Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Dahak Pada Anak 1 Tahun

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Dahak Pada Anak 1 Tahun

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Dahak Pada Anak 1 Tahun

Dahak menjadi salah satu hal yang paling sering membuat bayi tak nyaman dan rewel. Mereka pun jadi sulit untuk tidur dengan nyenyak. Nah, bagaimana cara menghilangkan dahak pada bayi usia 0-6 bulan?

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa dahak terjadi ketika ada peningkatan lendir di saluran napas bayi. Dampaknya mereka jadi sulit bernapas. Dikutip dari

Cara

Selain itu, gejala lain adanya dahak termasuk juga seperti saat pilek dan batuk. Misalnya, bersin-bersin, batuk lebih sering, nafsu makan atau menyusu berkurang, sulit tidur, dan hidung tersumbat.

Bayi Batuk Berdahak? Ini Yang Perlu Moms Perhatikan!

Dahak yang berlebihan atau kental dari waktu ke waktu biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Bunda mungkin juga akan melihat bayi memiliki dahak ketika memiliki alergi musiman atau dehidrasi.

Jika dahak membuat bayi tidak nyaman dan terus berulang, Bunda mungkin perlu membawanya ke dokter. Terlebih jika bayi memiliki riwayat asma, alergi, bronkitis kronis, atau penyakit paru lainnya.

Pada bayi usia 0-6 bulan, pemberian obat sembarangan tanpa resep dokter tidak dianjurkan ya, Bunda. Oleh sebab itu, cara menghilangkan dahak pada bayi sebaiknya dilakukan dengan metode alami dan rumahan.

Tips Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Aman

Saat ini sudah tersedia alat sedot dahak khusus untuk bayi, yang terbuat dari bahan karet dan berbentuk seperti balon. Gunakan secara perlahan di bagian hidung bayi ketika dahak dan lendirnya cukup banyak.

Pilih alat sedot yang berkualitas baik dan pastikan bayi merasa nyaman saat Bunda menggunakan alat ini. Ingat, hindari menyedot lendir secara langsung dengan menggunakan mulut ya, Bunda. Cara ini dikhawatirkan justru dapat menjadi sarana perpindahan kuman dan bakteri lainnya.

Produksi lendir berlebih pada bayi rentan terjadi ketika cuaca sedang dingin. Akibatnya, dahak di saluran napas bayi jadi lebih kental dan sulit dikeluarkan dibanding biasanya.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Usia 0

Jangan lupa pastikan tubuh bayi mendapat cukup kehangatan dalam situasi ini. Misalnya, Bunda dapat memandikan si Kecil dalam air hangat, kemudian memakaikan pakaian panjang lembut. Jika memungkinkan, pastikan juga suhu kamar tidur bayi tidak terlalu dingin ya, Bunda.

Guna membantu mengeluarkan dahak pada bayi, sekaligus memberikan rasa nyaman, berikan pijatan ringan pada tubuhnya. Supaya lebih hangat, gunakan minyak telon saat memijat ya, Bunda. 

Beberapa bagian tubuh bayi yang dapat Bunda pijat misalnya di dada, punggung, perut, lengan, dan kaki. Lakukan sebelum tidur untuk membantu membuat tubuhnya hangat dan bayi pun bisa tidur lebih nyenyak.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Secara Alami Dan Aman Tanpa Obat

Jika dahak di saluran napasnya sudah menumpuk, dengan ditepuk-tepuk punggungnya maka dahak akan mudah keluar. Namun jika dahak mengencer dan masuk ke saluran pencernaan, ia akan terbuang melalui feses.

Salah satu cara menghilangkan dahak pada bayi 0-6 bulan lainnya yakni memastikan kondisinya sudah encer. Selain memastikan bayi cukup minum, hal ini juga bisa didapat dengan cara menjemur bayi dengan sinar matahari pagi.

Lakukan kegiatan berjemur sekitar pukul 8 pagi, selama 10-15 menit. Jangan lupa pastikan kondisi udara bersih, bebas asap, dan debu ya, Bunda. 

Jangan Sampai Salah, 5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Yang Cepat Dan Efektif

Humidifier bisa Bunda manfaatkan agar kelembapan di kamar tidur bayi yang sedang batuk pilek tetap terjaga. Jika perlu, gunakan beberapa tetes minyak esensial sebagai cara menghilangkan dahak pada bayi. 

Cara

Atau kayu putih. Minyak esensial ini dapat digunakan pada humidifier atau saat Bunda menerapkan teknik uap dengan meletakkan wadah berisi air panas di dalam kamar bayi.

Salah satu cara menghilangkan dahak pada bayi 0-6 lainnya yakni memperbanyak asupan cairan, misalnya dari air susu ibu (ASI) atau susu formula. Pada bayi usia 6 bulan, Bunda juga bisa memberikan tambahan minum air putih secukupnya.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Tanpa Obat, Sederhana Dan Mudah Dilakukan

Demikian ulasan tentang berbagai cara menghilangkan dahak pada bayi. Jangan lupa juga untuk memastikan sirkulasi udara di rumah lancar dan bebas debu. Hindari juga bayi dari paparan asap rokok, asap knalpot, atau bulu-bulu dari hewan peliharaan karena rentan meningkatkan risiko alergi pada bayi.

Parenting 7 Obat Batuk untuk Bayi 9 Bulan yang Aman dan Ampuh Parenting 13 Obat Batuk Alami untuk Bayi, Mudah Ditemukan & Ada di Rumah Parenting 7 Obat Batuk Herbal dan Alami untuk Bayi, Utamakan Kenyamanan Si Kecil Ya Parenting 6 Cara Merawat Gigi Bayi 6-12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Parenting Yuk, Simak Saran Dokter Sebelum Memijat Bayi 7 Foto Parenting Intip 7 Potret Wajah Bayi Para Artis saat Baru Lahir di Rumah SakitHidung tersumbat dan tenggorokan berdahak dapat terjadi pada bayi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari virus, alergi, hingga paparan debu dan asap.

Tidak seperti anak-anak dan orang dewasa, bayi belum memiliki kemampuan untuk mengeluarkan lendir dari hidung maupun tenggorokannya. Akibatnya tidak jarang bayi dengan kondisi ini menjadi rewel, kesulitan tidur, dan kesulitan makan. Oleh karena itu, orang tua harus menyadari kondisi tersebut dan mengetahui cara yang benar dalam memberikan penanganan pertama.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Baru Lahir Paling Aman

Melansir Healthline, lendir yang terbentuk dalam jumlah banyak di saluran pernapasan dapat menyebabkan bayi merasa sesak atau bahkan tersedak. Ini bisa dikenali dengan mengecek kecepatan napas bayi.

Normalnya, rata-rata bayi mengambil napas sebanyak 40 kali per menit. Selain gejala tersebut, hidung tersumbat juga bisa dikenali lewat munculnya dengkuran, batuk, dan mengi. Namun, jika bayi ternyata bernapas lebih dari 60 kali per menit dan tampak kesulitan bernapas segera bawa ke ruang gawat darurat.

-

Setiap orang memiliki lendir yang terdapat pada saluran pernapasan. Lendir atau mukus yang ada di saluran pernapasan membantu menjaga hidung, mulut, dan tenggorokan tetap lembab dan lembut.

Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi Secara Alami

Lendir juga berfungsi untuk mencegah kuman masuk ke dalam organ tubuh lainnya. Namun, ada beberapa situasi yang dapat menyebabkan produksi lendir berlebih di saluran pernapasan.

Lendir atau cairan ekstra di hidung dan tenggorokkan biasanya terjadi akibat tubuh melawan komponen asing, dapat berupa virus maupun polusi udara. Lendir berlebih itu kemudian menyumbat hidung dan tenggorokkan sebagai ingus dan dahak.

Namun, orang tua tetap disarankan memperoleh keterangan dari dokter terkait kondisi bayi sebelum melakukan upaya mengatasi hidung tersumbat dan dahak. Hal ini dilakukan untuk mencegah bayi memperoleh penanganan yang salah atau penanganan terlambat terkait kondisinya.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Alami, Tanpa Obat Dan Mudah Dilakukan

Atau alat sedot ingus elektronik dapat digunakan untuk menghisap lendir berlebih, pada hidung. Alat ini membantu lendir berlebih di hidung terhisap dan mencegahnya mengiritasi tenggorokan maupun saluran pernapasan lain.

Atau aktifkan mode penghisap pada alat elektronik hingga lendir terhisap. Lepaskan alat kemudian bersihkan sekeliling hidung. Ulangi selama beberapa kali ketika gejala tersumbat mulai terlihat.

Penggunaan alat sedot ingus terlalu sering dapat meningkatkan risiko iritasi pada bayi. Oleh karena itu, pastikan alat tersebut distrerilkan sebelum digunakan dan selalu dibersihkan setelah dipakai.

Cara

Ada Dahak Pada Bayi, Lakukan 4 Cara Ampuh Ini Untuk Mengeluarkannya

Merupakan salah satu cara yang sering dilakukan untuk membersihkan lendir dari hidung bayi. Melansir WebMD cara ini juga menjadi salah satu cara teraman dan produknya dapat diperoleh tanpa resep.

Penggunaan saline nasal sendiri cukup mudah, yaitu dengan meneteskan dua tetes cairan saline nasal ke setiap lubang hidung. Cairan garam tersebut berfungsi untuk melonggarkan lendir di dalam hidung.

Uap dari air hangat dapat membantu melegakan hidung dan tenggorokan bayi. Sediakan air hangat di dalam bak, lalu gunakan untuk memandikan bayi seperti biasa selama 10 hingga 15 menit. Pastikan pintu kamar mandi ditutup agar uap bertahan dan dapat dihirup oleh bayi.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Yang Ampuh

Oleh karena itu, pastikan bayi memperoleh asupan ASI atau susu formula yang cukup. Kendati demikian, jangan memaksakan bayi untuk minum terlalu banyak.

Atur posisi tidur bayi sudut kepalanya lebih tinggi dari kaki. Cara ini dapat membantu mengalirkan lendir dari sinus secara alami. Namun, jika bayi masih berusia di bawah 24 bulan dan masih tidur di dalam boks hindari melakukan cara ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak