Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Selangkangan Yang Gatal

Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Selangkangan Yang Gatal

Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Selangkangan Yang Gatal

Jamur rawan tumbuh di bagian tubuh yang lembap seperti selangkangan. Gejala infeksi jamur di selangkangan yakni kulit ruam kemerahan, kulit bersisik, dan sangat gatal. Gejalanya dapat merembet ke dekat alat kelamin, paha bagian dalam, pantat, atau lipatan bokong.

Beberapa orang memiliki kulit sensitif rawan terkena alergi atau iritasi. Sumber iritasi ini bisa berasal dari pembersih vagina, kain, makanan, atau zat lain. Gejalanya yakni selangkangan ruam dan gatal setelah terkena biang alergi.

Cara

Gesekan di kulit selangkangan karena aktivitas tinggi seperti berlari bisa menyebabkan peradangan pada lapisan kulit di area tersebut. Gejala gatal karena gesekan ini di antaranya kulit ruam kemerahan, terasa panas, dan gatal.

Gatal Di Selangkangan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Penyakit kulit ini muncul ketika area yang lembap dan berkeringat seperti selangkangan terkena infeksi bakteri atau jamur. Gejala intertrigo di antaranya gatal menyengat dan ruam merah di lipatan selangkangan.

Kutu kemaluan juga bisa menyebabkan selangkangan gatal. Gejala kutu kemaluan yakni kulit sekitar kemaluan sampai selangkangan gatal, iritasi, dan ada bintik-bintik kecil di dekat akar rambut emaluan.

Infeksi virus herpes bisa menyebabkan munculnya gatal, rasa panas, kulit melepuh, dan nyeri di sekitar selangkangan. Herpes biasanya berulang. Masalah kesehatan ini biasanya juga bisa jadi gejala awal penyakit menular seksual.

Cara Mencegah Kurap Muncul Di Selangkangan Dengan Bahan Alami

Penyakit psoriasis bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk selangkangan. Gejala psoriasis di antaranya kulit kering, bersisik putih, dan menebal mirip kerak.

Pastikan Anda tidak menyepelekan gatal di selangkangan. Terlebih jika Anda sudah menggunakan obat gatal selangkangan selama seminggu dan gejala penyakit tak kunjung sembuh atau disertai demam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram Kompas.com News Update, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Obat Selangkangan Gatal Dari Bahan Alami, Cek Di Sini!

Berita Terkait 6 Penyebab Ketiak Gatal dan Cara MengatasinyaKenapa Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?3 Penyebab Langit-langit Mulut Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya4 Cara Menghilangkan Gatal akibat Ulat BuluGatal Setelah Mandi : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.Kapanlagi - Cara menghilangkan gatal di selangkangan memang kerap dicari bagi sebagian besar pria maupun wanita. Sebab, gatal di selangkangan bisa membuat kalian merasa tidak nyaman, apalagi saat berada di tempat umum. Berbeda dengan gatal di tangan, maupun di kaki mungkin bisa dijangkau untuk menggaruknya. Namun, ketika gatal di area selangkangan, tentu saja akan merasa malu untuk menggaruknya.

Penyebab gatal di selangkangan, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain karena iritasi, tidak menjaga kebersihan kelamin dengan baik, kutu kemaluan, dermatitis kontak, herpes genital, infrettigo, serta penyakit kelamin yang menular. Jika kondisi ini selalu dibiarkan, tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Coba 4 Bumbu Dapur 'obat' Jamur Selangkangan Ini, Lalu Rasakan Manfaatnya

Nah, kalian nggak usah khawatir berlebih ya. Hal ini lantaran sebagian besar kasus selangkangan gatal dapat diobati dengan berbagai cara alami. Selain murah, bahan-bahan alami berikut ini juga sangat mudah ditemukan. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak cara menghilangkan gatal di selangkangan berikut ini.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, rupanya bawang putih menjadi bahan alami untuk menghilangkan gatal di selangkangan lho. Cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan bawang putih yaitu dengan memotong bawang putih lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi. Cara lainnya, kalian bisa menghaluskan bawang putih, lalu campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oles secara rutin di bagian selangkangan.

2. Kompres Es Mengompres es bisa menjadi salah satu alternatif sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan. Cara meredakan gatal di selangkangan menggunakan es juga cukup mudah. Caranya, kalian hanya perlu mengompres es pada kulit selangkangan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu perawatan terbaik untuk meringankan iritasi kulit, serta rasa sakit dan gatal.

Penyebab Gatal Di Selangkangan Dan Cara Mengatasinya

Minyak kelapa terbukti memiliki zat penyembuh yang dapat menyembuhkan infeksi pada kulit seperti jamur, kurap, ataupun kudis. Cara penggunaannya pun tak sulit yaitu cukup dioleskan pada area selangkangan yang berjamur selama tiga kali sehari. Pastikan penggunaannya dijalani secara rutin selama beberapa minggu. Dengan begitu, cara gatal di selangkangan akan teratasi.

-

4. Lidah Buaya Lidah buaya juga masuk list sebagai tanaman alami yang bisa menghilangkan gatal di selangkangan lho. Zat-zat alami pada lidah buaya inilah yang membantu membasmi jamur serta kuman yang menempel di area selangkangan. Kalian cukup memotong lidah buaya dan manfaatkan gel lidah buaya untuk di oleskan secara rutin pada selangkangan.

Oatmeal rupanya tak hanya nikmat ketika di makan, namun juga memiliki manfaat untuk menghilangkan gatal di selangkangan. Sifat humektan pada oatmeal inilah yang dapat membantu melembabkan kulit. Selain itu, oatmeal juga mengandung senyawa avenanthramide untuk mengurangi peradangan.

Cara Mudah Hilangkan Rasa Gatal Di Selangkangan Pria

Caranya, haluskan 1 cangkir oatmeal yang masih mentah hingga berbentuk bubuk halus. Setelah itu, tuang oatmeal yang berbentuk bubuk tersebut ke bak mandi yang sudah terisi air hangat. Lalu, kalian bisa berendam di dalam bak mandi selama 20 menit.

6. Cuka Apel Khasiat cuka apel untuk kesehatan kulit memang tidak perlu diragukan lagi. Ya, cuka apel ternyata juga ampuh sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan lho. Kandungan cuka sari apel dapat menetralisir pertumbuhan ragi dan menetralisir kadar pH pada kulit sehingga jamur tak tumbuh subur.

Cara menggunakannya, kalian cukup mengoleskan cuka apel di area yang gatal lalu biarkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin supaya terbebas dari rasa gatal.

Penyebab Gatal Pada Selangkangan Dan Cara Mengatasinya

Lengkuas merupakan bumbu dapur yang ternyata memiliki manfaat sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan. Cara menggunakan lengkuas sebagai bahan alami meredakan gatal juga sangat mudah. Pertama-tama, potong lengkuas terlebih dahulu dan cuci hingga bersih. Jika sudah, kalian bisa langsung menggosokkan potongan lengkuas ke area selangkangan yang gatal.

8. Daun Kemangi Daun kemangi yang sering digunakan untuk lalapan ini ternyata juga ampuh untuk menghilangkan gatal di selangkangan. Hal ini lantaran kandungan zat anti gatal yang disebut kapur barus dan thymol. Zat-zat tersebutlah yang dimanfaatkan untuk obat anti jamur.

Cara

Kunyit menjadi salah satu rempah yang dapat membantu menghilangkan gatal di selangkangan. Kandungan kurkumin pada kunyit memang terbukti memiliki sifat anti-mikroba yang dapat mencegah penyebaran dan pertumbuhan kuman serta bakteri.

Cara Mengatasi Selangkangan Menghitam Akibat Pembalut Bersayap

10. Pastikan Alat Kelamin Kering dan Bersih Cara menghilangkan gatal di selangkangan yaitu penting untuk selalu memastikan bahwa alat kelamit kalian selalu kering dan bersih. Sebab, apabila alat salami lembab, hal ini bisa menjadi penyebab selangkangan gatal.

Oleh sebab itu, selalu keringkan menggunakan kain atau tisu kering. Selain itu, pilihlah pakaian yang bersih supaya melancarkan sirkulasi di area genital kalian. Bagi wanita, kalian juga harus rutin mengganti pembalut setidaknya 3-4 jam sekali.

Selanjutnya, pemilihan pakaian tentu saja akan berdampak pula pada kenyamanan area selangkangan. Ada baiknya untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat seperti celana jeans. Selain sirkulasi udara menjadi terganggu, menggunakan pakaian ketat juga dapat menyebabkan timbulnya gesekan pada selangkangan dan organ genital. Oleh sebab itu, menyebabkan timbulnya gesekan pada selangkangan dan organ genital.

Cara Mengobati Selangkangan Gatal Sesuai Penyebabnya

Itulah sederet cara menghilangkan gatal di selangkangan yang mudah dilakukan sendiri di rumah. Kalian bisa memilih cara di atas sesuai keinginan. Semoga bermanfaat., Jakarta – Rasa gatal tentu menjadi kondisi yang cukup mengganggu aktivitas orang yang mengalaminya. Apalagi bila rasa gatal tersebut muncul pada selangkangan. Tentu akan terlihat tidak pantas jika kamu menggaruk area selangkangan di tempat umum.

Bukan hanya bisa membuat tidak nyaman, rasa gatal di selangkangan biasanya juga bisa menyebabkan kulit memerah, bahkan menjadi lecet. Oleh karena itu, cari tahu cara mengatasi gatal selangkangan di sini.

Selangkangan gatal adalah masalah yang umum, dan kamu tidak perlu malu untuk membicarakannya pada dokter. Perlu diketahui juga bahwa selangkangan gatal tidak selalu berarti bahwa kamu memiliki infeksi menular seksual (IMS).

Gatal

Ladies, Ini 5 Cara Cepat Dan Mudah Untuk Menghilangkan Gatal Di Selangkangan

Jamur bisa cepat berkembang biak, karena selangkangan mudah lembab dan hangat. Selain selangkangan, paha bagian dalam dan bokong menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat. Terkadang infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai rasa nyeri.

Penyebab gatal pada selangkangan bukan hanya dikarenakan oleh infeksi jamur, tetapi bisa juga disebabkan oleh iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada alat kelamin wanita, infeksi kulup pada pria akibat kurang bersih, kudis, dan infeksi bakteri seperti molluscum contagiosum.

Pastinya rasa gatal pada selangkangan cukup mengganggu dan membuatmu tidak nyaman. Untuk mengatasi gatal selangkangan akibat jamur, kamu bisa menggunakan krim atau bedak antijamur.

Ciri Ciri Infeksi Jamur Di Selangkangan Dan Cara Mengatasinya

Untuk menggunakan krim atau bedak tersebut, kamu perlu mencuci bersih area yang terkena infeksi dengan sabun dan air. Sebaiknya gunakan krim atau bedak secara merata dan teratur dengan mengikuti petunjuk pemakaian dengan tepat.

Walaupun rasa gatal pada selangkangan mereda, disarankan untuk tidak berhenti menggunakan krim atau bedak anti jamur terlalu cepat. Sebaiknya tetap ikuti durasi penggunaan krim atau bedak sesuai yang tertera pada label produk untuk mencegah infeksi datang kembali.

Untuk penggunaan antibiotik, sebaiknya tanyakan langsung ke dokter. Oleh karena penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa menyebabkan infeksi jamur yang semakin berkembang.

Gatal Di Selangkangan Bikin Risih, Kenali Penyebab Dan Gejalanya, Simak Begini Cara Mengatasinya

Pada dasarnya, gatal pada selangkangan akibat jamur tidak berbahaya, tetapi jangan dianggap remeh. Oleh karena ada beberapa kondisi yang mengharuskan kamu untuk segera menemui dokter. Beberapa kondisinya, seperti:

-

Bila kamu ragu mengenai penyebabnya, lebih baik kamu menanyakan kondisi gatal yang kamu rasakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebab dasarnya dan mendapat pengobatan yang tepat.

Kamu bisa berdiskusi terkait gatal kulit yang kamu alami atau cara mengatasi gatal selangkangan dengan tanya dokter di dan minta saran kesehatan kapan dan di mana saja.✔️

Cara Mengatasi Gatal Di Selangkangan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak