Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bruntusan Dan Mengatasi Flek Hitam

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bruntusan Dan Mengatasi Flek Hitam

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bruntusan Dan Mengatasi Flek Hitam

Bagaimana cara menghilangkan bruntusan di jidat, pipi, dan leher? Hal ini kerap dipertanyakan karena memang gangguan kulit ini jamak diderita beberapa orang.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan wajah menjadi bruntusan. Beberapa faktor ini mungkin tidak Anda sadari, misalnya stres hingga perubahan hormonal ketika sedang masa pubertas.

Cara

Secara khusus, androgen yang merupakan hormon untuk membantu reproduksi akan meningkat selama masa pubertas dan menyebabkan kulit berjerawat. Dilansir dari situs SELF, Mayo Clinic menjelaskan bahwa ada juga perubahan hormon yang dapat terjadi sepanjang siklus menstruasi yang menyebabkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat: Mulai Dari Hal Hal Kecil

Beberapa faktor lain misalnya, penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan timbulnya bruntusan. Mungkin ada faktor lain yang berkontribusi juga, seperti bakteri yang ada di kulit wajah.

Mayo Clinic menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan jerawat atau bruntusan adalah kondisi kulit yang terjadi karena kelebihan minyak atau adanya sel kulit mati menghalangi pori-pori. Berikut 7 cara menghilangkan bruntusan di jidat, pipi, dan leher yang dikutip dari situs SELF dan Medical News Today

Benzoil peroksida adalah obat yang cocok untuk jerawat dan bruntusan karena zat ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengeksfoliasi pori-pori Anda.

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan, Biar Tak Makin Parah

Asam salisilat mungkin merupakan salah satu bahan yang paling terkenal dalam perawatan bruntusan jerawat yang dijual bebas. Situs SELF melaporkan bahwa asam salisilat mampu melarutkan penumpukan minyak dan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan jerawat kistik.

Sebenarnya, para dermatologis tidak begitu yakin mengapa asam azelaic mampu bekerja untuk membersihkan bruntusan dan jerawat, akan tetapi, situs Mayo Clinic mengklaim produk sampingan ini tampaknya berhasil bagi banyak orang.

Faktanya, ketika Anda menggunakan produk yang mengandung asam azelaic secara teratur dua kali sehari, produk asam azelaic 20% dinilai sama baiknya dengan banyak perawatan bruntusan tradisional. Dan jika Anda sedang hamil (atau Anda memiliki kulit sensitif), produk ini mungkin pilihan yang lebih baik dibandingkan produk lainnya.

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Secara Alami, Enggak Ribet

Rita Linkner, M.D., menjelaskan bahwa retinoid mampu mengangkat sel-sel kulit mati lebih cepat, mengurangi produksi minyak, serta membantu pengelupasan kulit. Inilah mengapa zat ini dapat membantu menghilangkan bruntusan atau jerawat yang membandel.

Jika perawatan spot tidak cukup membantu, Anda mungkin lebih beruntung dengan masker belerang. Sulfur membantu membuka pori-pori dan mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu jerawat yang bengkak terlihat lebih kecil.

Sulfur telah digunakan sebagai pengobatan bruntusan dan jerawat selama bertahun-tahun. Anda dapat mengoleskan masker hanya pada jerawat yang mengganggu atau di seluruh wajah.

Cara

Simak 8 Cara Menghilangkan Bruntusan, Tidak Perlu Obat Kimia

Jika Anda mengoleskan pada seluruh wajah maka masker ini mampu memberikan manfaat tambahan untuk membuat pori-pori besar tampak lebih kecil. Saat ini, masker wajah yang mengandung belerang atau sulfur dapat ditemukan di toko obat, department store, atau salon-salon.

Upaya melawan bruntusan memiliki tujuan utamanya yakni menghentikan pembentukan bruntusan sejak awal. Untuk ini, Anda harus menggunakan obat jerawat yang baik setiap hari.

Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah obat rumah yang populer untuk jerawat. Menurut penelitian ditahun 2016, menyebutkan bahwa minyak esensial ini bersifat antimikroba dan dapat mengurangi jumlah noda pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang.

Ini Cara Menghilangkan Bruntusan Di Jidat

Tanah liat yang kaya akan mineral, seperti kaolin, sering hadir dalam produk perawatan kulit untuk jerawat. Studi pada tanah liat dan lumpur mineral tertentu menunjukkan bahwa zat ini mungkin memiliki sifat antibakteri.Cara menghilangkan beruntusan dengan cepat bisa dilakukan di rumah. Beruntusan yang terjadi karena penumpukan minyak dan kotoran di kulit bisa dihilangkan dengan beberapa cara, seperti melakukan eksfoliasi dan menggunakan retinol.

Adalah salah satu jenis jerawat yang berbentuk benjolan-benjolan kecil dan menyebabkan kulit menjadi kering serta terasa kasar. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di wajah. Meskipun bisa hilang sendiri, berbagai cara menghilangkan beruntusan dengan cepat bisa dilakukan.

Cara

Beruntusan timbul karena pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, minyak, dan kotoran. Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit, beruntusan bisa mengganggu penampilan. Kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara menghilangkan beruntusan dengan cepat berikut ini:

Tips Skincare Cara Menghilangkan Bruntusan Dijidat Yang Aman

Beruntusan terjadi karena minyak dan kotoran menumpuk di kulit yang kemudian menyumbat pori-pori. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan eksfoliasi. Selain berguna untuk menghilangkan beruntusan, eksfoliasi juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan meratakan tekstur kulit.

Selain scrub, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi menggunakan toner atau serum. Cara menghilangkan beruntusan dengan cepat ini cukup Anda lakukan setiap seminggu sekali. Jika terlalu sering dilakukan, eksfoliasi akan membuat kulit menjadi tipis dan mudah teriritasi.

Zat ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan beruntusan dengan cepat. Asam salisilat dapat akan membuka pori-pori yang tersumbat dan membantu mengangkat lapisan kuit mati penyebab beruntusan.

Penyebab Bruntusan Di Wajah Dan Cara Menghilangkannya

Jika asam salisilat dapat mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, benzoyl peroxide akan membasmi bakteri penyebab beruntusan. Tidak hanya itu, kandungan ini juga akan menghambat produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori.

Ini

Merupakan senyawa alami yang sudah lama dikenal dapat mengatasi jerawat maupun beruntusan. Kandungan ini dapat mengatasi bakteri penyebab beruntusan karena memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri.

Cara menghilangkan beruntusan dengan cepat berikutnya adalah menggunakan retinoid. Senyawa yang merupakan turunan vitamin A ini akan mengatasi beruntusan dengan cara membuka pori-pori, sekaligus memberikan efek antipenuaan.

Bosan Dengan Bruntusan Di Pipi? Coba 9 Cara Mudah Berikut

Namun, retinoid tidak boleh dipakai setiap hari karena dapat membuat kulit menjadi kering. Jika Anda ingin menggunakan produk yang mengandung retinoid, gunakanlah setiap 2 atau 3 malam sekali.

Perlu diingat bahwa retinoid akan menyebabkan pengelupasan yang membuat kulit lebih rentan terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya saat akan beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Pelembap tidak hanya bisa digunakan untuk kulit kering, tetapi juga untuk kulit berminyak. Ini karena kulit yang berminyak belum tentu terhidrasi dengan baik, sehingga perlu diolesi pelembap.

Cara

Ini 5 Rekomendasi Skincare Untuk Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah

Pelembap juga perlu digunakan setelah Anda melakukan eksfoliasi. Namun, jangan sampai salah saat memilih pelembap. Beberapa kandungan yang ada di dalam pelembap justru dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan beruntusan.

Beruntusan merupakan masalah kulit yang dapat dialami oleh siapa pun dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika beruntusan yang Anda alami makin parah dan tidak kunjung hilang meskipun sudah menerapkan berbagai cara menghilangkan beruntusan dengan cepat, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak