Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Gatal Alami

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Gatal Alami

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Gatal Alami

Gatal di tubuh bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik itu karena inflamasi, suhu yang dingin dan kering, gigitan serangga atau alergi makanan atau bahan-bahan tertentu. Penanganannya ini juga akan berbeda-beda dan tergantung dari penyebabnya tetapi Anda bisa menggunakan cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat.

Cara menghilangkan gatal di badan ini Anda bisa menggunakan metode kompres dengan suhu yang dingin. Misalnya, gatal yang disebabkan oleh alergi, gatal yang disebabkan oleh luka meradang maupun gatal yang disertai pembengkakan di area sekitarnya.

Cara

Rasa gatal pada tubuh ini salah satu pemicunya adalah dimana keadaan kulit sedang kering karena memang kurang terhidrasi dengan baik dan kondisi udara yang menunjang. Jika suhu terasa sangat kering dan panas maupun dingin dan kering bisa mengakibatkan kulit kehilangan kelembaban.

Obat Gatal Kulit Alami Yang Ada Di Rumah

Kondisi ini akan membuat kulit menjadi terasa geli, bersisik dan gatal. Bukan hanya itu saja, paparan pembersih seperti hand sanitizer serta sabun juga bisa mengakibatkan kelembaban kulit menjadi hilang. Selain itu, timbul rasa gatal dan bentol disertai dengan air yang mengganggu.

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat ini bisa Anda coba dengan menggunakan pelembab maupun lotion yang sesuai kebutuhan kulit tubuh. Bila Anda menginginkan yang lebih aman, pilih yang tidak memiliki kandungan pewangi, ramah pada kulit yang sensitif, memberikan perlindungan dari sinar UV dan memiliki kelembaban yang baik.

Hampir semua orang akan mempunyai minyak herbal yang digunakan untuk membantu penyembuhan. Misalnya, minyak kayu putih, minyak telon, minyak tawon dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa di antaranya dapat digunakan untuk membantu menghangatkan badan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Cara Mengobati Gatal Gatal, Mudah Dilakukan

Anda dapat menggunakan minyak herbal tersebut untuk membantu mengatasi gatal pada tubuh. Misalnya, gatal gigitan serangga maupun karena goresan. Pastikan lebih dahulu jika kulit Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan di dalam minyak tersebut.

Minyak herbal ini memiliki kandungan berbagai bahan alami yang dicantumkan pada kemasannya dan sesuai dengan jenisnya. Bahan paling populer adalah eukaliptus. Cara menghilangkan gatal di badan secara alami dengan eukaliptus ini memang cukup populer.

Hal ini disebabkan karena daun eucalyptus dan menthol memang bisa membantu dalam mengatasi masalah yang disebabkan kuman serta bakteri dan meredakan peradangan yang ringan. Inilah yang membuatnya cocok digunakan pada kasus gatal ringan.

Adakah Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami Dan Cepat?

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat juga bisa memanfaatkan minyak mentol. Mentol ini mempunyai efek mendinginkan dan bisa membantu untuk menghilangkan rasa gatal di kulit.

Cara menghilangkan gatal dengan minyak mentol ini sangat praktis untuk dilakukan. Anda hanya harus mengoleskan minyak essential oil mentol yang diencerkan ke area yang terasa gatal. Pakai kurang lebih selama dua minggu.Mengalami permasalahan pada kulit yang salah satunya adalah gatal memang terasa mengganggu. Apalagi terkadang rasa gatal ini akan menyakitkan apabila digaruk secara terus menerus. Di mana ada banyak factor yang membuat kulit terasa gatal termasuk alergi. Pada saat gatal menyerang, untuk meredakan gejala gatal pada kulit biasanya beberapa orang akan menggaruknya. Ada beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit yang dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah bahkan alami.

Sebelumnya tahukah Anda bahwa menggaruk kulit yang gatal tidak disarankan bahkan bisa memicu permasalahan kulit yang lainnya. Baik kulit menjadi kering, menjadi bersisik bahkan bisa saja timbul luka. Menggaruk kulit yang gatal bahkan hanya akan membuat parah kondisi kulit itu sendiri. Untuk itulah beberapa orang bisa memanfaatkan sejumlah bahan alami yang ada di rumah. Beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit dengan cara alami bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami Dan Cepat

Pertama, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk meredakan kulit yang gatal. Lidah buaya sendiri memiliki manfaat untuk meredakan gatal yang ada pada kulit. Kandungan yang ada di dalam tanaman ini sendiri juga bisa melembapkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit agar selalu tetap tercukupi.

Kedua, Anda juga bisa menggunakan oatmeal. Oatmeal ini sendiri sering dijadikan sebagai menu sarapan yang menyehatkan. Selain itu, oatmeal juga memiliki sifat humektan yang bisa membantu untuk menjaga kelembapan kulit. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan bentuk krim koloid ke dalam air mandi. Oatmeal sendiri memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal, kulit kering dan kulit kasar maupun keras.

Cara

Ketiga, bisa menggunakan kunyit. Kunyit memiliki kandungan berupa senyawa aktif yang Bernama kurkumin dengan sifat antiinflamasi dan juga bakterisida. Senyawa ini adalah senyawa yang bisa membantu untuk mengobati peradangan serta gatal-gatal pada kulit.

Obat Rumahan Dari Bahan Alami Untuk Mengobati Gatal Dan Iritasi Pada Kulit

Keempat, untuk membantu dalam mengatasi rasa gatal yang timbul di kulit, bisa juga dilakukan dengan menggunakan es batu. Es batu sendiri meringankan berbagai gejala gatal di kulit. Cara yang bisa dilakukan dengan memasukkan es batu ke dalam kantong untuk kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang gatal.

Kelima, bisa juga menggunakan minyak kelapa pada saat Anda merasa gatal. Ada penelitian yang juga dilakukan kepada tikus yang akan menunjukkan bahwa minyak kelapa ampuh untuk mengatasi permasalahan pada kulit termasuk gatal-gatal dikarenakan mengalami alergi. Di dalam kandungan minyak kelapa sendiri juga ada antiinflamasi yang bermanfaat untuk kulit.

Beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit di atas adalah cara yang bisa dilakukan menggunakan beberapa bahan-bahan yang alami. Untuk mendapatkan beberapa bahan alami di atas, Anda bisa menemukannya dengan cara yang sangat mudah. Bahkan ada beberapa produk kecantikan yang dijual di pasaran apalagi dengan beragam kandungan alami di dalamnya.Deteksi Dini Prediabetes Apakah Anda berisiko terkena penyakit diabetes?Lihat lainnyaKalkulator BMI Apakah berat badan Anda sudah ideal?Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari?Lihat lainnya

Dr Zaidul Akbar Ungkap Cara Menghilangkan Gatal Gatal, Hanya Gunakan 3 Bahan Tradisional

HestiDiabetes•5 monthsHi Sobat Sehat, Kenalkan Hello Sehat Asisten Kesehatan (Hello Sehat AI)!    HestiDiabetes•a monthKuis Diabetes Day, Cek Risiko Diabetesmu & Dapatkan Hadiah Menarik Senilai Total Rp. 1 Juta

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan IGD 24 jam dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis profesional untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, di antaranya Tahir Uro-Nefrologi Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Cardiovascular Center, imunisasi pneumonia, dan lain-lain.Lihat lainnyaRumah Sakit St. Carolus (RSSC) Rumah Sakit St. Carolus (RSSC) atau RS Umum Saint Carolus adalah rumah sakit Katolik pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Vikaris Apostolik Batavia (Keuskupan Agung Jakarta). Dengan pertolongan oleh Perkumpulan Perhimpunan St. Carolus Vereeniging (PPSC), rumah sakit ini memiliki visi menjadi mitra kesehatan keluarga tepercaya yang memberikan layanan medis dan keperawatan bertaraf internasional serta didukung dengan teknologi medis & digital efektik sebelum tahun 2025. Fasilitas kesehatan ini terkenal akan pelayanannya yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diraihnya di bidang medis. Beberapa di antaranya adalah mendapat predikat RS sayang bayi, terakreditasi 16 bidang, serta penghargaan sayang ibu dan bayi terbaik di DKI Jakarta. Adapun untuk layanan unggulan di sini meliputi St. Carolus Bone & Joint Centre, St. Carolus Maternity & Child Centre, St. Carolus Uro-Nephrology Center, dan St. Carolus Digestive Centre.Lihat lainnyaMayapada Hospital Tangerang RS Mayapada Tangerang berdiri pada 1 Juni 2008, yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan rawat inap dari ruangan VIP sampai kelas 3, konsultasi dokter umum, klinik dokter spesialis. Selain itu, instalasi laboratorium, instalasi radiologi & CT Scan, dan Instalasi Farmasi dengan jam operasional 24 jam penuh dari Senin sampai Minggu. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Tangerang, di antaranya klinik dokter spesialis, Medical Check Up, seperti skrining otak, skrining nyeri sendi, skrining stroke, skrining saluran cerna, skrining tiroid, dan lain-lain, lalu Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nephrology Center, Cardiovascular Center, Gastrohepatology, Oncology Center, Orthopedic Center, Obstetric and Gynecology Center, sirkumsisi (sunat) anak.Lihat lainnya

Cara

Terkadang, gatal pada kulit terasa tidak tertahankan sehingga amat mengganggu. Untuk mengurangi intensitas gatal, Anda bisa melakukan berbagai cara, salah satunya dengan mencoba obat dari bahan-bahan alami.

Bahan Alami Untuk Atasi Kulit Gatal Akibat Alergi, Mudah Didapat

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pegagan aman digunakan dengan cara diminum atau dioles sebagai obat gatal alami.

Tea tree oil bisa menjadi obat gatal yang dipicu dari reaksi alergi. Sifat antiradang dari minyak ini berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. 

Tea tree oil juga dipercaya dapat menyembuhkan infeksi penyebab kulit gatal. Perlu diketahui, bahwa obat gatal alami dari minyak pohon teh ini punya aturan pakai khusus. 

Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Gatal, Simak Juga Penyebabnya

Anda perlu mencampurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasa Anda gunakan, lalu dioles ke bagian tubuh yang gatal beberapa kali dalam sehari.

Oatmeal ternyata juga berpotensi sebagai obat gatal alami berkat kandungan zat antiradang dan antioksidannya. Kedua zat ini berfungsi untuk mengatasi kulit yang terasa gatal, kering, dan kasar.

Cara

Namun, perlu Anda ketahui bahwa cuka dapat menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan luka harus menghindari obat alami untuk kulit gatal ini. 

Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering Dan Gatal Dengan Aman

Anda dapat menggunakan air garam sebagai obat gatal alami. Pasalnya, kandungan magnesium pada garam bersifat antiradang dan antimikroba yang mengurangi rasa gatal.

Anda bisa menambahkan satu cangkir garam ke dalam bak mandi air hangat. Berendamlah atau gunakan air garam ini untuk membersihkan bagian tubuh yang gatal.

Alternatifnya, cobalah kompres dengan air asin yang dingin. Untuk membuat larutan kompres, gunakan 10 gram (2 sendok teh) garam dalam 1 liter air dingin.

Gatal, Kenali Penyebab Dan Tips Mengatasinya

Tempatkan kompres air dingin atau es pada bagian kulit yang gatal. Lakukan ini selama sekitar 5 – 10 menit atau sampai gatal mereda.

Ini lantaran kandungannya yang bersifat antiradang, antimikroba, dan antioksidan. Berkat khasiatnya ini, madu juga berpotensi menjadi obat alami gatal berair dan menyebar, seperti dermatitis kontak. 

Jenis

Elsaie, L., El Mohsen, A., Ibrahim, I., Mohey-Eddin, M., & Elsaie, M. (2016). Effectiveness of topical peppermint oil on

Tips Menghilangkan Rasa Gatal Pada Luka Pasca Melahirkan Mamypoko Indonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak