Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Radang Amandel Tanpa Operasi

Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Radang Amandel Tanpa Operasi

Tips Dan Cara Bagaimana Mengmengatasii Radang Amandel Tanpa Operasi

Banyak anggapan bahwa radang amandel hanya bisa diatasi dengan operasi. Padahal, obat amandel juga bisa digunakan untuk meredakan gejala dari kondisi ini. Jadi, apa saja obat untuk mengatasi radang amandel?

Amandel adalah ‘garda terdepan’ yang melindungi tubuh dari bakteri atau virus yang masuk melalui mulut. Oleh karena itu, amandel sangat rentan terhadap infeksi. Bila bakteri atau virus menginfeksi organ ini, radang amandel atau tonsilitis bisa terjadi.

Obat

Radang amandel ditandai dengan pembengkakan amandel, sakit tenggorokan, sulit menelan, bau mulut, suara serak, serta nyeri pada rahang atau leher. Selain itu, peradangan juga bisa disertai demam, batuk, sakit kepala, bahkan sakit telinga.

Cara Mudah Atasi Sariawan Di Tenggorokan Yang Mengganggu

Namun, penyakit pada amandel ini bisa diatasi dengan berbagai pilihan obat amandel. Pengobatan tersebut umumnya bertujuan untuk mengatasi dan meredakan gejala radang amandel.

Radang amandel yang diakibatkan oleh infeksi virus umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk meredakan gejala nyeri yang muncul, obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol bisa digunakan.

Dexamethasone juga dapat meredakan peradangan pada amandel. Obat ini termasuk dalam kategori kortikosteroid dan umumnya digunakan untuk meredakan rasa nyeri, bengkak, maupun kemerahan pada amandel.

Rsup Dr. Sardjito

Untuk meredakan radang adalah 0, 5–9 mg. Namun, penentuan dosisnya harus sesuai anjuran dokter. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsinya setelah selesai makan guna mengurangi risiko terjadinya efek samping berupa nyeri perut atau mual.

Juga aman dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini untuk menentukan dosis dan lama waktu penggunaan yang tepat.

Azithromycin juga dapat digunakan sebagai obat amandel apabila peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri. Obat ini termasuk dalam kategori antibiotik makrolida, yang mampu melawan bakteri dengan menghambat pembentukan protein di badan bakteri.

Radang Tenggorokan Tidak Harus Diberi Antibiotik

Obat ini umumnya dapat menimbulkan efek samping berupa mual, muntah, atau diare. Meski efek sampingnya tidak begitu berat, Anda tetap tidak dianjurkan untuk membeli obat ini secara bebas karena

Cefadroxil adalah obat amandel yang berasal dari kategori antibiotik sefalosporin, sama seperti cefuroxime. Dengan begitu, manfaat maupun cara kerja kedua obat ini tidak jauh berbeda.

Obat amandel memang bisa dijadikan sebagai terapi awal untuk radang amandel. Operasi pengangkatan amandel biasanya hanya dilakukan pada pasien yang sangat sering mengalami kekambuhan atau tidak respons terhadap terapi obat.

Tak Perlu Panik, Cara Alami Menyembuhkan Amandel Tanpa Operasi Pakai 6 Obat Tradisional

Selain mengonsumsi obat amandel, Anda juga bisa melakukan cara sederhana untuk meredakan peradangan, yaitu dengan mengonsumsi banyak air putih, menghindari konsumsi makanan atau minuman yang panas, berkumur air garam, serta tidur yang cukup.

Perlu diingat bahwa beberapa obat amandel tidak dijual secara bebas. Oleh karena itu, lakukan konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya. Beri tahu dokter mengenai kondisi khusus yang Anda alami, seperti hamil atau menyusui, alergi, maupun kondisi kesehatan lain dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Jika Anda telah mengonsumsi obat amandel tetapi radang amandel belum membaik atau efek samping dari obat-obatan di atas tidak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.Kalkulator BMI Hitung BMI Anda dan cari tahu apakah berat Anda sudah ideal.Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Hitung di sini!Lihat lainnyaGrafik Pertumbuhan Anak Pertumbuhan anak bisa berbeda-beda. Grafik pertumbuhan hanya membantu menghitung rata-rata dari data yang diberikan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil penilaian si Kecil selama pertumbuhannya baik.Lihat lainnya

Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi, Dari Istirahat Hingga Minum Banyak Air Hangat

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan IGD 24 jam dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis profesional untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, di antaranya Tahir Uro-Nefrologi Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Cardiovascular Center, imunisasi pneumonia, dan lain-lain.Lihat lainnyaRumah Sakit St. Carolus (RSSC) Rumah Sakit St. Carolus (RSSC) atau RS Umum Saint Carolus adalah rumah sakit Katolik pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Vikaris Apostolik Batavia (Keuskupan Agung Jakarta). Dengan pertolongan oleh Perkumpulan Perhimpunan St. Carolus Vereeniging (PPSC), rumah sakit ini memiliki visi menjadi mitra kesehatan keluarga tepercaya yang memberikan layanan medis dan keperawatan bertaraf internasional serta didukung dengan teknologi medis & digital efektik sebelum tahun 2025. Fasilitas kesehatan ini terkenal akan pelayanannya yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diraihnya di bidang medis. Beberapa di antaranya adalah mendapat predikat RS sayang bayi, terakreditasi 16 bidang, serta penghargaan sayang ibu dan bayi terbaik di DKI Jakarta. Adapun untuk layanan unggulan di sini meliputi St. Carolus Bone & Joint Centre, St. Carolus Maternity & Child Centre, St. Carolus Uro-Nephrology Center, dan St. Carolus Digestive Centre.Lihat lainnyaBrawijaya Hospital Saharjo Mengangkat gaya arsitektur semi-outdoor untuk menunjang konsep healthy lifestyle yang diangkatnya, Brawijaya Hospital Saharjo berupaya untuk menyediakan situasi yang nyaman sehingga mampu menjadi fasilitas kesehatan yang kondusif bagi para pasiennya. Terletak di daerah Tebet Barat, Jakarta Selatan, Brawijaya Saharjo menyediakan layanan-layanan unggulan bagi para pasiennya, yang meliputi Jantung, Kanker, Endoskopi, Ortopedi, hingga Akupuntur.Lihat lainnya

Pengumuman

HestiParenting•6 monthsKisah Raka Melawan Kanker Mata: Berayun dari Dukun ke Dokterrefi SudjanaDiabetes•6 monthsBagaimana cara menyembuhkan Disfungsi ereksi pada diabetes?NNony Mercylia AKesehatan Kulit•6 monthsMenghilangkan bekas jerawatHestiBerat Badan Ideal•6 months#BMI: Cek BMI Kamu & Dapatkan Smartwatch!

Radang amandel (tonsilitis) adalah penyakit yang ditandai dengan pembengkakan pada amandel. Tonsilitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Mengatasi penyakit ini tidak selalu harus melalui operasi pengangkatan amandel. Masih ada sejumlah cara baik melalui obat medis maupun secara alami yang bisa dicoba untuk mengobati radang amandel. Yuk, simak!

Doc) Cara Obat Herbal Alami Pengobatan Amandel Anak Dewasa Tanpa Operasi Tradisional

Bila radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, maka jenis obat yang diperlukan adalah antibiotik. Jenis antibiotik yang sering digunakan sebagai obat radang amandel adalah penisilin.

Antibiotik perlu dikonsumsi selama 10 hari. Namun, jika Anda menunjukkan tanda-tanda alergi, dokter dapat memberikan jenis antibiotik untuk radang tenggorokan lainnya sebagai alternatif.

Antibiotik harus dikonsumsi hingga habis untuk mencegah resistensi bakteri dan komplikasi, seperti demam rematik yang menyebabkan peradangan pada jantung, pembuluh darah, dan sendi. 

Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Namun, jika Anda ingin membeli obat amandel di apotek tanpa resep dokter, pastikan bahwa Anda mengetahui betul manfaat dan efek samping obat.

Meski begitu, agar efektif mengatasi radang amandel Anda, pilihlah pelega tenggorokan yang mengandung senyawa antiradang, seperti licorice, atau pereda nyeri, misal benzocaine. 

Obat

Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu, berkumurlah dengan larutan tersebut selama beberapa detik kemudian keluarkan. 

Cara Menyembuhkan Amandel Secara Alami Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Madu memiliki senyawa antibakteri yang bisa melawan infeksi pada radang amandel. Sementara minuman hangat seperti teh dapat memberi efek menenangkan serta mengurangi nyeri. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu mencampurkan dua sendok makan madu dengan satu gelas teh hangat. Minum larutan ini secara rutin setiap hari untuk hasil maksimal.

Sebagai obat alami untuk radang amandel, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam segelas air hangat, kemudian minum secara perlahan. 

Bingung Mengatasi Sinusitis Di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Allicin dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibakteri untuk membantu melawan bakteri atau virus penyebab radang amandel serta mengurangi sakit tenggorokan yang timbul.

Untuk membuat obat radang amandel ini, campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas yang sudah dicampur dengan madu dan lemon, lalu minum perlahan.  

Jika Anda salah satu orang yang suka mengonsumsi susu, Anda bisa mencampurkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit sebagai obat alami radang amandel. 

Cara

Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Tanpa Ke Dokter

6 At-Home Remedies to Ease Your Sore Throat. Pennmedicine.org. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2018/february/sore-throat Benzocaine Oral Lozenges. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/20593-benzocaine-oral-lozenges 6 Sore Throat Remedies That Actually Work. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/sore-throat-remedies-that-actually-work/ Are You Experiencing Sore Throat? Try These 7 Effective Sore Throat Home Remedies. – UEM Jaipur Blog. UEM Jaipur Blog. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://uem.edu.in/uem-jaipur-blog/are-you-experiencing-sore-throat-try-these-7-effective-sore-throat-home-remedies/ default – Stanford Medicine Children’s Health. Stanfordchildrens.org. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=garlic-19-Garlic Kids Health Information : Tonsillitis. Rch.org.au. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Tonsillitis/ Licorice Root – Health Encyclopedia – University of Rochester Medical Center. Urmc.rochester.edu. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=19&contentid=Licorice Reye’s syndrome – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/reyes-syndrome/symptoms-causes/syc-20377255 Ibuprofen: MedlinePlus Drug Information. Medlineplus.gov. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682159.html Tonsillitis. ENT Health. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.enthealth.org/conditions/tonsillitis/#:~:text=Patients%20with%20symptoms%20of%20tonsillitis, pharynx%20(rapid%20strep%20testing). Tonsillitis – Diagnosis and treatment. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/diagnosis-treatment/drc-20378483 Tonsillitis – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479 Tonsillitis. Pennmedicine.org. (2022). Retrieved 31 August 2022, from https://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/patient-information/conditions-treated-a-to-z/tonsillitis Stelter, K. (2014). Tonsillitis and sore throat in children. GMS current topics in otorhinolaryngology, head and neck surgery, 13. https://doi.org/10.3205/cto000110 Vasconcelos, N. G., Croda, J., & Simionatto, S. (2018). Antibacterial mechanisms of cinnamon and its constituents: A review. Microbial pathogenesis,  120, 198–203. https://doi.org/10.1016/j.micpath.2018.04.036Banyak cara mengobati amandel tanpa operasi, khususnya untuk mengatasi gejala peradangan amandel yang muncul. Pada kebanyakan kasus, radang amandel bisa mereda dengan perawatan sederhana di rumah, bahkan tanpa harus menjalani operasi segera.

Amandel berfungsi melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang masuk melalui hidung atau mulut, sehingga rentan mengalami infeksi atau peradangan. Saat terjadi peradangan, amandel akan membengkak dan disertai berbagai gejala, seperti sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, demam, dan nafsu makan berkurang.

Meski begitu, radang amandel umumnya tidak berbahaya dan terkadang dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Berbagai keluhan yang muncul pun dapat diredakan dengan berbagai cara mengobati amandel tanpa operasi.

Cara Mengatasi Amandel Pada Anak, Ampuh Dan Tanpa Operasi!

Air garam mampu mengurangi peradangan dan infeksi di amandel. Dengan berkumur menggunakan air garam, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang amandel juga dapat teratasi.

Anda bisa membuat larutan air garam dengan mencampur ½ sendok teh

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak