Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Gatal Di Selangkangan

Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Gatal Di Selangkangan

Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Gatal Di Selangkangan

Jamur rawan tumbuh di bagian tubuh yang lembap seperti selangkangan. Gejala infeksi jamur di selangkangan yakni kulit ruam kemerahan, kulit bersisik, dan sangat gatal. Gejalanya dapat merembet ke dekat alat kelamin, paha bagian dalam, pantat, atau lipatan bokong.

Beberapa orang memiliki kulit sensitif rawan terkena alergi atau iritasi. Sumber iritasi ini bisa berasal dari pembersih vagina, kain, makanan, atau zat lain. Gejalanya yakni selangkangan ruam dan gatal setelah terkena biang alergi.

Ketahui

Gesekan di kulit selangkangan karena aktivitas tinggi seperti berlari bisa menyebabkan peradangan pada lapisan kulit di area tersebut. Gejala gatal karena gesekan ini di antaranya kulit ruam kemerahan, terasa panas, dan gatal.

Tips Atau Cara Menghilangkan Gatal Gatal Di Selangkangan Paha

Penyakit kulit ini muncul ketika area yang lembap dan berkeringat seperti selangkangan terkena infeksi bakteri atau jamur. Gejala intertrigo di antaranya gatal menyengat dan ruam merah di lipatan selangkangan.

Kutu kemaluan juga bisa menyebabkan selangkangan gatal. Gejala kutu kemaluan yakni kulit sekitar kemaluan sampai selangkangan gatal, iritasi, dan ada bintik-bintik kecil di dekat akar rambut emaluan.

Infeksi virus herpes bisa menyebabkan munculnya gatal, rasa panas, kulit melepuh, dan nyeri di sekitar selangkangan. Herpes biasanya berulang. Masalah kesehatan ini biasanya juga bisa jadi gejala awal penyakit menular seksual.

Kulit Gatal Di Malam Hari Terasa Mengganggu? Ini Solusinya

Penyakit psoriasis bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk selangkangan. Gejala psoriasis di antaranya kulit kering, bersisik putih, dan menebal mirip kerak.

Pastikan Anda tidak menyepelekan gatal di selangkangan. Terlebih jika Anda sudah menggunakan obat gatal selangkangan selama seminggu dan gejala penyakit tak kunjung sembuh atau disertai demam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram Kompas.com News Update, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cara Menghilangkan Gatal Di Selangkangan Secara Alami, Bisa Pakai Daun Kemangi

Berita Terkait 6 Penyebab Ketiak Gatal dan Cara MengatasinyaKenapa Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?3 Penyebab Langit-langit Mulut Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya4 Cara Menghilangkan Gatal akibat Ulat BuluGatal Setelah Mandi : Penyebab dan Cara Mengatasinya, Jakarta – Rasa gatal tentu menjadi kondisi yang cukup mengganggu aktivitas orang yang mengalaminya. Apalagi bila rasa gatal tersebut muncul pada selangkangan. Tentu akan terlihat tidak pantas jika kamu menggaruk area selangkangan di tempat umum.

Cara

Bukan hanya bisa membuat tidak nyaman, rasa gatal di selangkangan biasanya juga bisa menyebabkan kulit memerah, bahkan menjadi lecet. Oleh karena itu, cari tahu cara mengatasi gatal selangkangan di sini.

Selangkangan gatal adalah masalah yang umum, dan kamu tidak perlu malu untuk membicarakannya pada dokter. Perlu diketahui juga bahwa selangkangan gatal tidak selalu berarti bahwa kamu memiliki infeksi menular seksual (IMS).

Bawang Putih Ternyata Dapat Mengobati Gatal Pada Selangkangan, Begini Cara Buatnya

Jamur bisa cepat berkembang biak, karena selangkangan mudah lembab dan hangat. Selain selangkangan, paha bagian dalam dan bokong menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat. Terkadang infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai rasa nyeri.

Penyebab gatal pada selangkangan bukan hanya dikarenakan oleh infeksi jamur, tetapi bisa juga disebabkan oleh iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada alat kelamin wanita, infeksi kulup pada pria akibat kurang bersih, kudis, dan infeksi bakteri seperti molluscum contagiosum.

-

Cari tahu juga obat-obatan apa saja yang ampuh untuk atasi gatal di selangkangan dengan baca artikel ini: Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Iritasi Selangkangan Lecet.

Obat Gatal Pada Selangkangan Pantat Paling Murah Di Apotik

Sebelum menggunakan krim atau bedak tersebut, cuci bersih area yang terkena infeksi dengan sabun dan air. Selanjutnya, gunakan krim atau bedak secara merata dan teratur sesuai petunjuk pemakaian.

Perlu diingat juga untuk tidak berhenti menggunakan krim atau bedak antijamur terlalu cepat. Sebaiknya tetap ikuti durasi penggunaan krim atau bedak sesuai yang tertera pada label produk untuk mencegah infeksi datang kembali meskipun rasa gatal pada selangkangan sudah mereda.

Saat menggaruk, tubuh mengeluarkan serotonin. Zat inilah yang membuat kulit semakin gatal ketika digaruk. Oleh sebab itu, hindari menggaruk rasa gatal pada selangkangan agar kulit tidak terluka dan terinfeksi bakteri.

Cara

Ciri Ciri Infeksi Jamur Di Selangkangan Dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi gatal selangkangan lainnya adalah pemberian salep antibiotik atau antibiotik minum. Beberapa contoh antibiotik untuk mengatasi gatal adalah Neomycin, Polymyxin, dan Bacitracin yang bekerja menghentikan pertumbuhan bakteri serta Hidrokortison yang berguna untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal.

Namun, penggunaan antibiotik ini harus berdasarkan resep dan anjuran dokter. Sebab penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa menyebabkan infeksi jamur yang semakin berkembang.

Jika gatal di area selangkangan dan kemaluan tak kunjung membaik atau justru semakin parah, Ini Rekomendasi Dokter Kulit dan Kelamin di yang bisa kamu hubungi untuk mendapat tips penanganan terbaik.

Jual Obat Gatal Selangkangan Kulit Paling Ampuh Dr.kecil Herbal Alami 100% Aman Untuk Kulit Sensitiv

Pada dasarnya, gatal pada selangkangan akibat jamur tidak berbahaya, tetapi jangan dianggap remeh. Oleh karena ada beberapa kondisi yang mengharuskan kamu untuk segera menemui dokter. Beberapa kondisinya, seperti:

-

Referensi: Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Jock Itch (Tinea Cruris). Medline Plus. Diakses pada 2024. Neomycin, Polymyxin, Bacitracin, and Hydrocortisone Topical. Web MD. Diakses pada 2024. Why Scratching Feels So Good (But Is So Bad).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak