Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bintitan Alami

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bintitan Alami

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bintitan Alami

Deteksi Dini Anemia Defisiensi Besi pada Anak Deteksi Dini HPV Kalkulator Kebutuhan Protein Anak Vaksin Rotavirus Tes Gangguan Kecemasan Cek Tingkat StresLihat Semua

Deteksi Dini HPV Mungkinkah Anda berisiko terkena HPV?Lihat lainnyaKalkulator BMI Apakah berat badan Anda sudah ideal?Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari?Lihat lainnya

Obat

HestiNutrisi•12 daysYakin Kebutuhan Protein Si Kecil Sudah Terpenuhi? Cek Faktanya di Sini!HestiParenting•6 daysTanya dr Hans Natanael Sp.A di Komunitas Parenting Hello SehatHestiNutrisi•3 days#HelloMeetUP: Kelas Diet Eksklusif Bersama Ahli Gizi, Gratis!

Alami Mata Bintitan? Lakukan 4 Cara Sederhana Ini Agar Bintitan Cepat Kempes Dan Sembuh

Mata bintitan dapat terjadi secara tiba-tiba kepada siapa saja. Bukan hanya mengganggu penampilan, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, banyak penderita yang ingin mengatasi mata bintitan secara cepat. Untungnya, ada beberapa bahan di rumah yang bisa menjadi obat alami untuk mata bintitan. Berikut ini penjelasannya.

Mata bintitan (hordeolum) merupakan kondisi ketika timbul benjolan pada kelopak mata. Penyebab mata bintitan umumnya, yaitu adanya infeksi yang menyumbat lubang akar bulu mata.

Cara yang paling cepat dan aman sebagai obat alami untuk meredakan mata bintitan di rumah, yaitu dengan menggunakan kompres air hangat. Anda bisa mengompres benjolan pada mata dengan air hangat.

Mata Bintitan Saat Hamil, Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Anda hanya perlu memanaskan sedikit air, kemudian rendam kain bersih ke dalam air tersebut. Setelah menjadi basah, letakan kain di atas mata yang mengalami bintitan. Tutup mata selama mengompres mata.

Untuk hasil yang efektif, lakukan kompres selama 10 hingga 15 menit dan ulangi proses tersebut sebanyak dua hingga empat kali sehari selama beberapa hari.

Setelah kompres selesai dilakukan, Anda bisa memijat mata secara perlahan dengan tangan yang telah dibersihkan. Tujuannya untuk membuka kembali kelenjar minyak yang tersumbat.

Obat Alami Untuk Mengatasi Mata Bintitan

Garam memiliki kandungan magnesium yang ampuh sebagai obat antiseptik alami untuk membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan.

Salah satu manfaat minyak kelapa bagi mata, yakni membantu meredakan peradangan pada mata bintitan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Untuk menggunakannya pada mata, beri sedikit minyak kelapa pada kapas atau tangan Anda. Lalu, oleskan secara perlahan pada kelopak mata yang mengalami bintitan.

Cara Tepat Mengatasi Bintitan Yang Harus Segera Diobati

Tunggu hingga sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini tiga hingga lima kali sehari.

Lidah buaya kaya akan kandungan mineral, vitamin, enzim, dan berbagai senyawa lain yang berguna sebagai analgesik alias pereda nyeri, antibakteri, dan antivirus.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat mata bintitan secara alami, Anda perlu menyiapkan daun lidah buaya dan belah untuk mengambil getah atau lendirnya dengan cotton bud.

Ampuh! 5 Cara Menghilangkan Mata Bintitan Dengan Bahan Alami

Lalu, oleskan getah lidah buaya tersebut pada bintitan yang muncul di kelopak mata. Anda bisa mengoleskannya selama beberapa kali dalam sehari hingga infeksi berkurang atau hilang.

Obat

Daun ketumbar berkhasiat sebagai anti peradangan, antibakteri, antijamur, dan antivirus, sehingga bisa mengatasi mata bintitan akibat kotoran dan bakteri dengan lebih cepat.

Sebagai obat alami bintitan, Anda bisa rebus sejumput atau satu sendok teh daun ketumbar dengan setengah cangkir air. Tiriskan dan tunggu hingga agak dingin.

Cara Menghilangkan Bintitan Di Mata Yang Efektif

Lalu, masukkan ke dalam lemari es hingga dingin selama dua hingga tiga jam. Celupkan kain bersih atau kapas ke dalam larutan air tersebut dan oleskan ke area bintitan.

Bila tidak membaik dengan cara alami di atas, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat guna mengatasi penyakit mata ini.

Chan, E., Tie, P., Soh, E., & Law, Y. (2011). Antioxidant and antibacterial properties of green, black, and herbal teas of Camellia sinensis. Pharmacognosy Research,  3(4), 266. doi: 10.4103/0974-8490.89748 12 Quick And Safe Ways To Get Rid Of A Stye. (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://www.lifehack.org/387235/12-quick-and-safe-ways-to-get-rid-of-a-stye (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://eyelovecares.org/tea-tree-oil-for-blepharitis/ (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://eyelovecares.org/coconut-oil-for-blepharitis/ Styes – Better Health Channel. (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/styes Styes — How to Treat Them, How to Avoid Them. (2022). Retrieved 18 May 2022, from https://health.clevelandclinic.org/styes-can-avoid-best-treatment-tips/Kapanlagi - Cara mengobati mata bintitan seringkali banyak orang yang belum mengetahuinya. Masalah kesehatan yang satu ini rupanya juga sudah banyak dialami oleh kebanyakan orang. Bintitan sendiri merupakan kondisi benjolan yang menyakitkan mirip jerawat yang tumbuh di tepi kelopak mata. Umumnya, bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri yang biasanya hanya muncul pada salah satu kelompok mata. Tak hanya rasa sakit, rasa percaya diri juga akan berkurang karena bintitan.

Cara Mengobati Mata Bintitan Yang Ampuh!

Pada dasarnya, ada beberapa penyebab terjadinya mata bintitan seperti menyentuh mata dengan tangan kotor, memakai makeup kadaluwarsa sehingga tidak cocok dengan kulit, dan tidak membersihkan riasan makeup sebelum tidur. Nah, kotoran yang menyumbat di kelenjar minyak bulu mata inilah yang menyebabkan bintitan.

Bahkan, terkadang beberapa orang merasa risi ketika bintitan terus membesar dan ingin sekali memencetnya. Padahal, hal ini tidaklah disarankan karena dapat menimbulkan infeksi. Untuk itulah, ada sederet cara mengobati mata bintitan menggunakan bahan alami yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi bintitan. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara

Cara mengobati mata bintitan dengan cara alami yaitu memanfaatkan daun jambu biji. Hal ini lantaran daun jambu biji memiliki zat antiinflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan dan pembengkakan dengan cepat. Selain itu, daun jambu biji juga disebut ampuh mengurangi rasa gatal akibat bakteri pada mata bintitan.

Obat Bintitan Alami Yang Bisa Ditemukan Di Rumah

Cara mengobati mata bintitan dengan daun jambu biji dengan menyiapkan lima lembar daun jambu biji, kemudian rebus selama lima menit. Setelah itu, gunakan air rebusan daun jambu biji tersebut untuk mengompres mata yang bintitan.

2. Kompres Air Hangat Cara mengobati mata bintitan yang mudah dan sederhana yaitu hanya dengan mengompres air hangat. Kompresan air hangat dinilai cukup efektif untuk mengobati mata bintitan agar lekas mengempis. Kalian hanya perlu menyiapkan handuk bersih untuk mengompres. Setelah itu, tempelkan kompresan air hangat pada mata dan tahan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali sehari supaya bintitan segera sembuh.

Kantung teh yang masih hangat bisa digunakan untuk mengobati mata bintitan lho. Teh hitam diyakini menjadi bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan akibat mata bintitan.

Cara Menghilangkan Mata Bintitan Secara Alami, Cukup Dengan Konsumsi Buah Menyegarkan Ini!

Cara menggunakannya, rebus air dan masukkan kantong teh ke dalam cangkir seperti saat sedang membuat teh pada umumnya. Biarkanlah teh selama satu menit. Tunggu sampai kantong teh cukup hangat untuk ditempatkan di atas mata. Tempelkan pada kelopak mata selama 5 hingga 10 menit.

4. Kompres dengan Getah Lidah Buaya Lidah buaya rupanya memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya dapat mengobati mata bintitan. Cara mengobati mata bintitan dengan getah lidah buaya yaitu cukup mengoleskan getah lidah buaya ke area mata yang bintitan. Lidah buaya mampu menyembuhkan karena sifatnya yang analgesik dan anti bakteri.

Bintitan memang disebabkan karena kotoran yang menyumbat lubang sejenis pori-pori di kelopak mata. Dengan begitu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkan mata, khususnya bagian kelopak mata. Kalian bisa membersihkan mata dengan menggunakan sabun atau sampo. Namun, tentu harus dilakukan secara hati-hati.

Cara

Mengatasi Mata Bintitan Dengan Cara Mudah Ini

Disarankan untuk memakai sabun atau sampo bayi yang relatif tidak pedih di mata. Baiknya, membersihkan kelopak mata memang dilakukan secara rutin sampai bintitan mengempis dan hilang. Cara ini juga bisa kalian lakukan sebagai bentuk pencegahan.

6. Daun Ketumbar Mata bintitan rupanya juga bisa diobati menggunakan daun ketumbar lho. Hal ini lantaran daun ketumbar kaya akan zat antibakteri dan antiradang. Cara mengobati mata bintitan menggunakan daun ketumbar yaitu dengan merebus terlebih dahulu daun ketumbar. Setelah itu, gunakan air rebusan daun ketumbar untuk mengompres area mata yang bintitan.

Daun paterseli tak kalah mempunyai manfaat yang ampuh untuk mengobati mata bintitan. Caranya pun terbilang cukup mudah, pertama-tama rebus beberapa lembar daun peterseli sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat kemudian dinginkan sebentar.

Penderita Bintitan Wajib Tahu! Ini 4 Obat Tradisional Untuk Mengatasi Mata Bintitan Yang Mudah Diaplikasikan

Lalu, saring airnya dan rendam kain bersih di dalamnya. Jika sudah, kalian bisa langsung meletakkan kain basah tersebut di atas mata yang terkena bintitan sekitar 10 menit. Daun peterseli akan membantu mengurangi peradangan atau bengkak pada mata.

8. Memijat Bagian Luar Kelopak Mata Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bintitan adalah dengan melakukan pijatan pelan di sekitar luar kelopak mata. Memijat kelopak mata yang bintitan biasanya dilakukan untuk membuat bintit di mata lekas kempis. Selain itu, pijitan-pijitan perlahan di kelopak mata juga bisa membuat otot mata yang bengkak lebih rileks dan tak begitu menyakitkan.

Meski memiliki bau yang menyengat, namun rupanya bawang putih bisa kalian gunakan sebagai cara mengobati bintitan lho. hal ini karena bawang putih mengandung zat anti bakteri yang bisa menyembuhkan bintitan.

Cara Alami Untuk Mengobati Mata Bintitan, Coba Kompres Dengan Bahan Ini

Cara menggunakannya, bersihkan mata terlebih dahulu menggunakan air hangat dan siapkan bawang putih. Setelah itu, haluskan bawang dan oleskan pada daerah kelopak mata yang bintitan. Mengoleskannya secara rutin dapat menghilangkan bintitan dengan cepat.

Cara

10. Kentang Cara mengobati bintitan secara alami selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kentang. Bahkan, cara menggunakannya pun terbilang mudah. Pertama-tama, potonglah kentang dan kemudian oleskan getahnya pada mata yang bintitan. Cara ini diyakini efektif untuk mengempeskan mata bengkak karena bintitan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak