Tips Dan Cara Bagaimana Mengurangi Darah Manis

Tips Dan Cara Bagaimana Mengurangi Darah Manis

Tips Dan Cara Bagaimana Mengurangi Darah Manis

Darah manis di kaki biasanya diawali dengan rasa gatal yang menggoda untuk digaruk, sehingga muncul luka. Kondisi yang dapat mengusik penampilan ini dapat diatasi dengan bantuan dari dokter.

Darah manis di kaki tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Namun, dokter meyakini bahwa kondisi yang dalam istilah medis dikenal sebagai prurigo ini terjadi akibat gangguan pada sistem kekebalan tubuh dan saraf di kulit. Gangguan tersebut menyebabkan peningkatan rasa gatal yang memicu keinginan untuk menggaruk kaki.

Darah

Selain itu, memiliki riwayat masalah kulit lain, seperti dermatitis atopik (eksim), dermatitis kontak, psoriasis, dan kudis, juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami darah manis di kaki.

Ramai Twit Kulit Bentol Bentol Disebut Karena Darah Manis, Benarkah?

Darah manis di kaki biasanya dimulai dengan kulit gatal yang intens dan bertahan lama atau datang dalam waktu singkat. Namun, bagi sebagian penderitanya, gejala darah manis di kaki biasa diawali dengan kulit yang terasa perih atau seperti terbakar.

Ketika kulit yang terasa gatal digaruk atau digosok berulang kali, hal ini dapat menyebabkan timbulnya benjolan kecil berwarna merah. Benjolan ini biasanya akan muncul di kaki sekitar 6 minggu setelah kulit terasa gatal atau terbakar.

Jika tidak ditangani, rasa gatal yang hebat akibat darah manis di kaki dapat membuat penderitanya mengalami sulit tidur dan kurang percaya diri. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan yang berkelanjutan untuk mengurangi dan menghentikan rasa gatal.

Alami Prurigo Saat Masa Kehamilan? Jangan Panik, Ini Tips Mengatasinya

Dokter biasanya dapat langsung mengetahui pasien menderita darah manis hanya dengan melihat ruam atau benjolan di kulit. Namun, kondisi ini terkadang bisa disalahartikan sebagai kondisi kulit gatal lainnya. Untuk memastikan darah manis di kaki, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan fisik hingga penunjang.

Salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan oleh dokter adalah biopsi kulit. Tes ini dilakukan dengan cara mengambil jaringan kulit dari tubuh sebagai sampel untuk diperiksa di laboratorium. Setelah mendapatkan hasilnya, dokter akan memberikan beberapa penanganan untuk mengobati dan meringankan gejala yang timbul akibat darah manis, antara lain:

Salep atau krim antigatal diberikan untuk meredakan gatal akibat darah manis di kaki. Dokter dapat merekomendasikan beberapa salep atau krim yang mengandung emolien, mentol, fenol, pramoksin, atau capsaicin.

Prurigo: Obat, Penyebab, Gejala, Dll.

Apabila salep atau krim antigatal tidak dapat mengatasi gatal, dokter juga akan meresepkan obat calcipotriol, pimecrolimus, tacrolimus, atau clobetasol. Obat-obatan ini akan meredakan peradangan penyebab ruam dan gatal pada penderita darah manis di kaki.

Selain meresepkan salep atau krim di atas, dokter juga dapat meresepkan obat minum untuk meringankan gatal dan ruam akibat peradangan pada penderita darah manis di kaki. Beberapa obat tersebut meliputi kortikosteroid, antihistamin, dan imunosupresan.

Benjolan yang pecah akibat digaruk terkadang menimbulkan bintik-bintik hitam yang sulit hilang. Jika hal ini terjadi, dokter dapat merekomendasikan fototerapi (terapi cahaya) untuk mengatasinya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Atau Darah Manis?

Fototerapi dilakukan dengan cara memaparkan sinar ultraviolet (UV) secara langsung pada kulit yang menghitam. Dengan begitu, bekas luka akibat darah manis di kaki dapat hilang sepenuhnya.

. Perawatan ini dilakukan dengan cara mengoleskan zat yang sangat dingin, seperti nitrogen cair, ke benjolan atau kulit yang terasa gatal. Dengan begitu, rasa gatal akibat darah manis di kaki dapat teratasi dan benjolan pun berkurang.

Selain melakukan perawatan di atas, penderita juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk meredakan keluhan dan mempercepat penyembuhan darah manis di kaki:

Tips Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Dan Mudah

Jika Anda mengalami beberapa keluhan yang menyerupai gejala darah manis di kaki, terlebih bila gejala mulai mengganggu penampilan, periksakanlah ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan kondisi darah manis di kaki pun dapat cepat teratasi.YOGYAKARTA - Prurigo dalam dunia medis adalah istilah untuk menyebutkan darah manis. Namun sebagian orang masih belum tahu apa itu darah manis. Kondisi ini biasanya terjadi disebabkan oleh masalah pada sistem imun dan saraf pada kulit.

Apa

Seorang pengidap darah manis biasanya mengalami rasa gatal yang ekstrem, disertai ruam dengan benjolan keras. Garukan keras pada bagian yang gatal akan mengakibatkan bekas luka kehitaman. Bekas luka tersebut biasanya sulit hilang dan membuat pengidapnya tampak memiliki koreng.

Darah manis bisa terjadi pada siapa saja, dari berbagai kalangan usia. Namun kondisi ini biasanya dialami oleh orang tua berusia separuh baya dan lansia. Lantas apa penyebab darah manis dan bagaimana cara mengatasinya?

Darah Manis Penyebab Bekas Luka Susah Hilang, Begini Mengatasinya

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab darah manis. Para pakar menduga penyebab dari kondisi tersebut adalah adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh dan saraf kulit yang memunculkan rasa sangat gatal.

Darah manis biasanya akan tampak setelah pengidapnya menggaruk area kulit yang gatal secara terus-terusan, hingga mengakibatkan luka lecet. Rasa gatal akan semakin berkepanjangan karena saraf-saraf kulit menjadi semakin sensitif saat digaruk. Ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab prurigo atau darah manis.

Gigitan serangga akan menimbulkan rasa gatal yang bisa memicu keinginan untuk menggaruk terus menerus. Gigitan nyamuk atau serangga lainnya biasanya tidak akan langsung hilang atau bisa bertahan cukup lama. Bagian gatal yang digaruk secara berlebihan akan menyebabkan infeksi yang lebih parah hingga menciptakan bekas luka pada kulit.

Atasi 'darah Manis' Pada Si Kecil, Bukan Makanan Pahit Solusinya

Saat stres, sebagian orang cenderung memiliki keinginan untuk menggaruk kulit yang gatal. Stres membuat seseorang tidak bisa mengontrol diri mereka dan tidak fokus, sehingga tidak sadar ketika menggaruk kulit secara terus menerus. Akibatnya, garukan tersebut justru mengakibatkan terjadinya infeksi pada kulit.

Berdasarkan British Association of Dermatology, sekitar 80 persen orang yang mengidap darah manis umumnya memiliki kondisi penyakit lain, seperti eksim, asma, dermatitis, demam, herpetiformis, dan gangguan kesehatan lainnya. Namun hal ini masih bersifat atopik atau tidak diketahui hubungannya secara detail.

Darah

Ada sejumlah treatment yang dianjurkan untuk mengatasi darah manis. Tujuan dari pengobatan prurigo adalah untuk memutus rasa gatal dan kebiasaan menggaruk. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, menyesuaikan dengan kasus gatal yang berbeda-beda pada setiap orang.

Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Untuk mengobati gatal akibat darah manis, dokter dapat menyarankan obat oles atau krim, losion, hingga salep. Ada sejumlah obat-obatan apotek yang juga bisa Anda coba, yakni yang mengandung bahan-bahan berikut.

Dokter juga dapat memberikan resep antihistamin OTC guna membantu Anda bisa tidur di malam hari tanpa terganggu. Kemungkinan dokter juga akan menyarankan obat untuk antidepresan yang membantu Anda menghentikan kebiasaan menggaruk. Obat-obatan yang bisa disarankan, seperti paroxetine dan amitriptyline.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu darah manis, penyebab dan cara mengobatinya. Jika Anda mengalami kondisi tersebut dan berkepanjangan, lebih baik Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan treatment yang tepat.Pantangan darah manis tidak hanya dari konsumsi makanan saja, tetapi juga aktivitas sehari-hari yang dapat memengaruhi kesehatan kulit. Hal ini perlu diperhatikan oleh setiap penderita darah manis guna mencegah perburukan kondisi yang dapat terjadi.

Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah manis atau prurigo ditandai dengan bentol kecil berwarna merah di area tangan, tungkai, punggung, atau dada. Bentol ini terasa sangat gatal sehingga membuat penderitanya menggaruk terus-menerus dan memicu terjadinya infeksi.

Pantangan darah manis yang paling utama adalah menggaruk kulit. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya luka, koreng, hingga infeksi akibat menggaruk bentol. Untuk meredakan gatal, Anda bisa mencoba beberapa cara sederhana, seperti menggunakan kompres dingin, mandi air hangat, dan mengoleskan pelembap di area kulit yang gatal.

Hindari mandi menggunakan sabun yang mengandung parfum atau alkohol. Jenis sabun dengan kandungan tersebut bisa membuat kulit lebih sensitif dan memperparah kulit yang iritasi akibat darah manis.

Bekas

Gejala Darah Manis Dan Cara Mengatasinya, Perlu Diketahui

Dapat menyebabkan gesekan berlebih pada kulit yang mengalami darah manis, sehingga dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan rasa gatal yang lebih parah. Selain itu,

Pada sebagian kasus, darah manis sering dikaitkan dengan penyakit diabetes. Oleh karena itu, penderitanya juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi gula dan makanan berlemak.

Contoh makanan tinggi lemak yang perlu dihindari adalah daging merah dan makanan cepat saji. Sementara itu, jenis makanan tinggi gula yang perlu dijauhi meliputi kentang goreng, roti tawar, dan gula aren.

Cara Ngilangin Bekas Luka Pakai Produk Ini!✨

Selain menghindari beberapa pantangan darah manis di atas, penderitanya juga bisa menggunakan obat yang dibeli di apotek, seperti losion kalamin dan krim capsaicin untuk meredakan gatal. Selain itu, beberapa obat dapat diperoleh melalui resep dokter guna meredakan keluhan prurigo, yaitu:

Tidak hanya menggunakan obat, penderita darah manis juga dapat melakukan beberapa terapi untuk meredakan gatal dan bentol, misalnya fototerapi sinar UV, krioterapi, dan terapi laser.

Meski ada banyak cara mengobatinya, pantangan darah manis tetap perlu dijalani sebagai penanganan awal agar kondisinya tidak memburuk atau kambuh lagi. Namun, bila Anda sudah menjalaninya tetapi gejala darah manis Anda makin parah atau sering kambuh, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Darah Manis Dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak