Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Luka Jahitan Di Kaki

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Luka Jahitan Di Kaki

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Luka Jahitan Di Kaki

Merawat luka jahitan agar tidak berbekas bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, kok. Selain bekas luka yang hilang, perawatan-perawatan tersebut juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebagian besar luka sayatan atau goresan kecil pada kulit akan sembuh dan hilang dengan sendirinya. Namun, lain halnya pada luka sayatan besar seperti jahitan pascaoperasi, misalnya operasi caesar, dan luka luas dan dalam yang menimbulkan banyak perdarahan. Luka tersebut biasanya perlu ditangani dengan cara dijahit.

Bahan

Nggak sedikit orang yang merasa tidak nyaman dengan luka jahitannya karena luka tersebut sering kali menimbulkan bekas luka. Agar luka jahitan bisa sembuh dengan baik dan tidak tampak terlalu berbekas, kamu perlu merawat luka jahitan tersebut dengan baik dan benar.

Tips Menghilangkan Rasa Gatal Pada Luka Pasca Melahirkan Mamypoko Indonesia

Setiap luka pada tubuh memiliki risiko untuk mengalami infeksi, termasuk luka jahitan di kulit. Luka jahitan yang terinfeksi bisa menyebabkan proses penyembuhan luka berlangsung lebih lama dan meningkatkan risiko munculnya bekas luka.

Jadi, kamu perlu membersihkan luka jahitan secara teratur guna mencegah terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan membersihkan luka menggunakan air bersih dan sabun yang berbahan kimia lembut. Bersihkan luka jahitan 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari.

Setelah luka dibersihkan dengan air dan sabun, segera keringkan luka dengan handuk bersih atau kasa steril. Kamu juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat membuat luka jahitan terlalu basah, seperti berenang atau berendam air.

Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering Pasca Melahirkan

Saat kulit terluka, baik karena luka jahitan atau cedera, sebisa mungkin hindari area tersebut dari paparan sinar matahari. Hal ini karena paparan sinar matahari pada kulit yang terluka bisa menyebabkan luka tampak berbekas.

Jika kamu harus bepergian saat luka jahitan masih dalam masa pemulihan, kenakan pakaian yang menutupi luka dan menyerap keringat. Kamu juga perlu mengenakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dari matahari.

. Namun, jangan menyentuh, mengusapu-usap, apalagi sampai menggaruknya, ya. Menggaruk luka bekas jahitan dapat menyebabkan luka terbuka kembali dan memperlambat proses penyembuhan.

Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik, Paling Ampuh

Saat menjalani pemulihan luka jahitan, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi, termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan daging agar tubuh dapat memperbaiki jaringan yang rusak.

Selain itu, agar proses pemulihan luka bisa berjalan lancar, hindari aktivitas fisik berat, tidak merokok atau terpapar asap rokok, dan jauhi minuman beralkohol.

Untuk beberapa kondisi, bekas luka jahitan mungkin saja bisa tetap muncul walau kamu sudah melakukan langkah-langkah perawatan bekas luka jahitan. Kondisi ini dapat dialami oleh penderita keloid. Keloid umumnya diturunkan secara genetik dalam keluarga.

Obat Luka Jahitan Bpom, Bekas Luka Jaitan Lama, Cepat Mengeringkan Luka Jahitan, Penutup Perapat Luka Jahit Terbuka, Untuk Menghilangkan Bekas Jahitan Di Wajah Kening Dagu Pelipis Mata Kepala Tangan Kaki, Suplemen Pemulihan

Jika luka jahitan membentuk keloid, kamu mungkin perlu menghilangkan bekas luka secara medis, misalnya dengan suntikan kortikosteroid dari dokter untuk menghilangkan bekas luka yang menjadi keloid.

Luka jahitan biasanya dapat pulih dan menutup dengan sempurna dalam waktu sekitar 1–2 minggu. Dengan perawatan luka jahitan yang baik, luka tersebut bisa sembuh dengan baik dan hanya meninggalkan sedikit bekas.

Kamu perlu waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter jika muncul demam selama proses pemulihan luka, atau jika luka terlihat bengkak, bernanah, berbau, terasa nyeri, atau terus berdarah. Hal ini bisa menandakan bahwa luka jahitan mengalami infeksi.Kalkulator BMI Hitung BMI Anda dan cari tahu apakah berat Anda sudah ideal.Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Hitung di sini!Lihat lainnyaGrafik Pertumbuhan Anak Pertumbuhan anak bisa berbeda-beda. Grafik pertumbuhan hanya membantu menghitung rata-rata dari data yang diberikan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil penilaian si Kecil selama pertumbuhannya baik.Lihat lainnya

Begini Cara Tepat Mengganti Perban Untuk Luka Bekas Jahitan

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan IGD 24 jam dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis profesional untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, di antaranya Tahir Uro-Nefrologi Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Cardiovascular Center, imunisasi pneumonia, dan lain-lain.Lihat lainnyaRumah Sakit St. Carolus (RSSC) Rumah Sakit St. Carolus (RSSC) atau RS Umum Saint Carolus adalah rumah sakit Katolik pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Vikaris Apostolik Batavia (Keuskupan Agung Jakarta). Dengan pertolongan oleh Perkumpulan Perhimpunan St. Carolus Vereeniging (PPSC), rumah sakit ini memiliki visi menjadi mitra kesehatan keluarga tepercaya yang memberikan layanan medis dan keperawatan bertaraf internasional serta didukung dengan teknologi medis & digital efektik sebelum tahun 2025. Fasilitas kesehatan ini terkenal akan pelayanannya yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diraihnya di bidang medis. Beberapa di antaranya adalah mendapat predikat RS sayang bayi, terakreditasi 16 bidang, serta penghargaan sayang ibu dan bayi terbaik di DKI Jakarta. Adapun untuk layanan unggulan di sini meliputi St. Carolus Bone & Joint Centre, St. Carolus Maternity & Child Centre, St. Carolus Uro-Nephrology Center, dan St. Carolus Digestive Centre.Lihat lainnyaBrawijaya Hospital Saharjo Mengangkat gaya arsitektur semi-outdoor untuk menunjang konsep healthy lifestyle yang diangkatnya, Brawijaya Hospital Saharjo berupaya untuk menyediakan situasi yang nyaman sehingga mampu menjadi fasilitas kesehatan yang kondusif bagi para pasiennya. Terletak di daerah Tebet Barat, Jakarta Selatan, Brawijaya Saharjo menyediakan layanan-layanan unggulan bagi para pasiennya, yang meliputi Jantung, Kanker, Endoskopi, Ortopedi, hingga Akupuntur.Lihat lainnya

Cara

HestiParenting•6 monthsKisah Raka Melawan Kanker Mata: Berayun dari Dukun ke Dokterrefi SudjanaDiabetes•6 monthsBagaimana cara menyembuhkan Disfungsi ereksi pada diabetes?NNony Mercylia AKesehatan Kulit•6 monthsMenghilangkan bekas jerawatHestiBerat Badan Ideal•6 months#BMI: Cek BMI Kamu & Dapatkan Smartwatch!

Pada beberapa kasus, jaringan parut akibat luka tumbuh secara berlebihan, lalu membentuk jaringan halus dan keras yang Anda kenal dengan keloid. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang menonjol ini?

Plester Bekas Luka 21 Lembar Xl

Sebelum mengetahui cara menghilangkannya, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu bekas luka seperti apa yang bisa dikategorikan sebagai keloid. Di bawah ini beberapa ciri keloid.

Walau dapat terasa gatal, tapi bekas luka ini biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Anda mungkin dapat merasa tidak nyaman, nyeri, atau bahkan mengalami iritasi pada kulit akibat pakaian yang tergesek keloid Anda.

Pada kasus yang jarang, Anda dapat mengalami kemunculan keloid yang cukup banyak pada tubuh Anda. Ketika hal ini terjadi, jaringan keloid yang mengeras mungkin saja membatasi pergerakan Anda.

Kiat Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

Keloid lebih banyak menimbulkan masalah penampilan dibandingkan kesehatan. Anda mungkin akan merasa terganggu dengan keloid yang besar dan berada pada tempat yang mudah terlihat orang, seperti wajah atau telinga.

Selain itu, paparan sinar matahari dapat membuat keloid lebih gelap daripada kulit di sekitarnya sehingga membuatnya semakin jelas terlihat. Lindungi bekas luka Anda ketika berada di bawah sinar matahari untuk mencegah perubahan warna.

Cara

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, bekas luka yang menonjol seperti keloid biasanya sulit untuk dihilangkan. Meski telah diberi perawatan, tak jarang juga jaringan keloid akan kembali tumbuh.

Wow, Ternyata Dermatix Sangat Ampuh Untuk Hilangkan Bekas Luka! Yuk, Cari Tahu Keunggulannya Yang Lain Di Sini!

Maka dari itu, dokter seringnya menggunakan perawatan kombinasi untuk mendapatkan hasil terbaik. Perawatan untuk menghilangkan bekas luka yang menonjol meliputi hal-hal di bawah ini.

Suntikan ini merupakan salah satu cara menghilangkan bekas luka menonjol yang sering dilakukan. Obat-obatan kortikosteroid disuntikkan ke dalam keloid dan nantinya akan bekerja untuk membantu mengecilkan bekas luka.

Perawatan ini melibatkan pemotongan keloid melalui pembedahan. Memang, sekilas pembedahan ini tampak seperti solusi terbaik. Sayangnya, keloid juga masih bisa kembali setelahnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam Di Wajah Secara Alami, Aman Dan Mudah Dilakukan

Selain suntikan kortikosteroid, metode lain yang sering dijadikan pilihan yakni pemberian tekanan. Tekanan ini diberikan guna mengurangi aliran darah yang dapat memicu kembalinya keloid.

Nantinya, pasien harus menggunakan kain atau anting bertekanan (tergantung tempat keloidnya) selama 16 jam. Anda harus melakukannya secara rutin selama 6 – 12 bulan.

Laser dapat mengurangi penonjolan serta memudarkan warna keloid. Perawatan laser untuk menghilangkan bekas luka yang menonjol ini biasanya dokter kombinasikan dengan suntikan kortikosteroid atau metode tekanan.

Ragam

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka: Gunakan Lidah Buaya Hingga Lemon

Gel silikon yang berupa lembaran ini tidak hanya dapat Anda gunakan bersama dengan metode tekanan, tapi bisa juga digunakan secara terpisah. Gel silikon ini berguna untuk meratakan keloid.

Dokter biasanya akan menyarankan terapi yang tidak invasif sebagai terapi awal, seperti menggunakan silikon, injeksi, atau obat pada pembalut luka. Semua terapi ini membutuhkan penggunaan yang sering, rutin, dan hati-hati agar hasilnya dapat terlihat.

Walau jarang menyebabkan kondisi serius, keloid dapat mengganggu penampilan. Penanganan dalam menghilangkan bekas luka yang menonjol untuk keloid biasanya sulit dan tidak selalu efektif.

Ketahui Penyebab Dan Cara Menghilangkan Keloid

Keloids: Overview. 2014. http://familydoctor.org/familydoctor/en/diseases-conditions/keloids.html [diakses pada 27 November 2016] Management of keloids and hypertrophic scars. 2009. http://www.aafp.org/afp/2009/0801/p253.html [diakses pada 27 November 2016] Robles, D., et al. 2007. Keloids: Pathophysiology and management. Dermatology Online Journal, 13(3). http://escholarship.org/uc/item/2m43548r [diakses pada 27 November 2016] Study: Gene may open door for improved keloid, scar treatment [Press release]. 2015. http://www.henryford.com/body.cfm?id=46335&action=detail&ref=2180 [diakses pada 27 November 2016] Sumber gambar: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b8/Keloid.jpg/300px-Keloid.jpgSiapa yang pernah mengalami kulit yang gatal akibat luka bekas jahitan setelah melahirkan? Rasa gatal yang timbul dari luka jahitan terkadang membuat tangan ini ingin menggaruknya. Walaupun kondisi ini tak berbahaya tetapi hal tersebut sangat menyebalkan bukan. Pada kesempatan kali ini Poko ingin membagikan kepada Mamy, bagaimana sih mengurangi rasa gatal dari luka bekas jahitan pasca melahirkan.

Ketika luka bekas operasi Mamy gatal, Mamy bisa mengompresnya dengan air hangat. Hindari mengompresnya dengan air yang terlalu panas sebab bisa menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kemerahan. Cukup kompres selama 15-20 menit atau hingga rasa gatal menghilang.

Pastikan Mamy tetap terhrasi, sebab jika mengalami dehrasi akan berdampak pada masalah kulit. Jadi pastikan Mamy minum 8 – 10 gelas air setiap harinya agar kulit tetap terjaga dan terhindar dari rasa gatal akibat luka bekas operasi.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Dengan Beberapa Cara

Untuk luka bekas operasi Mamy bisa memberikan minyak zaitun untuk mengurangi rasa gatalnya. Dengan cara mengoleskannya atau memberikan pijatan seringan mungkin. Hal tersebut bisa membantu menyembuhkan segala jenis bekas luka dan memecah kolagen yang terbentuk dibawah kulit sehingga bisa merangsang proses penyembuhan.

Ini

4. Gunakan bahan alami, seperti lemon atau cocoa butter dan usapkan sedikit pada bagian jahitan untuk menghilangkan rasa gatal. Hindari penggunaan salep/ krim pada luka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak