Tips Dan Cara Bagaimana Mengeluarkan Angin Dari Perut Ibu Hamil

Tips Dan Cara Bagaimana Mengeluarkan Angin Dari Perut Ibu Hamil

Tips Dan Cara Bagaimana Mengeluarkan Angin Dari Perut Ibu Hamil

, JAKARTA – Kentut atau buang angin adalah proses alami untuk membuang gas yang menumpuk di perut. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami susah kentut atau bahkan tidak bisa kentut karena berbagai penyebab. Bila terus dibiarkan, hal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit di bagian perut. Susah kentut bahkan bisa mengganggu kesehatan. Lantas, apa saja penyebab seseorang tidak bisa kentut? Adakah cara untuk mengatasinya?

Dilansir dari Everyday Health, seseorang yang tidak bisa kentut dapat disebabkan karena masalah obstruksi perut. Obstruksi perut adalah kondisi penyumbatan usus yang disebabkan oleh tinja, benda asing dari luar, atau kanker. Selain ditandai dengan susah kentut, gejala obstruksi usus lainnya adalah hilangnya nafsu makan, sakit perut, mual, muntah, diare, dan kram perut.

Ini

Saat Anda mulai merasa tidak bisa kentut, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Namun, Anda juga bisa mencoba berbagai cara alami yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengeluarkan gas di perut. Bagaimana caranya?

Cara Urut Buang Angin Dalam Badan, Boleh Cuba 2 Teknik Urutan Ini!

Pertama, cobalah untuk menggosok perut Anda dengan gerakan searah jarum jam selama beberapa saat. Hal ini dapat membantu mengurangi kram perut dan kembung akibat susah kentut.

Selain hal di atas, yoga juga bisa membantu mengatasi masalah susah kentut. Kalau Anda rutin melakukan yoga, maka ini juga bisa Anda gunakan sebagai cara untuk melepaskan kelebihan gas di perut. Nah, berikut ini adalah beberapa gerakan yoga yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Child’s pose atau pose anak kecil adalah gerakan dasar yoga yang paling membantu saat Anda tidak bisa kentut. Posisi ini bermanfaat untuk melemaskan pinggul dan punggung bagian bawah sehingga membantu memindahkan gas melalui usus.

Titik Pijat Efektif Untuk Redakan Masuk Angin Dan Perut Kembung

Ambil posisi merangkak, lalu tarik bokong ke arah belakang hingga duduk di atas tumit. Regangkan lengan ke arah depan tubuh dan menyentuh matras. Selanjutnya, tempelkan dahi Anda di lantai, sementara tubuh menumpu pada kaki.

Terus lakukan gerakan tersebut sembari menarik napas dalam-dalam dan tetap dalam keadaan rileks. Lakukan secara rutin untuk mempercepat pelepasan gas di perut.

Pose knee to chest disebut juga dengan “apanasana”. Gerakan yoga yang satu ini dilaporkan dapat membantu meredakan sakit perut saat tidak bisa kentut.

Masuk Angin Saat Hamil

Untuk melakukan pose ini, mulailah dengan berbaring dan angkat kaki. Tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat dan tarik lutut ke arah dada hingga menempel di dahi. Pastikan bagian lutut dan mata kaki pada kaki kanan dan kiri menempel.

Pertahankan posisi ini selama 15 sampai 60 detik untuk memberikan tekanan pada perut. Dengan demikian, tubuh akan mencoba mengeluarkan angin lewat kentut.

Pose ini biasa dilakukan oleh bayi yang sering menggenggam kaki mereka saat berbaring. Faktanya, gerakan yoga ini dapat membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Tidak hanya itu, happy baby pose juga bermanfaat untuk Anda yang tidak bisa kentut, lho!

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Yang Aman

Ambil posisi berbaring dan angkat lutut ke sisi tubuh. Tekuk lutut Anda dengan telapak kaki mengarah ke langit-langit. Bila memungkinkan, pegang kaki dengan kedua tangan dan tarik secara perlahan untuk menciptakan tarikan pada otot kaki dan tangan.

Tahan posisi ini selama satu menit dan rasakan adanya aliran gas dari perut Anda. Secara perlahan, udara yang menumpuk di perut akan keluar secara perlahan.

Cara

Pose yoga yang satu ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan melemaskan tubuh. Artinya, gerakan ini bisa Anda gunakan sebagai “obat” saat Anda tidak bisa kentut.

Cara Agar Bisa Kentut Untuk Anda Yang Susah Buang Angin

Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan duduk tegak di lantai dengan kaki lurus ke depan tubuh, lalu bungkukkan tubuh Anda ke arah depan. Rentangkan tangan Anda ke depan sejauh yang Anda bisa.

Bila memungkinkan, tempelkan dahi Anda ke lutut tanpa harus menekukkan kaki. Hal ini bisa membantu memberikan tekanan pada perut dan mendorong gas keluar.

Posisi squat adalah salah satu pose yang paling sederhana untuk mengeluarkan gas di perut. Awali dengan posisi berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul.

Titik Pijat Untuk Masuk Angin ✨

Kemudian, turunkan tubuh Anda sejauh yang Anda bisa dengan mendorong punggung ke belakang, sambil naikkan lengan Anda lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan. Turunkan tubuh Anda seperti ingin duduk atau jongkok, lalu angkat sebentar dan kembali ke posisi awal.

Tidak sedikit pose yoga yang menggunakan gerakan memutar (twist). Melakukan gerakan memutar saat berdiri tegak dapat memberikan tekanan pada sumbu tubuh dan membantu melepaskan gas.

Cara

Anda juga bisa melakukannya sambil berbaring, kemudian menggerakkan lutut yang ditekuk ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini dianggap dapat meregangkan dan mengencangkan organ dalam Anda.

Cara Buang Angin Perut Bukan Hanya Dengan Kentut, Macam Ni

Konsultasi kepada dokter jika susah kentut berlarut-larut dan tidak kunjung membaik. Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebabnya, memberi obat resep yang bisa mendorong makanan dengan mudah melalui saluran pencernaan dan membuat kadar gas dalam kondisi normal di perut. Agar tidak berdampak buruk untuk kesehatan dokter juga akan melakukan penanganan lebih lanjut apabila memang diperlukan.(*)Deteksi Dini Prediabetes Apakah Anda berisiko terkena penyakit diabetes?Lihat lainnyaKalkulator BMI Apakah berat badan Anda sudah ideal?Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari?Lihat lainnya

HestiDiabetes•5 monthsHi Sobat Sehat, Kenalkan Hello Sehat Asisten Kesehatan (Hello Sehat AI)!    HestiDiabetes•a monthKuis Diabetes Day, Cek Risiko Diabetesmu & Dapatkan Hadiah Menarik Senilai Total Rp. 1 Juta

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan IGD 24 jam dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis profesional untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, di antaranya Tahir Uro-Nefrologi Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Cardiovascular Center, imunisasi pneumonia, dan lain-lain.Lihat lainnyaRumah Sakit St. Carolus (RSSC) Rumah Sakit St. Carolus (RSSC) atau RS Umum Saint Carolus adalah rumah sakit Katolik pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Vikaris Apostolik Batavia (Keuskupan Agung Jakarta). Dengan pertolongan oleh Perkumpulan Perhimpunan St. Carolus Vereeniging (PPSC), rumah sakit ini memiliki visi menjadi mitra kesehatan keluarga tepercaya yang memberikan layanan medis dan keperawatan bertaraf internasional serta didukung dengan teknologi medis & digital efektik sebelum tahun 2025. Fasilitas kesehatan ini terkenal akan pelayanannya yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diraihnya di bidang medis. Beberapa di antaranya adalah mendapat predikat RS sayang bayi, terakreditasi 16 bidang, serta penghargaan sayang ibu dan bayi terbaik di DKI Jakarta. Adapun untuk layanan unggulan di sini meliputi St. Carolus Bone & Joint Centre, St. Carolus Maternity & Child Centre, St. Carolus Uro-Nephrology Center, dan St. Carolus Digestive Centre.Lihat lainnyaMayapada Hospital Tangerang RS Mayapada Tangerang berdiri pada 1 Juni 2008, yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan rawat inap dari ruangan VIP sampai kelas 3, konsultasi dokter umum, klinik dokter spesialis. Selain itu, instalasi laboratorium, instalasi radiologi & CT Scan, dan Instalasi Farmasi dengan jam operasional 24 jam penuh dari Senin sampai Minggu. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Tangerang, di antaranya klinik dokter spesialis, Medical Check Up, seperti skrining otak, skrining nyeri sendi, skrining stroke, skrining saluran cerna, skrining tiroid, dan lain-lain, lalu Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nephrology Center, Cardiovascular Center, Gastrohepatology, Oncology Center, Orthopedic Center, Obstetric and Gynecology Center, sirkumsisi (sunat) anak.Lihat lainnya

Inilah 5 Cara Atasi Perut Kembung

Kentut atau buang angin adalah proses alami untuk mengeluarkan gas yang menumpuk di perut. Namun, ada pula yang susah, bahkan tidak bisa kentut sehingga menyebabkan perut kembung . Lantas, bagaimana cara agar bisa kentut?

Selain itu, studi terbitan Molecules (2019) juga menemukan bahwa ketiga minyak tersebut melemaskan otot perut sehingga udara yang terjebak di dalam perut keluar dengan mudah.

Cara

Pose knee to chest disebut juga dengan “apanasana.” Gerakan yoga yang satu ini dilaporkan dapat membantu meredakan sakit perut saat tidak bisa kentut.

Cara Mengeluarkan Angin Dalam Perut Cepat Dan Efektif, Atasi Begah Segera

Pose yoga yang satu ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan melemaskan tubuh. Artinya, gerakan ini dapat digunakan sebagai cara agar bisa kentut.

What’s a Fart? (for Kids) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 11 June 2022, from https://kidshealth.org/en/kids/fart.html Practical tips to reduce bloating, belching and gas. (2022). Retrieved 11 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gas-and-gas-pains/in-depth/gas-and-gas-pains/art-20044739 Intestinal obstruction – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 11 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/intestinal-obstruction/symptoms-causes/syc-20351460 Sinclair, M. (2011). The use of abdominal massage to treat chronic constipation . Journal of Bodywork and Movement Therapies , 15(4), 436-445. doi: 10.1016/j.jbmt.2010.07.007 Heghes, Vostinaru, Rus, Mogosan, Iuga, & Filip. (2019). Antispasmodic Effect of Essential Oils and Their Constituents: A Review . Molecules , 24(9), 1675. doi: 10.3390/molecules24091675 ACE Fit | Child’s Pose. (2022). Retrieved 11 June 2022, from https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/227/childs-pose/ ACE Fit | 4 Yoga Poses that Should be Part of Your Col Down. (2022). Retrieved 11 June 2022, from https://www.acefitness.org/resources/pros/expert-articles/4857/4-yoga-poses-that-should-be-part-of-your-cool-down/ ACE Fit | Squat. (2022). 11 June 2022, from https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/135/bodyweight-squat/ Hosseini-Asl, M., Taherifard, E., & Mousavi, M. (2021). The effect of a short-term physical activity after meals on gastrointestinal symptoms in individuals with functional abdominal bloating: a randomized clinical trial. Gastroenterology And Hepatology from Bed to Bench , 14(1), 59. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8035544/“Memiliki gas dalam tubuh adalah hal yang normal. Selama ia bisa bergerak melalui tubuh, gas di dalam usus biasanya tidak berbahaya. Namun, bila gas menumpuk di usus dan kamu tidak bisa mengeluarkannya, kamu bisa mengalami sakit perut. Rasa sakitnya bisa berkisar dari ringan hingga menyakitkan. Penting untuk mengetahui cara mencegah sakit perut karena gas.”

, Jakarta – Gas adalah sesuatu yang dihasilkan tubuh sebagai bagian dari fungsi normalnya sehari-hari. Saat kamu makan, tanpa sadar kamu menelan udara. Ditambah lagi, saluran pencernaan juga menghasilkan gas tambahan saat bakteri di usus besar memecah makanan tertentu.

Cara Mengeluarkan Angin Dalam Perut Dengan Ampuh

Itulah mengapa memproduksi dan mengeluarkan gas adalah bagian normal dari proses

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak