Tips Dan Cara Bagaimana Hilangkan Ngantuk Di Tempat Kerja

Tips Dan Cara Bagaimana Hilangkan Ngantuk Di Tempat Kerja

Tips Dan Cara Bagaimana Hilangkan Ngantuk Di Tempat Kerja

Perhatikan saja rekan kerja atau teman sekelas di kampus. Biasanya, memasuki jam setelah makan siang, mata menjadi sedikit berair akibat menguap. Jika sudah begitu, rasanya berbagai cara menghilangkan rasa ngantuk segera ingin dicoba.

Kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Cara

Sehingga, jangan heran jika setelah minum kopi, banyak orang yang akan merasa fokus serta kemampuan berpikirnya meningkat. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Dengan Mudah, Bikin Tubuh Kembali Segar Dan Prima

Tidur siang tidak harus selama 3 atau 4 jam. Cukup dengan tidur saar istirahat siang selama 15-30 menit, kita sudah bisa kembali segar. Aktivitas tidur kilat ini, dinamakan

Duduk terlalu lama di satu tempat dan dalam posisi yang sama akan membuat mengantuk. Padahal, inilah yang setiap hari dilakukan oleh para pekerja kantoran.

Untuk menghindari rasa kantuk, kita disarankan untuk sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain agar darah bisa mengalir dengan baik. Setelah itu, dijamin tubuh akan terasa lebih segar dan rasa kantuk berkurang.

Tanpa Kopi! Ini Dia 9 Cara Menahan Ngantuk Yang Sehat Dan Ampuh

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat mengantuk. Jadi, saat makan siang, dibanding nasi padang, sebaiknya pilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan.

Jika memungkinkan, bukalah penutup jendela kantor dan biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Sinar matahari akan menambah energi serta meningkatkan fokus kita.

Salah satu hal yang membuat rasa kantuk menyerang adalah sunyinya suasana ruang kerja. Sehingga, salah satu cara mengusir rasa ngantuk yang efektif adalah dengan mendengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat. Musik tersebut bisa “membangunkan” otak.

Tips Hilangkan Rasa Ngantuk Di Tempat Kerja, Minum Kopi Hingga Lakukan Peregangan

Apabila sudah benar-benar mengantuk, kita bisa menyiramkan sedikit air ke wajah, terutama air dingin. Suhu dingin yang menyentuh wajah, efektif menghilangkan rasa ngantuk.

Terkadang, rasa kantuk datang saat kita sedang tidak terlalu banyak tugas. Untuk menghindari kantuk berlebih, kita dapat mengisi waktu luang saat jam kerja dengan menyicil pekerjaan untuk esok hari.

Ngobrol dengan teman sekantor juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk yang menyenangkan. Apabila ada keperluan, kamu dapat berjalan ke meja rekan kerja, dibanding hanya mengirim email atau bertukar pesan lewat chat.

Jangan Minum Kopi, Ini 5 Cara Mengatasi Ngantuk Setelah Makan Siang

Atau peregangan di meja kantor juga bisa mengusir kantuk. Peregangan sederhana bisa dilakukan dengan merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil duduk di atas kursi.

Minum air putih yang banyak juga akan menimbulkan keinginan buang air kecil, sehingga kita mau tidak mau bangkit dari kursi dan berjalan ke kamar kecil. Dengan demikian, kantuk pun akan hilang.

Berada di posisi duduk secara terus-menerus bisa membuat paru-paru sulit untuk membesar dan menangkap udara secara maksimal. Hal ini akan membuat tubuh kekurangan oksigen, sehingga merasa ngantuk.

Cara Menghilangkan Ngantuk Dan Lelah Di Tempat Kerja

Menghirup aroma yang kuat seperti aroma minyak kayu putih, lemon, atau daun mint, bisa membuat lebih “melek”. Selain itu, aroma kopi juga bisa memberikan efek yang sama.

Selain cara menghilangkan rasa ngantuk di atas, kita juga dapat melakukan perubahan gaya hidup, agar tubuh terasa lebih segar sepanjang waktu. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar tidak terlalu sering merasa ngantuk.

Melakukan cara menghilangkan rasa ngantuk memang efektif untuk jangka pendek. Namun, alangkah baiknya jika kita juga melakukan langkah yang tepat untuk jangka panjang.

Bukan Cuma Kopi! Simak 12 Cara Menghilangkan Ngantuk Yang Ampuh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram Kompas.com News Update, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait Gampang Mengantuk tetapi Sulit Tidur?Sering Ngorok dan Mengantuk Saat Siang? Waspadai Sleep ApneaKenapa Makan Nasi Putih Bisa Bikin Ngantuk?Kenapa Makan Kekenyangan Bikin Ngantuk?Mengapa Kita Mengantuk Saat Bosan Dengar Pidato?

TIPS

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.Ada banyak cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja. Ini penting untuk diketahui demi menjaga sikap profesional dan mengoptimalkan produktivitas Anda dalam bekerja.

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Siang Hari Tanpa Minum Kopi

Cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja yang perlu Anda terapkan sebenarnya tak luput dari pola aktivitas yang Anda jalani sebelum berangkat kerja dan selama bekerja. Pasalnya, beberapa kebiasaan terbukti efektif dalam meredam munculnya rasa kantuk dan lelah.

Tidur yang cukup di malam hari, memulai hari dengan sarapan, dan mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengurangi munculnya rasa kantuk dan lelah saat bekerja.

Jika Anda telah menerapkan hal tersebut tapi keluhan ngantuk dan lelah tetap muncul, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja, Tetap Fit Seharian!

Duduk terlalu lama bisa memicu munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu di sela-sela waktu bekerja, Anda disarankan untuk berjalan kaki sejenak, entah untuk pergi ke toilet, mengangkat telepon, atau mengunjungi meja rekan kerja untuk mendiskusikan pekerjaan yang sedang dikerjakan bersama.

Melakukan aktivitas seperti ini selama lima menit saja dapat membuat Anda terjaga hingga satu jam setelahnya. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk bangkit dari meja kerja, ya.

Mata lelah dan pikiran yang sumpek karena terus-menerus menatap layar komputer bisa membuat Anda lelah dan mengantuk, atau bahkan merasakan sakit kepala tegang. Jadi, alihkan mata dan perhatian Anda dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Siang Hari, Patut Dicoba!

Rasa kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Untuk itu, saat merasa ngantuk, cobalah untuk mengatur pernapasan Anda kembali. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali.

Dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi air putih yang cukup, yaitu setidaknya 1 gelas besar setiap jamnya.

Cara

Salah satu cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja yang populer adalah mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Kafein memang dapat mengusir rasa kantuk, tapi Anda disarankan untuk mengonsumsi secangkir kopi saja.

Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Di Tempat Kerja Saat Puasa Ramadan

Minum kopi dapat memicu dehidrasi, yang kemudian bisa menambah rasa lelah. Jadi jika ingin minum kopi, pastikan kebutuhan air putih Anda tetap tercukupi. Selain itu, hindari minum kopi di sore hari agar Anda tidak sulit tidur di malam harinya.

Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Pada kondisi ini, makanan ringan dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mengusir rasa kantuk dan lelah.

Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak selama 10–20 menit. Jika tidak memungkinkan atau Anda tidak dapat tidur, pejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja selama 10 menit tanpa distraksi apa pun agar Anda dapat kembali lebih segar.

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Pagi Hari Agar Bersemangat

Cara-cara di atas dapat menghilangkan rasa kantuk dan lelah. Namun, perlu diingat pula bahwa mencukupi kebutuhan tidur harian sangatlah penting. Jadi, pastikan waktu tidur malam Anda tercukupi dan hindari kebiasaan begadang agar tubuh tetap bugar pada keesokan harinya.

Munculnya rasa kantuk secara terus menerus juga bisa menjadi pertanda dari penyakit tertentu. Jika waktu tidur malam Anda telah tercukupi dan cara-cara di atas tidak juga menghilangkan ngantuk dan lelah yang Anda rasakan di tempat kerja, coba periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.Ada banyak cara menghilangkan rasa ngantuk di siang hari. Tidak hanya dengan minum kopi, ada belasan cara lainnya juga efektif untuk membuat Anda kembali segar.

Ada satu kemewahan yang nilainya baru terasa saat kita beranjak semakin dewasa. Kemewahan ini bernama tidur siang. Perhatikan saja rekan kerja atau teman sekelas di kampus. Biasanya, memasuki jam setelah makan siang, mata menjadi sedikit berair akibat menguap. Jika sudah begitu, rasanya berbagai cara menghilangkan rasa ngantuk segera ingin dicoba.

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Tempat Kerja Yang Efektif

Kopi umumnya jadi pilihan pertama. Namun selain minum kopi pu, n banyak langkah yang bisa Anda coba untuk membuat tubuh menjadi lebih segar.

Kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Mengantuk

Sehingga, jangan heran jika setelah minum kopi, banyak orang yang akan merasa fokus serta kemampuan berpikirnya meningkat. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja Atau Belajar

Tidur siang tidak harus selama 3 atau 4 jam. Cukup dengan tidur saar istirahat siang selama 15-30 menit, Anda sudah bisa kembali segar. Aktivitas tidur kilat ini, dinamakan power nap dan memang sudah terbukti bisa kembali mengisi tenaga.

Duduk terlalu lama di satu tempat dan dalam posisi yang sama akan membuat Anda mengantuk. Padahal, inilah yang setiap hari dilakukan oleh para pekerja kantoran.

Untuk menghindari rasa kantuk, Anda disarankan untuk sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain agar darah bisa mengalir dengan baik. Setelah itu, dijamin tubuh akan terasa lebih segar dan rasa kantuk berkurang.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja, Dijamin Berhasil

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat Anda mengantuk. Jadi, saat makan siang, dibanding nasi padang, sebaiknya pilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan.

Jika memungkinkan, bukalah penutup jendela kantor Anda dan biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Sinar matahari akan menambah energi serta meningkatkan fokus Anda.

Salah satu hal yang membuat rasa kantuk menyerang adalah sunyinya suasana ruang kerja. Sehingga, salah satu cara mengusir rasa ngantuk yang efektif adalah dengan mendengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat. Musik tersebut bisa “membangunkan” otak Anda.

Cara Hilangkan Rasa Ngantuk Saat Sedang Bekerja

Apabila sudah benar-benar mengantuk, Anda bisa menyiramkan sedikit air ke wajah, terutama air dingin. Suhu dingin yang menyentuh wajah, efektif menghilangkan rasa ngantuk.

Terkadang, rasa kantuk datang saat Anda sedang tidak terlalu banyak tugas. Untuk menghindari kantuk berlebih, Anda dapat mengisi waktu luang saat jam kerja dengan menyicil pekerjaan untuk esok hari.

Cara

Ngobrol dengan teman sekantor juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk yang menyenangkan. Apabila ada keperluan, Anda dapat berjalan ke meja rekan

Patut Dicoba, 5 Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Belajar Di Kelas

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak