Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Alami Gatal Berair Dan Menyebar

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Alami Gatal Berair Dan Menyebar

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Alami Gatal Berair Dan Menyebar

Cara Jitu Menghilangkan Gatal Akibat Bintik Berair di Tangan (Eksim Dishidrotik) Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Mar 2, 2022 Tinjau pada Mar 18, 2020 Waktu baca: 3 menit

Menemukan adanya luka lepuh di telapak kaki atau telapak tangan dan rasanya sangat gatal?Bisa jadi itu merupakan eksim dishidrotik. Kondisi ini kadang disalahartikan sebagai penyakit kulit lainnya. Maka itu, agar tak salah penanganan, baiknya pahami dulu penyebab dan gejala eksim dishidrotik berikut ini.

Cara

Eksim dishidrotik, atau dishidrosis, adalah suatu kondisi adanya luka lepuh yang berkembang di telapak kaki atau telapak tangan, bahkan bisa keduanya. Luka lepuh ini biasanya terasa gatal dan dapat berisi dengan cairan.

Penyebab Gatal Di Leher Dan Cara Mengatasinya

Ada yang mengalami eksim dishidrotik selama 2 minggu, tapi ada juga yang lebih lama sampai 4 minggu. Hal ini ada kemungkinan berhubungan dengan faktoralergi musiman atau stres.

Penyebab eksim dishidrotik tidak diketahui secara pasti. Para ahli percaya bahwa kondisi ini mungkin ada kaitannyadengan alergi musiman, sehingga luka lepuh biasanya lebih sering muncul selama musim semi.

Jika Anda menderita eksim dishidrotik, luka lepuh akan muncul pada jari tangan, telapak tangan, dan telapak kaki. Agar lebih mudah mengamatinya, gejala eksim dishidrotik biasanya ditandai dengan luka lepuh pada bagian tepi dan mungkin akan berisi cairan.

Jual Obat Gatal Dan Berair Di Tangan, Herbal Mengobati Bintik Merah Pada Kulit Disertai Gatal

Terkadang, luka lepuh yang muncul berukuran besar dan bisa sangat menyakitkan. Ditambah lagi dengan sensasi sangat gatal bahkan sampai menyebabkankulit mengelupas. Area yang terkena mungkin menjadi pecah-pecah atau nyeri saat disentuh.

Luka lepuh dapat bertahan hingga 3 minggu sebelum mulai mengering. Begitu lukanya kering, biasanya bekas luka akan berubah menjadi retakan kulit yang mungkin menimbulkan nyeri. Kalau digaruk, Anda mungkin merasakan kulit tampak lebih tebal atau terasa kenyal.

Dalam kebanyakan kasus, dokter dapat mendiagnosis eksim dishidrotik hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik. Namun, karenagejala eksim dishidrotik cenderung mirip dengan gejala penyakit kulit lainnya, dokter biasanya akan menganjurkan pemeriksaan penunjang guna memastikannya.

Obat Gatal Alami Pada Kulit Yang Aman Dan Efektif

Salah satu jenis pemeriksaan yang akan dilakukan adalahbiopsi kulit, yang dilakukan dengan mengangkat sel kulit untuk diperiksa di laboratorium. Biopsi dapat menyingkirkan kemungkinan penyebab terjadinya luka lepuh, seperti infeksi jamur.

Untuk kondisi ringan, eksim dishidrotik dapat diatasi dengan penggunaan krim atau salep kortikosteroid yang dioleskan langsung pada kulit. Namun, jika gejala eksim dishidrotik cenderung parah, Anda mungkin diresepkan obat golongan steroid topikal, injeksi steroid, atau pil.

Merendam tangan dan kaki dalam air dingin atau mengompres menggunakan kompres basah dan dingin selama 15 menit sebanyak 2-4 kalis ehari dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan kulit gatal.

Tips Mudah Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

Jika obat-obatan tak juga meringankan gejala eksim dishidrotik, Anda perlu melakukan perubahan pola diet. Pasalnya, alergi nikel atau kobalt diyakini dapat menyebabkan eksim sehingga mengurangi makanan yang mengandung zat-zat tersebut disinyalir dapat membantu mengurangi gejalanya.

Bila perlu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen multivitamin. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui jenis suplemen terbaik sesuai kebutuhan Anda demi meringankan gejala eksim dishidrotik.

Tim Editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Pilihan Obat Gatal Untuk Anak Yang Ada Di Apotek

Abreu-Velez, A. M., Pinto, F. J., Jr, & Howard, M. S. (2009). Dyshidrotic eczema: relevance to the immune response in situ. North American journal of medical sciences, 1(3), 117–120. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3364640/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Tim Editorial berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

Atasi Gatal Dan Iritasi Kulit Ringan Dengan Mandi Air Sirih

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected]Kondisi kulit gatal dan berair pasti sangat mengganggu aktivitas harianmu. Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan perawatan rumahan maupun obat di apotek.

Nah, perawatannya ini perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Umumnya, gatal berair terjadi karena gigitan serangga, dermatitis atopik, infeksi bakteri, atau infeksi jamur. Tapi tidak ada salahnya juga bila kamu berkonsultasi ke dokter, ya.

-

Gigitan serangga seperti tungau bisa menyebabkan lenting yang membengkak terasa panas, gatal, dan nyeri. Pertolongan pertama untuk meredakan pembengkakan dan rasa nyeri adalah dengan menempelkan kompres dingin.

Cara Mengatasi Telinga Gatal Secara Cepat Dan Ampuh, Ketahui Juga Penyebabnya

Caranya mudah, balutkan beberapa bongkah kecil es batu dengan handuk yang halus dan bersih. Kemudian, tempelkan handuk tersebut selama 5-10 menitke area kulit yang terkena gigitan serangga.

Kondisi biasanya terjadi setelah kamu terpapar bahan kimia yang mengiritasi atau sering terkena air. Cara untuk mengatasi gatal berair di tangan maupun kaki yang pertama kali kamu lakukan adalah hindari paparan pemicunya.

Selain itu, kamu bisa meredakan gejalanya dengan mengoleskan salep yang mengandung kortikosteroid. Biasanya, dokter juga memberikan obat minum antihistamin untuk membantu mengurangi rasa gatal di kulit.

Cara Jitu Menghilangkan Gatal Akibat Bintik Berair Di Tangan (eksim Dishidrotik)

Muncul lenting yang terasa gatal bukan main di sekitar sela jari, bisa jadi pertanda infeksi jamur, yakni kutu air. Kondisi ini terjadi karena kondisi kulit yang lembap sehingga menyebabkan pertumbuhan jamur dermatofita jadi tidak terkendali.

Cara mudah mengatasi kulit gatal berair karena infeksi jamur kulit adalah menggunakan obat antijamur. Salah satu obat yang bisa kamu temukan dengan mudah di apotek adalah Fungiderm.

Fungiderm mengandung clotrimazole yang ampuh melawan infeksi jamur di kulit. Obat antijamur ini tersedia dalam kemasan tube 5 gram dan 10 gram.

Cara Alami Meredakan Mata Gatal, Irisan Mentimun Hingga Kantong Teh

Cara pakainya, cukup oleskan krim sebanyak 2-3 kali sehari pada kulit yang terinfeksi. Pengobatan perlu dilakukan secara rutin selama 10-14 hari atau lebih lama tergantung keparahan kondisinya.

Misalnya, kamu terkena kutu air tapi masih saja menggunakan kaos kaki yang basah. Walaupun diobati, proses penyembuhannya jadi lebih lama karena kamu memberi peluang pada jamur untuk bisa berkembang sewaktu kaos kaki basah digunakan.

Cara

Nah, itulah berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan gatal berair di kulit yang mengganggu. Jangan sungkan untuk periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Obat Ruam Kulit Alami Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara menjaga kesehatan kulit? Download aplikasi dan dapatkan berbagai informasi untuk bantu #JagaSehatmu. Kamu juga bisa mencoba fitur Tanya Dokter di aplikasi untuk konsultasi lebih mudah dan cepat!Deteksi Dini Anemia Defisiensi Besi pada Anak Deteksi Dini HPV Kalkulator Kebutuhan Protein Anak Vaksin Rotavirus Tes Gangguan Kecemasan Cek Tingkat StresLihat Semua

Deteksi Dini HPV Mungkinkah Anda berisiko terkena HPV?Lihat lainnyaKalkulator BMI Apakah berat badan Anda sudah ideal?Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari?Lihat lainnya

HestiNutrisi•12 daysYakin Kebutuhan Protein Si Kecil Sudah Terpenuhi? Cek Faktanya di Sini!HestiParenting•6 daysTanya dr Hans Natanael Sp.A di Komunitas Parenting Hello SehatHestiNutrisi•3 days#HelloMeetUP: Kelas Diet Eksklusif Bersama Ahli Gizi, Gratis!

Penyebab Bentol Berair Pada Kulit Bayi Dan Cara Atasinya Page All

Terkadang, gatal pada kulit terasa tidak tertahankan sehingga amat mengganggu. Untuk mengurangi intensitas gatal, Anda bisa melakukan berbagai cara, salah satunya dengan mencoba obat dari bahan-bahan alami.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pegagan aman digunakan dengan cara diminum atau dioles sebagai obat gatal alami.

Tea tree oil bisa menjadi obat gatal yang dipicu dari reaksi alergi. Sifat antiradang dari minyak ini berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. 

Bahan Alami Mengobati Gatal, Mudah Ditemukan Dan Aman Untuk Dipraktikkan

Tea tree oil juga dipercaya dapat menyembuhkan infeksi penyebab kulit gatal. Perlu diketahui, bahwa obat gatal alami dari minyak pohon teh ini punya aturan pakai khusus. 

Anda perlu mencampurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasa Anda gunakan, lalu dioles ke bagian tubuh yang gatal beberapa kali dalam sehari.

Obat

Oatmeal ternyata juga berpotensi sebagai obat gatal alami berkat kandungan zat antiradang dan antioksidannya. Kedua zat ini berfungsi untuk mengatasi kulit yang terasa gatal, kering, dan kasar.

Obat Alami Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kulit

Namun, perlu Anda ketahui bahwa cuka dapat menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan luka harus menghindari obat alami untuk kulit gatal ini. 

Anda dapat menggunakan air garam sebagai obat gatal alami. Pasalnya, kandungan magnesium pada garam bersifat antiradang dan antimikroba yang mengurangi rasa gatal.

Anda bisa menambahkan satu cangkir garam ke dalam bak mandi air hangat. Berendamlah atau gunakan air garam ini untuk membersihkan bagian tubuh yang gatal.

Cara Mengobati Ketiak Gatal Dengan Bahan Alami

Alternatifnya, cobalah kompres dengan air asin yang dingin. Untuk membuat larutan kompres, gunakan 10 gram (2 sendok teh) garam dalam 1 liter air dingin.

Tempatkan kompres air dingin atau es pada bagian kulit yang gatal. Lakukan ini selama sekitar 5 – 10 menit atau sampai gatal mereda.

Ini lantaran kandungannya yang bersifat antiradang, antimikroba, dan antioksidan. Berkat khasiatnya ini, madu juga berpotensi menjadi obat alami gatal berair dan menyebar, seperti dermatitis kontak. 

Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Gatal Pada Kulit

Elsaie, L., El Mohsen, A., Ibrahim, I., Mohey-Eddin, M., & Elsaie, M. (2016). Effectiveness of topical peppermint oil on symptomatic treatment of chronic pruritus. Clinical, Cosmetic And Investigational Dermatology, Volume 9, 333-338. https://doi.org/10.2147/CCID.S116995   Gao, Y.-Y., Xu, D., Huang, li-J., Wang, R., & Tseng, S. C. G. (2012). Treatment of Ocular Itching Associated With Ocular Demodicosis by 5% Tea Tree Oil Ointment . Cornea, 31(1), 14–17. https://doi.org/10.1097/ICO.0b013e31820ce56c   Letscher-Bru, V., Obszynski, C. M., Samsoen, M., Sabou, M., Waller, J., & Candolfi, E. (2013). Antifungal activity of sodium bicarbonate against fungal agents causing superficial infections. Mycopathologia , 175 (1-2), 153–158. https://doi.org/10.1007/s11046-012-9583-2   Lin, T. K., Zhong, L., & Santiago, J. L. (2017) . Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils . International journal of molecular sciences, 19(1), 70. https://doi.org/10.3390/ijms19010070   Liu, B., & Jordt, S. E. (2018). Cooling the Itch via TRPM8. The Journal of investigative dermatology , 138 (6), 1254–1256. https://doi.org/10.1016/j.jid.2018.01.020   Eczema and Bathing . (n.d.). National Eczema Association. Retrieved June 10, 2022 from, https://nationaleczema.org/eczema/treatment/bathing/   HOW TO RELIEVE ITCHY SKIN . (n.d.). American Academy of Dermatolgy Association. Retrieved June 10, 2022 from, https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-itchy-skin   Integrative Approaches to Care . (n.d.) National

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak