Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Dahak Alami

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Dahak Alami

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Dahak Alami

Dahak menjadi salah satu hal yang paling sering membuat bayi tak nyaman dan rewel. Mereka pun jadi sulit untuk tidur dengan nyenyak. Nah, bagaimana cara menghilangkan dahak pada bayi usia 0-6 bulan?

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa dahak terjadi ketika ada peningkatan lendir di saluran napas bayi. Dampaknya mereka jadi sulit bernapas. Dikutip dari

Cara

Selain itu, gejala lain adanya dahak termasuk juga seperti saat pilek dan batuk. Misalnya, bersin-bersin, batuk lebih sering, nafsu makan atau menyusu berkurang, sulit tidur, dan hidung tersumbat.

Inilah 12 Cara Mengeluarkan Dahak Tenggorokan Dengan Cepat

Dahak yang berlebihan atau kental dari waktu ke waktu biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Bunda mungkin juga akan melihat bayi memiliki dahak ketika memiliki alergi musiman atau dehidrasi.

Jika dahak membuat bayi tidak nyaman dan terus berulang, Bunda mungkin perlu membawanya ke dokter. Terlebih jika bayi memiliki riwayat asma, alergi, bronkitis kronis, atau penyakit paru lainnya.

Pada bayi usia 0-6 bulan, pemberian obat sembarangan tanpa resep dokter tidak dianjurkan ya, Bunda. Oleh sebab itu, cara menghilangkan dahak pada bayi sebaiknya dilakukan dengan metode alami dan rumahan.

Bahan Alami Untuk Mengencerkan Dan Mengeluarkan Dahak

Saat ini sudah tersedia alat sedot dahak khusus untuk bayi, yang terbuat dari bahan karet dan berbentuk seperti balon. Gunakan secara perlahan di bagian hidung bayi ketika dahak dan lendirnya cukup banyak.

Pilih alat sedot yang berkualitas baik dan pastikan bayi merasa nyaman saat Bunda menggunakan alat ini. Ingat, hindari menyedot lendir secara langsung dengan menggunakan mulut ya, Bunda. Cara ini dikhawatirkan justru dapat menjadi sarana perpindahan kuman dan bakteri lainnya.

Produksi lendir berlebih pada bayi rentan terjadi ketika cuaca sedang dingin. Akibatnya, dahak di saluran napas bayi jadi lebih kental dan sulit dikeluarkan dibanding biasanya.

Cara Mengencerkan Dahak Anak Secara Alami Dan Cepat

Jangan lupa pastikan tubuh bayi mendapat cukup kehangatan dalam situasi ini. Misalnya, Bunda dapat memandikan si Kecil dalam air hangat, kemudian memakaikan pakaian panjang lembut. Jika memungkinkan, pastikan juga suhu kamar tidur bayi tidak terlalu dingin ya, Bunda.

Obat

Guna membantu mengeluarkan dahak pada bayi, sekaligus memberikan rasa nyaman, berikan pijatan ringan pada tubuhnya. Supaya lebih hangat, gunakan minyak telon saat memijat ya, Bunda. 

Beberapa bagian tubuh bayi yang dapat Bunda pijat misalnya di dada, punggung, perut, lengan, dan kaki. Lakukan sebelum tidur untuk membantu membuat tubuhnya hangat dan bayi pun bisa tidur lebih nyenyak.

Cara Mengeluarkan Dahak Membandel Secara Alami Dan Mudah Dilakukan

Jika dahak di saluran napasnya sudah menumpuk, dengan ditepuk-tepuk punggungnya maka dahak akan mudah keluar. Namun jika dahak mengencer dan masuk ke saluran pencernaan, ia akan terbuang melalui feses.

Salah satu cara menghilangkan dahak pada bayi 0-6 bulan lainnya yakni memastikan kondisinya sudah encer. Selain memastikan bayi cukup minum, hal ini juga bisa didapat dengan cara menjemur bayi dengan sinar matahari pagi.

Cara

Lakukan kegiatan berjemur sekitar pukul 8 pagi, selama 10-15 menit. Jangan lupa pastikan kondisi udara bersih, bebas asap, dan debu ya, Bunda. 

Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Secara Alami Dengan 5 Tips Ini

Humidifier bisa Bunda manfaatkan agar kelembapan di kamar tidur bayi yang sedang batuk pilek tetap terjaga. Jika perlu, gunakan beberapa tetes minyak esensial sebagai cara menghilangkan dahak pada bayi. 

Atau kayu putih. Minyak esensial ini dapat digunakan pada humidifier atau saat Bunda menerapkan teknik uap dengan meletakkan wadah berisi air panas di dalam kamar bayi.

Salah satu cara menghilangkan dahak pada bayi 0-6 lainnya yakni memperbanyak asupan cairan, misalnya dari air susu ibu (ASI) atau susu formula. Pada bayi usia 6 bulan, Bunda juga bisa memberikan tambahan minum air putih secukupnya.

Cara

Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan

Demikian ulasan tentang berbagai cara menghilangkan dahak pada bayi. Jangan lupa juga untuk memastikan sirkulasi udara di rumah lancar dan bebas debu. Hindari juga bayi dari paparan asap rokok, asap knalpot, atau bulu-bulu dari hewan peliharaan karena rentan meningkatkan risiko alergi pada bayi.

Parenting 7 Obat Batuk untuk Bayi 9 Bulan yang Aman dan Ampuh Parenting 13 Obat Batuk Alami untuk Bayi, Mudah Ditemukan & Ada di Rumah Parenting 7 Obat Batuk Herbal dan Alami untuk Bayi, Utamakan Kenyamanan Si Kecil Ya Parenting 6 Cara Merawat Gigi Bayi 6-12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Parenting Yuk, Simak Saran Dokter Sebelum Memijat Bayi 5 Foto Parenting 5 Potret Reaksi Anak Seleb saat Pertama Kali Lihat Adiknya Lahir, Ada yang Nangis Terharu

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak