Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Kemaluan Pria Tradisional

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Kemaluan Pria Tradisional

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Kemaluan Pria Tradisional

KOMPAS.com - Gatal di kemaluan tidak hanya terjadi pada perempuan, tetapi juga pada pria. Khusus untuk pria, rasa gatal tidak hanya dapat timbul di daerah kemaluan saja, tetapi juga bisa dirasakan pada penis.

Gatal pada penis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri seperti yang terjadi pada penyakit-penyakit menular seksual. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit lain. Berikut tujuh penyebab yang sering menyebabkan penis gatal:

Penyebab

Herpes genital termasuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex. Selain gatal di daerah kemaluan, herpes juga dapat menyebabkan rasa gatal pada penis. Virus herpes seringkali dorman di dalam tubuh dan gejala seringkali muncul saat daya tahan tubuh sedang lemah.

Cara Tepat Mengatasi Kutu Kemaluan

Lichen nitidus adalah radang sel kulit yang bisa terjadi pada bagian kulit mana saja, termasuk penis. Salah satu gejala penyakit ini adalah munculnya benjolan-benjolan kecil yang bisa menyebabkan gatal.

Jamur Kandida sering menginfeksi kepala penis sehingga menyebabkan gatal yang dirasakan di bawah kulit (pada pria yang belum disunat) atau di ujung penis.

Kutil pada penis tampak seperti kembang kol yang warnanya sama dengan kulit. Penyebabnya adalah Human Papillomavirus (HPV). Kutil pada penis dapat menyebabkan rasa gatal, dan kadang bisa berdarah saat bersenggama.

Pria Hati Hati, Gatal Di Area Selangkangan Bisa Karena Hal Ini!

Psoriasis adalah kelainan akibat penyakit autoimun yang dapat terjadi di seluruh bagian kulit, termasuk kulit penis. Reaksi autoimun menyebabkan pertumbuhan kulit yang cepat sehingga sel kulit menumpuk. Psoriasis tampak seperti daerah kemerahan bersisik pada kulit yang gatal.

Kudis adalah penyakit kulit menular yang diakibatkan oleh tungau yang sering menginfeksi daerah lipatan kulit yang lembap. Tungau berjalan di bawah kulit, membuat terowongan-terowongan kecil. Hal inilah yang menyebabkan gatal, terutama di malam hari.

Dermatitis kontak adalah radang pada kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat yang mengiritasi. Dermatitis kontak pada penis dapat disebabkan oleh alergi sabun mandi ataupun sabun cuci, bahan pakaian dalam, parfum, dan lain-lain.

Penyebab Gatal Pada Kemaluan Dan Pengobatannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram Kompas.com News Update, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait Apakah Ukuran Penis Memengaruhi Kesuburan Pria?Apa yang Membuat Pria Punya Penis Kecil?6 Penyebab Umum Penis Berwarna Keunguan5 Hal Tak Terduga yang Bisa Menyebabkan Penis MengecilKapan Penis Mulai Tumbuh, dan Kapan Berhenti?

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.Kalkulator BMI Hitung BMI Anda dan cari tahu apakah berat Anda sudah ideal.Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Hitung di sini!Lihat lainnyaGrafik Pertumbuhan Anak Pertumbuhan anak bisa berbeda-beda. Grafik pertumbuhan hanya membantu menghitung rata-rata dari data yang diberikan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil penilaian si Kecil selama pertumbuhannya baik.Lihat lainnya

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kemaluan Yang Gatal

Adventist Medical Center Bacolod Adventist Medical Center-Bacolod (formerly Bacolod Sanitarium and Hospital) is a private tertiary hospital located in the southern heart of the city of Bacolod, in Negros Occidental, Philippines. Granted as a 170-bed capacity of the Department of Health, it rose from its humble beginnings in December 8, 1966. It envisions to become “the premier center of healthcare in the Negros Province, ” as it delivers its mission of “Extending the healing ministry of Christ to everyone. “Lihat lainnyaAdventist Medical Center Manila As you step into Adventist Medical Center Manila, you become a part of its 85 years of caring experience. Travel back to sometime in July 1929, and imagine yourself standing at the corner of Vermont St. (now Julio Nakpil St.) and Indiana St. in Malate, Manila. You see a ten - bed clinic - that was how AdventistMed looked like when it started; and was fondly remembered throughout the years by its old name - Manila Sanitarium and Hospital.Lihat lainnyaAlbay Medical Specialists' Clinic Lihat lainnya

DrewPregnancy•2 yearsIngat mga moms. If you think you are experiencing depression, ...HelloDoctorDiabetes•a yearPagkain para sa Gestational Diabetes: Heto ang Dapat mong KaininLanie SeneraParenting•a yearLahat ba ng buntis ay dapat magpa BPS ultrasound? HelloDoctorDiabetes•a yearMaagang Sintomas Ng Diabetes Na Dapat Mong Malaman

Penyebab

Cara mengatasi gatal pada kemaluan pria tergantung pada penyebabnya. Bukan hanya penyakit kelamin, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa masalah lain seperti di bawah ini. 

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Miss V Secara Alami

Ini merupakan peradangan kronis yang menyerang kulit, kuku, lapisan mulut, dan bahkan penis pada pria. Gejala utamanya yakni kemunculan bintik-bintik berwarna merah keunguan.

Psoriasis merupakan kelainan kulit kronis akibat pertumbuhan sel kulit yang terlalu cepat. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa gatal, bercak merah, dan kulit bersisik.

Juga dikenal dengan istilah scabies, penyakit kulit akibat infeksi tungau Sarcoptes scabiei ini menyebabkan rasa gatal pada area lipatan kulit, termasuk di sekitar penis dan area kemaluan pria.

Doc) Cara Mengatasi Penis Bengkak Serta Gatal Dan Ngilu Ketika Menegang.docx

Balanitis merupakan pembengkakan, nyeri, atau iritasi pada kulit dan kepala penis. Kondisi ini lebih banyak dialami pria yang tidak disunat dan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus, maupun parasit.

Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang lebih sering atau kesulitan buang air kecil. Beberapa orang juga mengeluarkan darah dalam urine atau air maninya.

Mengenal

Respons pertama Anda saat merasakan gatal pada penis mungkin adalah menggaruk. Akan tetapi, cara ini kurang tepat karena kulit penis justru bisa terluka bila Anda menggaruknya dengan kasar.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Kulit Yang Tak Kunjung Sembuh

Kompres dingin bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat dermatitis kontak, kudis, rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam, dan peradangan pada area kemaluan.

Mengutip laman Healthdirect Australia, cara kompres dingin yang aman ialah dengan membalut es batu menggunakan lap bersih, lalu tempelkan pada area kulit yang gatal.

Penggunaan sabun juga dapat menjadi penyebab kulit penis kering dan gatal. Untuk mengatasinya, hentikan sementara pemakaian sabun saat Anda membersihkan area kelamin.

Ini Penyebab Gatal Pada Kemaluan Dan Cara Mengatasinya

Anda dapat menggunakan pelembap alami seperti gel lidah buaya untuk meredakan gatal akibat iritasi. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang gatal hingga rasa gatal berkurang.

Penis bisa terasa gatal karena area di sekitar selangkangan lembap akibat keringat. Hal ini akan memicu pertumbuhan jamur di sekitar area tersebut.

Jangan

Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan obat antijamur. Selain itu, Anda juga harus menjaga area penis dan selangkangan tetap kering agar jamur tidak tumbuh kembali.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita Secara Alami

Perlu diingat, obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter harus digunakan sesuai anjuran supaya bisa bekerja secara efektif dan tidak menimbulkan efek samping tertentu.

Gesekan antara penis dengan pakaian bisa menyebabkan iritasi dan lambat laun menimbulkan rasa gatal. Guna mengatasinya, Anda dapat mengoleskan pelembap secara rutin.

Walaupun bisa ditangani secara alami dan dengan obat medis yang tersedia di apotek, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila rasa gatal di penis tidak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah. 

Macam Obat Untuk Kelamin Bengkak Sakit Dan Gatal Di Apo

Penis injury, swelling or pain. (2023). Healthdirect Australia. Retrieved 24 May 2023, from https://www.healthdirect.gov.au/penis-swelling-and-injury Lichen nitidus. (2023). DermNet. Retrieved 24 May 2023, from https://dermnetnz.org/topics/lichen-nitidus Lichen planus – Symptoms and causes. (2023). Mayo Clinic. Retrieved 24 May 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lichen-planus/symptoms-causes/syc-20351378 Genital thrush in males. (2023). Healthdirect Australia. Retrieved 24 May 2023, from https://www.healthdirect.gov.au/genital-thrush-in-males Balanitis. (2023). Healthdirect Australia. Retrieved 24 May 2023, from https://www.healthdirect.gov.au/balanitis Ingrown hair – Symptoms and causes. (2023). Mayo Clinic. Retrieved 24 May 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-hair/symptoms-causes/syc-20373893 Genital warts – Symptoms and causes. (2023). Mayo Clinic. Retrieved 24 May 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-warts/symptoms-causes/syc-20355234 Penis care. (2023). Healthdirect Australia. Retrieved 24 May 2023, from https://www.healthdirect.gov.au/penis-care

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak