Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ngantuk Malam Hari

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ngantuk Malam Hari

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Ngantuk Malam Hari

Rasa kantuk pada saat berkendara biasanya sangat sering menghampiri para pengemudi. Terlebih jika mereka sedang berkendara jauh pada malam hari. Rasa kantuk yang sering melanda pada saat melakukan perjalanan jauh biasanya dinamakan dengan istilah microsleep.

Microsleep pada umumnya tidak seperti tidur biasa, karena microsleep adalah suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk. Kejadian microsleep pada umumnya hanya berlangsung sekitar satu detik hingga dua menit.

-

Durasi tersebut dapat bertambah lama apabila seseorang benar-benar memasuki dalam kondisi tidur. Microsleep sering terjadi saat seseorang benar-benar memasuki kondisi tidur. Microsleep sering terjadi saat seseorang melakukan pekerjaan yang bersifat monoton contohnya berkendara atau menatap layar dalam waktu yang lama.

Sering Kerja Malam? 7 Tips Efektif Mengatasi Ngantuk Berlebih Saat Shift Kerja Malam Hari Ini

Seseorang yang sedang mengalami microsleep tidak menyadari dirinya tertidur atau memasuki kondisi tidur. Kondisi tersebut dapat terjadi dengan mata terbuka dengan pandangan kosong.

Pada saat posisi berkendara, microsleep tentunya akan sangat berbahaya apabila Anda sampai mengalami hal tersebut. Microsleep akan membuat Anda tidak dapat mengontrol arah laju kendaraan dan akibatnya adalah dapat menimbulkan kecelakaan.

Oleh karena itu, agar terhindar dari rasa kantuk saat berkendara, berikut kami rangkum 8 cara menghilangkan ngantuk saat berkendara pada malam hari, yang dilansir dari berbagai sumber.

Kantuk Menyerang Malam Hari, Ini 16 Cara Paling Ampuh

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara pada malam hari yang pertama adalah dengan meminum kopi. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi memang cukup berpengaruh ketika berkendara.

Kafein dipercaya dapat mampu menjaga kesadaran pada saat Anda berkendara pada malam hari. Namun ada baiknya konsumsi kopi secukupnya dan tidak berlebihan.

Bagi beberapa orang yang rutin mengonsumsi kopi memang tidak cukup apabila hanya satu cangkir saja. Namun ada baiknya apabila Anda sudah sangat lelah dan hilang kesadaran saat mengemudi, menepi sejenak untuk beristirahat merupakan cara terbaik untuk menghilangkan ngantuk.

Cara Menghilangkan Ngantuk Dengan Jari, Bikin Tubuh Lebih Segar!

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang berikutnya adalah dengan cara menepi dan tidur sejenak. Jika kopi dianggap tidak mampu untuk mengobati lelah anda, lebih baiknya untuk menepi dan tidur sejenak. Terlebih pada malam hari yang sangat rentan membuat mata mengantuk.

Merasa

Apabila kondisi mata sudah benar-benar lelah, dianjurkan untuk menepi dan tidur selama kurang lebih 15-30 menit. Hal tersebut baik dilakukan untuk menghindari risiko kecelakaan yang dapat membahayakan diri Anda.

Obat-obatan dan minuman beralkohol merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan pada saat anda berkendara. Kedua jenis zat tersebut akan memengaruhi konsentrasi dan tingkat kewaspadaan ketika mengemudi.

Tips Agar Tak Mengantuk Saat Wfh Dan Berpuasa

Sebaiknya hindari mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping yang menyebabkan kantuk jika Anda akan berkendara. Apabila memang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dianjurkan oleh dokter, sebaiknya hindari untuk mengemudi untuk menghindari bahaya yang dapat ditimbulkan.

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara pada malam hari yang berikutnya adalah dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi yang cukup berpengaruh untuk konsentrasi pengemudi. Hindari makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh serta perhatikan porsi makan agar tidak berlebihan.

Cara

Apabila Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan atau kekenyangan dampaknya adalah anda akan merasakan kantuk yang sangat cepat. Untuk solusi terbaiknya adalah ketika rasa lapar mulai menghampiri, anda cukup mengganti dengan snack, buah, atau biscuit. Untuk minuman Anda bisa mengonsumsi kopi ataupun mineral.

Tips Mengatasi Ngantuk Akibat Jam Tidur Kurang

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara pada malam hari yang berikutnya adalah selalu menyediakan air mineral. Selain dapat menghilangkan rasa haus, air mineral juga dapat berfungsi untuk membasuh muka agar mengurangi rasa kantuk dan lelah saat berkendara. Terlebih jika Anda berada di jalan tol, tidak perlu repot-repot untuk untuk mencari rest area.

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara pada malam hari yang berikutnya adalah dengan cara membuka sedikit kaca jendela Anda. Ketika mengemudi menggunakan pendingin udara akan membuat rasa kantuk mudah datang. Dianjurkan bagi untuk membuka kaca jendela mobil. Gunanya adalah agar Anda dapat menghirup udara dari luar.

Jika perjalanan lebih dari waktu yang dianjurkan, sebaiknya Anda melakukan beberapa kali istirahat. Pada saat istirahat, Anda bisa melakukan peregangan atau gerakan ringan untuk menyegarkan tubuh anda.

Cara

Cara Menghilangkan Ngantuk Dan Lelah Di Tempat Kerja

Apabila anda amkan menempuh perjalanan jauh, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan minta ditemani oleh teman ataupun kerabat. Mengobrol bersama biasanya akan bisa mengurangi rasa kantuk saat mengemudi bisa hilang.

Lebih baiknya, ajak teman atau rekan Anda yang bisa diajak untuk bergantian, sehingga apabila Anda telah merasa lelah, Anda bisa bergantian mengemudi dengan rekan Anda.

Laskar Pelangi adalah salah satu karya sastra Indonesia yang populer. Ditulis oleh Andrea Hirata, novel ini mengisahkan kehidupan 10 anak yang inspiratif.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Belajar Dan Cara Agar Bisa Fokus Saat Belajar?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak