Tips Dan Cara Bagaimana Membersihkan Luka Bekas Operasi

Tips Dan Cara Bagaimana Membersihkan Luka Bekas Operasi

Tips Dan Cara Bagaimana Membersihkan Luka Bekas Operasi

Bagi Mama yang telah melahirkan bayi selamat! Setelah ini akan banyak hal yang perlu Mama perhatikan, termasuk merawat luka persalinan. Pada kali ini kami akan membahas hanya luka operasi caesar. Sama dengan luka operasi lainnya, luka operasi caesar perlu dirawat dengan baik agar pertumbuhan jaringannya menjadi optimal dan supaya tidak terjadi infeksi. Lalu bagaimana cara merawat luka operasi caesar yang benar dirumah? Di dalam artikel ini, kami akan membahas poin-poin sebagai berikut:

Operasi caesar merupakan operasi yang dilakukan pada daerah perut Mama dengan cara membuat sayatan pada perut dan rahim agar bayi Mama dapat dilahirkan. Operasi ini merupakan sebuah operasi besar yang memiliki beberapa risiko, sehingga hanya dilakukan sesuai indikasi1 dan apabila kelebihan yang didapatkan lebih banyak daripada kekurangannya.

Luka

Saat operasi caesar, dokter akan membuat sebuah sayatan yang berukuran kurang lebih 10-20 cm panjangnya. Sayatan tersebut dapat dibuat secara horizontal, maupun secara vertikal.

Ask The Expert

Setelah operasi selesai dan Mama pulang, ada banyak hal yang harus Mama perhatikan agar luka tersebut terawat dengan benar. Beberapa hal yang Mama perlu lakukan adalah:

Istirahatlah secukupnya karena Mama memerlukan waktu untuk mengurus bayi Mama yang baru lahir dan diri Mama sendiri yang memerlukan pemulihan baik secara fisik maupun secara mental.

Luka operasi caesar awalnya akan ditutup dengan perban. Mama perlu memperhatikan apabila ada cairan yang rembes pada perban tersebut. Bila Mama merasa rembesannya cukup banyak, jangan ragu untuk menghubungi tenaga kesehatan untuk memeriksa luka tersebut dan mengganti perban yang baru.

Cara Menghilangkan Keloid Bekas Operasi Caesar

Setelah perban dari luka operasi caesar dibuka, mama perlu menjaga luka tersebut agar tetap kering.3 Hal ini bertujuan agar luka tersebut tidak terinfeksi. Kurang lebih 1 minggu setelah operasi Mama mungkin merasakan gatal pada luka operasi caesar tersebut. Tapi Mama tidak perlu khawatir, karena itu merupakan tanda bahwa luka tersebut sudah mulai untuk sembuh. Seiring dengan waktu, bekas luka tersebut akan memudar.

Seperti poini pertama, sudah dijelaskan bahwa Mama memerlukan istirahat yang cukup dalam 6 minggu pertama. Aktivitas ringan boleh dilakukan, tetapi aktivitas yang berat seperti mengangkat benda berat, berolahraga intensif, bahkan berhubungan intim perlu dihindari.

Aktivitas-aktivitas tersebut dapat meningkatkan tekanan perut Mama, yang meningkatkan beban pada luka operasi. Ini menyebabkan luka operasi lebih lama untuk sembuh, bahkan dapat membuat luka tersebut terbuka kembali.

Penanganan Luka Operasi Caesar Yang Bernanah Agar Cepat Kering

Pertumbuhan jaringan memerlukan gizi dan cairan yang cukup. Mama perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya tinggi protein dan minum untuk memenuhi cairan tubuh yang cukup.

Semua luka operasi memiliki risiko terjadinya sebuah infeksi. Mama perlu waspada dan mengetahui gejala infeksi agar luka tersebut dapat ditangani dengan cepat sehingga tidak timbul komplikasi. Beberapa tanda infeksi yang perlu diperhatikan Mama adalah mengalami demam tinggi, luka yang berwarna merah, membengkak, atau keluar cairan.2–5 Selain tanda infeksi, Mama perlu menghubungi dokter bila Mama merasakan:

Setelah bayi Mama dilahirkan, sistem imunnya sudah berkembang untuk membantunya mencegah terjadinya infeksi oleh kuman-kuman. Namun dari penelitian didapatkan bahwa bayi Mama yang dilahirkan secara operasi caesar dapat memiliki sistem imun yang lebih lemah dibandingkan dengan yang dilahirkan secara persalinan normal. Hal ini dikarenakan pada saat persalinan secara normal akan terjadi paparan microbiota dari Mama ke bayi sehingga peristiwa itu memicu perkembangan sistem imun bayi.

Bagaimana

Jahitan Operasi Robek, Ketahui Faktor Risiko Dan Cara Mengatasinya

Operasi caesar merupakan suatu operasi yang besar. Luka dari operasi caesar perlu dirawat dengan benar untuk mencegah terjadinya infeksi dan komplikasi lainnya. Selain itu Mama juga perlu merawat diri sendiri dengan baik seperti mendapatkan istirahat dan makan minum yang cukup untuk membantu proses pemulihan luka operasi caesar Mama. Jika Mama merasa luka operasinya terinfeksi atau menjumpai hal lain yang disebutkan diatas, Mama dapat menghubungi dokter atau tenaga medis segera.

Itulah informasi seputar operasi caesar dan biaya operasi caesar. Sebelumnya, selama proses kehamilan, ada baiknya jika Mama memanfaatkan toolsTes Potensi Caesaruntuk mengetahui metode kelahiran yang tepat, termasuk besar potensi Mama melahirkan Caesar.

Selama kehamilan, bantu juga lengkapi nutrisi Mama dan janin denganLactamil Pregnasisdengan Dual Nutrition dan Dual Benefit, nutrisi makro sebagai sumber protein, karbohidrat, dan lemak, serta nutrisi mikro dengan 13 vitamin dan 7 mineral.Deteksi Dini Prediabetes Apakah Anda berisiko terkena penyakit diabetes?Lihat lainnyaKalkulator BMI Apakah berat badan Anda sudah ideal?Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari?Lihat lainnya

Perawat Luka Ke Rumah: Jenis Luka Dan Biayanya

HestiDiabetes•5 monthsHi Sobat Sehat, Kenalkan Hello Sehat Asisten Kesehatan (Hello Sehat AI)!    HestiDiabetes•a monthKuis Diabetes Day, Cek Risiko Diabetesmu & Dapatkan Hadiah Menarik Senilai Total Rp. 1 Juta

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan IGD 24 jam dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis profesional untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, di antaranya Tahir Uro-Nefrologi Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Cardiovascular Center, imunisasi pneumonia, dan lain-lain.Lihat lainnyaRumah Sakit St. Carolus (RSSC) Rumah Sakit St. Carolus (RSSC) atau RS Umum Saint Carolus adalah rumah sakit Katolik pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Vikaris Apostolik Batavia (Keuskupan Agung Jakarta). Dengan pertolongan oleh Perkumpulan Perhimpunan St. Carolus Vereeniging (PPSC), rumah sakit ini memiliki visi menjadi mitra kesehatan keluarga tepercaya yang memberikan layanan medis dan keperawatan bertaraf internasional serta didukung dengan teknologi medis & digital efektik sebelum tahun 2025. Fasilitas kesehatan ini terkenal akan pelayanannya yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diraihnya di bidang medis. Beberapa di antaranya adalah mendapat predikat RS sayang bayi, terakreditasi 16 bidang, serta penghargaan sayang ibu dan bayi terbaik di DKI Jakarta. Adapun untuk layanan unggulan di sini meliputi St. Carolus Bone & Joint Centre, St. Carolus Maternity & Child Centre, St. Carolus Uro-Nephrology Center, dan St. Carolus Digestive Centre.Lihat lainnyaMayapada Hospital Tangerang RS Mayapada Tangerang berdiri pada 1 Juni 2008, yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan rawat inap dari ruangan VIP sampai kelas 3, konsultasi dokter umum, klinik dokter spesialis. Selain itu, instalasi laboratorium, instalasi radiologi & CT Scan, dan Instalasi Farmasi dengan jam operasional 24 jam penuh dari Senin sampai Minggu. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Tangerang, di antaranya klinik dokter spesialis, Medical Check Up, seperti skrining otak, skrining nyeri sendi, skrining stroke, skrining saluran cerna, skrining tiroid, dan lain-lain, lalu Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nephrology Center, Cardiovascular Center, Gastrohepatology, Oncology Center, Orthopedic Center, Obstetric and Gynecology Center, sirkumsisi (sunat) anak.Lihat lainnya

Cara

Anda yang baru saja menjalani operasi pasti bertanya-tanya, kapan jahitan atau perban penutup luka operasi bisa dilepas. Hal ini berbeda-beda pada setiap orang. Namun, luka operasi akan semakin cepat sembuh jika dirawat dengan cara yang tepat. Mungkin Anda bingung bagaimana cara merawat luka jahitan operasi yang benar. Selain itu, takut jika luka operasi justru mengalami infeksi atau perdarahan.

Tips Menghilangkan Stretchmark Pasca Operasi Caesar

Jika Anda masih dirawat di dalam ruang perawatan, maka Anda tak perlu khawatir memikirkan bagaimana merawat luka jahitan operasi dengan tepat. Sebab, biasanya tim medis Anda akan secara berkala memeriksa dan mengganti perban luka jahitan agar tidak mengalami infeksi. Lalu bagaimana jika Anda sudah diperbolehkan pulang? Jangan cemas, Anda bisa mengikuti cara-cara ini agar luka jahitan operasi terawat dengan baik dan cepat sembuh.

Tidak ada salahnya jika Anda selalu memerhatikan bagaimana perawat atau dokter merawat luka jahitan operasi Anda ketika masih di rumah sakit. Hal ini akan membuat Anda tahu mana ciri-ciri luka operasi yang baik dan tidak. Dari situ, Anda juga bisa menilai, mana yang baik untuk dilakukan ketika mengganti dan merawat luka jahitan operasi.

Anda harus menjaga dan merawat luka jahitan agar tidak terkena infeksi. Untuk itu, pastikan bahwa area di sekitar luka operasi Anda selalu bersih. Jangan lupa untuk sering-sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah selesai beraktivitas.

Langkah Tepat Dan Mudah Merawat Luka Operasi Di Rumah

Luka operasi biasanya tidak boleh basah atau terkena air sedikit saja, hingga luka kering dan sembuh. Karena itu, ketika Anda mandi, pastikan bahwa luka jahitan Anda telah dilindungi agar tidak terkena air.

-

Perhatikan luka jahitan Anda. Jika memang Anda tidak dapat mengganti perban luka jahitan operasi sendiri, Anda harus sering-sering datang ke pelayanan kesehatan terdekat untuk mengganti perbannya.

Anda bisa lihat dari luar, apakah di permukaan perban terdapat bercak merah atau kuning. Bila salah satu bercak ini terlihat pada perban luka jahitan Anda, maka mungkin saja Anda mengalami perdarahan atau luka menjadi bernanah. Segera cari bantuan medis untuk mencegah infeksi atau perdarahan bertambah parah. 

Cara Perawatan Luka Jahitan Pasca Operasi Usus Buntu Halaman 1

Bukan tidak mungkin, jahitan luka operasi terbuka sewaktu Anda sudah di rumah. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terbukanya jahitan luka operasi. Perhatikan langkah-langkah pencegahan berikut ini. 

Verywell. (2017). Prevent Infection With Proper Incision Care After Sugery. [online] Available at: https://www.verywell.com/caring-for-your-incision-after-surgery-3156824  [Accessed 16 Aug. 2017]. Verywell. (2017). Learn How to Care For Your Incision After Surgery. [online] Available at: https://www.verywell.com/how-to-care-for-a-surgical-incision-3156925  [Accessed 16 Aug. 2017].  Setiap wanita yang melalui persalinan dengan operasi caesar akan memiliki luka operasi caesar. Luka ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan membutuhkan waktu pemulihan yang tidak sebentar. Namun, dengan perawatan yang tepat, luka tersebut dapat pulih dengan cepat.

Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi caesar, ada banyak hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan. Baik dari segi biaya, risiko, dan hal-hal yang mungkin terjadi setelah operasi caesar, seperti munculnya luka operasi caesar.

Cara

Perawatan Luka Jahitan Agar Tetap Aman

Luka operasi caesar atau bekas jahitan dari operasi ini perlu dirawat dengan cara yang tepat, supaya proses pemulihan bisa berjalan dengan cepat. Dengan begitu, kamu dapat lebih nyaman merawat Si Kecil.

Seperti yang diketahui, saat operasi caesar, dokter akan membuat sayatan di perut sang ibu untuk mengeluarkan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak