuh bayi tetap hangat.

Bunda bisa memandikan bayi dengan air hangat. Setelah itu, pakaikan baju panjang yang berbahan lembut. Jangan lupa pastikan untuk menjaga suhu kamar tidak terlalu dingin untuk bayi.

Cara

Ketika bayi sedang digendong, atur agar posisi lehernya tetap tinggi. Namun saat berbaring, Bunda bisa meletakkan kain di bawah kepala sekitar leher bayi agar ia bisa bernapas dengan nyaman.

Cara Mengencerkan Dahak Anak Secara Alami Dan Cepat

Siapkan wadah berisi air panas di ruangan yang tertutup agar uapnya dapat dihirup bayi. Hal ini dapat melegakan pernapasannya. Bunda dapat menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

Dokter spesialis anak, dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SpA, mengatakan dahak bayi secara otomatis bisa keluar bersama muntah. Jadi, jangan kaget jika Si Kecil tiba-tiba muntah dan mengeluarkan dahak ya, Bunda.

Jika dahak di saluran napasnya sudah menumpuk, dengan ditepuk-tepuk punggungnya maka dahak akan mudah keluar. Namun, jika dahak mengencer dan masuk ke saluran pencernaan, ia akan terbuang melalui feses.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Dengan Mudah Dan Efektif

Jangan lupa berikan bayi makan tetap secara teratur agar tubuhnya tetap terhidrasi dan berenergi selama sakit. Berikan makanan yang hangat dan berkuah, seperti sup kaldu.

Bayi juga akan merasa lebih nyaman ketika ia digendong dan dipeluk, sehingga dapat membantu istirahatnya lebih nyaman saat sedang batuk pilek. Bunda dapat juga memberikan tepukan lembut di punggungnya.

Menurut dr Meta Hanindita, SpA, dalam bukunya,  Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun,  salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi adalah tidur dalam posisi tengkurap. 

Cara Mengeluarkan Dahak Di Dada, Paru Paru & Tenggorokan

Baringkan bayi dengan posisi tengkurap di pangkuan. Posisikan kepala bayi supaya lebih rendah daripada kaki, lalu tepuk lembut punggung bayi, ujar dr Meta.

Jika perlu, gunakan beberapa tetes minyak esensial sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi. Salah satu aroma yang bisa dipilih untuk mengatasi saluran napas tersumbat yakni eucalyptus atau kayu putih.

Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi lainnya yakni memastikan kondisinya sudah encer. Selain dengan cukup minum, Bunda juga bisa menjemur bayi dengan sinar matahari pagi. Lakukan sekitar pukul 8 pagi, selama 10-15 menit.

Cara

Tips Menghilangkan Lendir Pada Bayi

Jika lendir tersebut terlalu kental, ini bisa menghalangi pernapasan dan terkadang menjadi tanda penyakit. Perhatikan juga warna lendir pada dahak bayi, karena warna lendir juga merupakan indikasi penyakit yang diderita Si Kecil.

,  penyedotan yang terlalu banyak hanya akan memicu produksi ingusnya. Maka dari itu, lakukan seperlunya dan jangan dipaksakan karena justru bisa membuat bayi semakin tidak nyaman.

Daun sirih dalam kondisi hangat kemudian ditempelkan ke dada dan punggung bayi. Biarkan hangat dari daun sirih membantu proses pengenceran dan pengeluaran dahak secara alami.

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami, Tenggorokan Jadi Plong

Bunda seringkali pasti kebingungan jika SI Kecil tengah mengalami batuk berdahak. Napasnya yang terhalang dahak pasti membuat Bunda khawatir dan bertanya-tanya apakah tidak apa-apa jika dahak itu tertelan Si Kecil?

Dr. Mira Dewita, Sp.A, Spesialis Anak di RS Hermina, Jatinegara menjelaskan bahwa pada usianya, bayi belum mampu mengeluarkan dahak sendiri. Sehingga ia menyarankan Bunda untuk memberikan banyak cairan untuk mengencerkan dahak bayi.

“Misalnya bayi dalam kondisi batuk pilek, berarti kita berikan cairan lebih banyak. Jadi artinya jika bayinya ASI eksklusif, bisa berikan ASI. Pemberian cairan itu bisa membantu dalam mengencerkan reak bayi. Jadi reaknya lebih gampang keluar” ujar Mira pada tim

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami Dan Dengan Bantuan Obat

“Memang bayi belum bisa mengeluarkan reak. Jadi biasanya reak itu akan dia telan, nanti bisa dia muntahkan, atau dicerna jadi kotorannya, ” jelas dr. Mira.

Baik menelan maupun memuntahkan dahak, keduanya adalah cara yang normal untuk Si Kecil mengeluarkan dahaknya. Bunda tidak perlu khawatir lagi jika dahak Si Kecil tertelan, karena dahak itu akan masuk ke pencernaan dan keluar lewat fesesnya.

Bunda, beberapa waktu yang lalu cukup viral di TikTok video beberapa orang mengeluarkan dahak dan sinus dengan cara memasukkan beberapa suing bawang putih ke hidungnya.  Sebelum mencobanya, pastikan dulu yuk keamanannya.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi, Terbukti Ampuh!

Ketika pilek dan hidung tersumbat, hidung memang memproduksi banyak lendir dan semua lendir itu menumpuk di hidung,

Cara

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak