Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Demam Flu Pada Ibu Hamil

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Demam Flu Pada Ibu Hamil

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Demam Flu Pada Ibu Hamil

Dokter selalu mengatakan, “jika kamu sakit, maka beristirahatlah di rumah”. Tips ini sangat ampuh untuk Anda dan keluarga yang ingin menghindari penyebaran penyakit. Hal terakhir yang ingin Anda alami adalah Anda dan seluruh keluarga sakit flu. Meskipun tidak ada cara yang pasti dalam mencegah flu, setidaknya Anda kini bisa mencegah diri Anda dan keluarga dari flu. Berikut tipsnya:

Ini adalah alasan lain untuk berhenti merokok, karena rokok bisa melemahkan daya tahan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa perokok lebih sering terkena flu daripada yang bukan perokok. Asap rokok bisa mengeringkan saluran hidung dan merusak silia (rambut halus yang berfungsi untuk menyaring kuman yang masuk ke hidung). Bahkan berdekatan dengan perokok juga bisa meningkatkan risiko terkena flu dan demam.

Cara

Singkirkan vitamin dan makanlah salad. Mengkonsumsi sayuran hijau membantu Anda memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah flu. Bahan kimia yang terdapat pada tanaman memberikan Anda vitamin dan nutrisi yang tidak bisa disediakan oleh vitamin buatan. Semakin berwarna sayuran, akan semakin kaya antioksidannya. Jadi, mulailah mengkonsumsi sayuran dan buah yang berwarna hijau, merah dan kuning.

Cara Menurunkan Panas Anak Dengan Bawang Merah

Membersihkan tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air hangat, merupakan cara cuci tangan yang tepat. Jika tidak ada sabun, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol. Terutama ketika sebelum makan, setelah batuk, dan bersin. Karena kita tidak tahu berapa banyak kontaminasi kuman pada tangan kita. Cucilah tangan dengan teratur menggunakan Sabun Cuci Tangan Cair untuk membunuh kuman yang terdapat di tangan Anda. Mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman, meskipun bukan dalam musim flu.

Penelitian membuktikan bahwa bakteri flu dan demam bisa menetap di permukaan benda selama 8 jam. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan benda setiap harinya. Yang perlu dibersihkan adalah pegangan pintu, peranti tablet, permukaan dapur, meja nakas, dan seluruh benda yang sering Anda gunakan. Jangan lupakan telfon genggam Anda. Gunakan desinfektan untuk mengusap permukaan di rumah Anda yang sering Anda gunakan secara rutin untuk mencegah kuman

Pastikan Anda menutup hidung dan mulut ketika bersin, dan ajarkan anak Anda untuk melakukan hal ini. Anda bisa menggunakan tisu, tapi jika tidak ada tisu di sekitar Anda, dokter merekomendasikan untuk menutup mulut Anda pada saat bersin dengan menggunakan siku tangan atau pakaian. Bakteri bisa hidup di telapak tangan Anda selama 3 jam. Jika Anda menutup mulut Anda pada saat bersin dengan menggunakan siku tangan atau pakaian, penyebaran cairan yang mengandung kuman pada saat bersin bisa berkurang karena siku merupakan bagian tubuh yang jarang terkena permukaan di rumah Anda.

Cara Menyembuhkan Pilek Dan Flu Dengan Cepat

Flu dan demam biasanya terjadi pada musim hujan, terutama di dalam ruangan tanpa sirkulasi udara sehingga menjadi sarang kuman. Bukalah jendela, karena jendela Anda dibuat untuk menghalangi cahaya UV dari matahari, dan biarkan udara segar masuk ke dalam rumah meskipun udara dingin akan masuk ke dalam rumah Anda. Cahaya matahari mampu membunuh virus, bakteri, dan jenis kuman yang lain.

Berbagi handuk, dan gelas yang terdapat di toilet merupakan medium penularan kuman penyebab penyakit flu. Oleh karena itu cobalah untuk menggunakan produk sekali pakai selama seminggu jika di rumah ada yang flu. Gunakan Tisu Basah Antibakteri, tisu dan gelas sekali pakai sampai penderita flu sembuh total.Ketika penyakit menyerang, penderita bisa merasakan gejala flu seperti demam, badan panas dingin, sakit kepala, nyeri otot, pegal-pegal, hidung tersumbat, pilek, batuk kering, atau sakit tenggorokan.

Dalam kondisi seperti ini, penderita sebaiknya tidak banyak beraktivitas. Selain itu, coba beberapa cara mengatasi flu secara alami yang praktis di rumah berikut ini.

Jangan Panik! Intip Tips Tangani Anak Saat Demam Hingga Batuk Pilek

Ketika tidur, gunakan posisi setengah duduk dengan sandaran bantal yang tinggi. Dengan begitu, napas jadi lebih lancar dan gejala hidung tersumbat atau pilek tidak semakin memburuk.

Cara

Lendir encer pun jadi lebih mudah dikeluarkan dari tubuh lewat ingus atau dahak. Apabila tidak dikeluarkan, lendir bisa menumpuk di paru-paru dan memicu infeksi.

, Anda bisa minum banyak air putih. Atau, minum wedang hangat seperti wedang jahe, teh herbal tanpa kafein seperti chamomile, atau perasan lemon yang diberi sedikit madu.

Tips Mengatasi Batuk Pilek Dan Demam Pada Anak

Apabila tidak dikeluarkan, lendir bisa menumpuk di saluran pernapasan atas. Namun, jika Anda mengeluarkan ingus terlalu kencang, kuman dan cairan bisa sampai ke dekat saluran telinga dan memicu infeksi di sana.

Cara mengeluarkan ingus dengan tepat yakni tiup hidung perlahan-lahan, lalu tekan salah satu lubang hidung dengan jari, dan keluarkan ingus pelan-pelan. Jika sudah selesai, ganti sisi hidung sebelahnya.

Ini

Cara mengatasi flu secara alami dengan air garam cukup mudah. Campurkan setengah sendok garam dengan satu gelas air hangat. Aduk rata, lalu gunakan untuk berkumur selama 10 sampai 30 detik.

Bagaimana Cara Mengobati Pilek Di Rumah?

Pastikan Anda makan makanan yang bergizi tinggi saat flu, terutama makan makanan yang bisa membantu melawan infeksi. Di antaranya pisang, jambu, wortel, lobak, brokoli, serta bawang putih.

Anda juga bisa menyeruput kuah kaldu yang dibumbui bawang putih. Masakan ini bisa membantu melawan infeksi, melegakan pernapasan, membuat tenggorokan nyaman, dan membantu meredakan hidung tersumbat.

Beberapa jenis minyak esensial atau minyak atsiri juga bisa digunakan sebagai obat flu alami. Di antaranya minyak kayu manis, peppermint, kayu putih, lemon, atau thyme.

Cara

Penting Disimak, Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Flu Dan Batuk Di Cuaca Yang Tidak Menentu

Gunakan minyak esensial sesuai petunjuk penggunaan. Caranya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial di atas dengan minyak pengencer seperti zaitun. Lalu, balurkan ke beberapa bagian tubuh.

Jika beragam cara mengatasi flu secara alami di atas sudah dijajal tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, segera konsultasi ke dokter. Terutama jika gejala flu disertai:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram Kompas.com News Update, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cara Mengatasi Flu Pada Anak Agar Cepat Sembuh, Cegah Secepat Mungkin

Berita Terkait 7 Obat Flu Alami yang Praktis dan Efektif Mengatasi Sakit8 Cara Mengatasi Flu dengan Cepat8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh10 Obat Batuk Berdahak Alami ala Rumahan5 Obat Batuk Anak Alami yang Aman dan Praktis

Cara

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak