Tips Dan Cara Bagaimana Agar Kantung Mata Tidak Hitam

Tips Dan Cara Bagaimana Agar Kantung Mata Tidak Hitam

Tips Dan Cara Bagaimana Agar Kantung Mata Tidak Hitam

Ada beberapa cara menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam yang dapat dicoba, terutama bagi Anda yang sering kelelahan atau kurang tidur. Meski tidak berbahaya, kantong mata dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa membuat penampilan jadi tidak segar.

Kantong mata dan lingkaran hitam di area mata, atau dikenal juga dengan istilah mata panda, dapat muncul seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena penuaan dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat lebih kendur.

Cara

Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman dengan munculnya kantong mata yang disertai dengan lingkaran hitam di bawahnya. Apalagi jika keluhan tersebut telah menyebabkan mata mengalami pembengkakan ringan.

Wanita Wajib Tahu, Inilah Penyebab Kantung Mata Membesar Dan Gejalanya

Mengompres mata diketahui ampuh untuk mengurangi mata bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Anda dapat mengompres mata dengan lap bersih yang telah direndam air dingin atau dibungkus es. Kompres mata selama 10–15 menit.

Selain dengan air dingin atau es, Anda juga bisa mengompres mata dengan kantong teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

Kantong mata dan mata panda dapat muncul jika Anda kurang tidur atau kelelahan. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7–9 jam setiap malamnya.

Penyebab Kantung Mata Dan Cara Mengatasinya

Posisi tidur tertentu juga bisa mengatasi kantong mata yang Anda alami. Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Anda bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara ini diketahui dapat mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat Anda tidur.

Minuman beralkohol dan berkafein diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein agar kantong mata bisa cepat hilang.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat mencegah terbentuknya kantong mata. Selain itu, agar terhindar dari retensi cairan, Anda dapat mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung banyak garam.

Lagi Kurang Tidur? Ini 9 Cara Menghilangkan Mata Panda

Memenuhi asupan kalium juga dapat mengurangi risiko terbentuknya kantong mata. Ada beberapa sumber makanan yang mengandung kalium, antara lain pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau.

Juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit . Selain itu, krim mata dengan kandungan vitamin C, vitamin K, atau vitamin E, juga dapat menghilangkan kantong mata.

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika kantong mata yang Anda alami sudah sangat mengganggu atau tak kunjung hilang.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Jika munculnya kantong mata dan lingkaran hitam disebabkan oleh alergi, Anda dapat menghindari penyebab alergi dan mengonsumsi obat alergi. Dokter biasanya akan memberikan obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi yang muncul.

Penggunaan krim pemutih bisa menjadi solusi jika kantong mata dan lingkaran hitam disebabkan oleh hiperpigmentasi atau meningkatnya zat melanin (pigmen alami kulit).

Kantong mata akibat penuaan dan jaringan kulit yang kendur bisa diatasi dengan dermal filler. Namun, cara menghilangkan kantong mata ini hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau dokter ahli estetika.

Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Cepat, Mudah Dipraktikkan

Untuk menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam di sekitarnya, dokter juga dapat melakukan terapi laser di sekitar mata. Akan tetapi, terapi ini biasanya baru menunjukkan hasil setelah beberapa kali tindakan.

Jika segala upaya telah dilakukan tetapi masalah kantong mata bertambah parah hingga terjadi pembengkakan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan operasi kelopak mata atau

Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan prosedur ini, mengingat operasi kelopak mata memiliki berbagai risiko, seperti infeksi, mata kering, perdarahan pada mata, perubahan posisi kelopak mata, hingga gangguan penglihatan.

Tips Mengurangi Kantung Mata Dalam Waktu Singkat Dengan Sendok

Meski sering dianggap mengganggu penampilan dan membuat wajah kelihatan tidak segar, kantong mata dan lingkaran hitam di sekitarnya bukanlah kondisi medis yang serius.

Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter jika kantong mata yang muncul tak kunjung hilang, semakin besar atau meluas, atau disertai keluhan lain, seperti iritasi mata dan pembengkakan yang parah pada mata.Mata panda sering kali membuat kita tampak lebih tua, lelah, dan tidak segar. Jika Anda mengalaminya, ada cara menghilangkan mata panda yang dapat Anda coba lakukan di rumah, mulai dari penggunaan kompres hingga bahan-bahan alami.

Cara

Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap. Mata panda umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Tak hanya itu, mata panda juga dapat disebabkan oleh proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit serta berkurangnya jaringan lemak dan kolagen. Hal ini akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit terlihat lebih gelap.

Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Anda cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.

Penyebab Kantung Mata

Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda lesu dan mata panda semakin jelas terlihat.

Untuk mengurangi warna gelap pada mata panda, Anda dapat mengoleskan bahan alami, seperti minyak almond atau gel lidah buaya maupun produk perawatan kulit khusus untuk mata, yang mengandung temulawak atau senyawa curcumin.

Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada mata. Bahan alami tersebut juga dapat melembapkan kulit di sekitar mata, sehingga membuat mata tampak lebih cerah.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Alami Dan Mudah Dicoba

Teh, baik teh hitam atau teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Untuk mengatasi mata panda, Anda bisa mengompres mata selama 15–20 menit dengan teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas.

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Anda dapat meninggikan posisi kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.

Cara

Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga membuat Anda terjaga lebih lama, sehingga mata panda pun semakin sulit hilang.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Dengan Cepat

Beberapa krim mata, misalnya krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, diketahui mampu mengurangi kerutan di kulit dan menyamarkan mata panda.

Kelelahan dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab paling umum munculnya mata panda. Oleh karena itu, untuk menghilangkan mata panda, Anda perlu mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 7–9 jam setiap malam. Hindari kebiasaan sering tidur terlalu malam atau begadang.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi waktu melihat gawai, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat akan beraktivitas di luar, serta menggunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat, gliserol, dan  amino-peptide yang merupakan molekul pro-kolagen.

Mata Kamu Mulai Ada Kantungnya? Berikut Tips Menghilangkannya

Kandungan tersebut akan meningkatkan produksi kolagen sehingga membantu mengurangi kerutan, serta melembapkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebih bisa membantu menghilangkan mata panda.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika mata menjadi bengkak atau mata panda bertambah hitam setelah mencoba berbagai cara menghilangkan mata panda di atas. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penanganan yang sesuai.“Kantung mata hitam merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Seseorang merasa penampilannya terlihat tua saat mengalami kondisi ini. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan kantung mata yaitu mengubah gaya hidup sehat, dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.”

, Jakarta – Meskipun kantung mata hitam bukan kondisi yang berbahaya, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan atau menyamarkannya. Beberapa orang merasa kantung mata hitam membuat tampilan wajah terlihat lelah dan lebih tua. Sehingga mereka mencari cara menghilangkan kantung mata hitam.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Yang Aman Dan Efektif

Minum banyak air dan melakukan kompres dingin dapat memperkecil tampilan kantung mata hitam dengan cepat. Namun, satu-satunya cara menghilangkan kantung mata hitam dalam jangka panjang yaitu dengan merubah gaya hidup.

Beberapa orang memiliki kantung mata hitam ketika kurang tidur dan tidak tidak berkualitas. Kurang tidur dapat memperparah kantung mata hitam. Istirahat dan kesehatan tubuh secara umum perlu dijaga baik untuk mengurangi tampilan kantung mata hitam.

Cara

Kantung mata hitam dapat terjadi akibat peningkatan pembuluh darah di sekitar mata. Dengan meninggikan kepala saat tidur, darah akan mengalir menjauh dari kepala dan wajah. Selain itu juga dapat mengurangi pembengkakan dan warna gelap di bawah mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dalam Waktu 5 Menit Dengan Bahan Alami, Ampuh Hilangkan Mata Panda

Cara menghilangkan kantung mata hitam juga bisa dengan mengompresnya dengan air dingin. Kompres dingin dapat mempersempit pembuluh darah di sekitar mata, sehingga mengurangi tampilan kantung mata di permukaan kulit. Kompres juga dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan mengurangi warna gelap.

Perlu diketahui, radiasi ultraviolet dapat memperburuk kantung mata hitam pada beberapa orang. Perlindungan dengan kacamata hitam, pelembab dengan tabir surya, dan topi dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah memburuknya kantung mata hitam.

Mungkin ini cara yang paling klasik dan mekanisme efeknya tidak diketahui. Namun, suhu dingin dari irisan mentimun terbukti dapat mengurangi tampilan kantung mata.

Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Mudah Di Rumah

Kantong teh yang dibiarkan dingin di lemari es juga dapat mengurangi tampilan kantung mata hitam. Caranya dengan meletakkan kantong teh dingin di atas mata. Efeknya sama dengan irisan mentimun. Namun, kedua cara ini belum dipelajari dalam penelitian, sehingga efeknya bisa saja berbeda pada setiap orang.

Referensi: Medical News Today. Diakses pada 2022. 10 ways to help remove dark circles under eyes permanently Healthline. Diakses pada 2022. 17 Ways to Get Rid of Bags Under Your Eyes, Jakarta Meskipun ada banyak produk di pasaran yang mengklaim dapat membantu masalah kantung mata yang kendur, namun produk tersebut belum tentu cocok dengan diri kita.

Bahan alami yang dapat dibuat dengan bahan-bahan rumahan pun masih menjadi primadona mencerahkan area di bawah mata. Selain murah, bahan alami juga mengurangi risiko iritasi hingga masalah wajah lainnya.

Tips Hilangkan Kantong Mata Secara Alami, Caranya?

Kafein

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak