Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bintitan Pada Mata Dengan Cepat

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bintitan Pada Mata Dengan Cepat

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bintitan Pada Mata Dengan Cepat

Bintitan atau hordeolum merupakan benjolan pada kelopak mata yang disertai dengan tanda peradangan. Misalnya, berwarna merah, nyeri, sering juga menimbulkan rasa gatal dan mengganjal.

Meskipun jarang sekali menyebabkan sesuatu yang serius, keberadaannya pasti akan mengganggu. Selain merasa tidak nyaman di area mata, bintitan bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri.

Cara

Cara pertama untuk menghilangkan bintitan di mata adalah dengan menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh mata. Pasalnya, mata bintitan bisa disebabkan oleh daerah sekitar kelopak mata yang kotor.

Cara Mengobati Mata Bintitan Yang Aman Dan Cepat

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Bahkan, sebelum memberikan obat mata—baik tetes atau salep mata—sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelumnya.

Campurkan sampo bayi dengan air, kapas atau kain. Gunakan untuk membersihkan area bintitan atau area kelopak mata. Lakukan pembersihan teratur tak hanya di area mata yang terkena bintitan, tetapi juga pada kedua mata.

Dengan menggunakan air hangat ketika mencuci muka, sumbatan kelenjar yang sering terjadi pada kasus mata bintitan akan terbuka sehingga dapat membantu mengobatinya.

Cara Alami Untuk Mengobati Mata Bintitan, Coba Kompres Dengan Bahan Ini

Cara mengobati mata bintitan dengan air garam sama seperti poin sebelumnya, yakni Anda tinggal mencampur garam secukupnya dengan air. Namun ingat, usahakan air garam ini tidak sampai masuk ke mata karena bisa bikin mata perih.

Kompres hangat juga bisa Anda jadikan cara menyembuhkan mata bintitan. Tindakan ini dapat membantu membuka saluran kelenjar pada kelopak mata yang tersumbat.

Kompres hangat bisa dibuat dengan menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat. Kemudian peras kompres, lalu tempelkan pada kelopak mata dengan kondisi mata tertutup.

Kenali Penyebab Bintitan Dan Cara Mengatasinya

Lakukan kompres pada mata sebanyak empat kali sehari selama 5-10 menit. Apabila kapas sudah tak hangat lagi, rendam kembali di dalam air hangat.

Reaksi radang ketika mengalami bintitan sering kali disertai dengan nyeri. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri untuk mengatasi mata bintitan.

Salah satu obat yang dapat Anda konsumsi adalah obat yang mengandung paracetamol. Namun, perhatikan apakah Anda punya riwayat alergi obat sebelumnya atau tidak.

Mengatasi Mata Bintitan Dengan Cara Mudah Ini

Selain beberapa cara di atas, untuk mengobati mata bintitan, Anda disarankan untuk tidak memencet benjolan. Bintitan dapat mengeluarkan nanah, yang justru akan memperburuk peradangan.

Demikian beberapa cara mudah untuk mengobati mata bintitan. Jika sudah seminggu bintitan masih saja mengganggu, bahkan tampak makin meradang, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata.Anda pasti pernah terbangun di pagi hari dan merasa ada yang berat menempel di kelopak mata. Saat melihat ke cermin, akan ada bintik merah menonjol di atas bulu mata. Jika Anda pernah mengalaminya, maka Anda pasti tahu itu adalah awal mula mata bintitan yang mengganggu. Lantas, bagaimana cara menghilangkan mata bintitan dengan mudah dan cepat?

Mengatasi

Meskipun membuat mata jadi tidak nyaman dan tak enak dilihat, bintitan biasanya tidak membahayakan. Bintitan bisa muncul di bagian luar atau dalam kelopak mata. Dikenal dengan istilah lain tembel atau hordeolum, bintitan terbentuk dari folikel bulu mata atau kelenjar minyak kelopak mata yang tersumbat. Sumbatan bisa berasal dari minyak berlebih, kotoran atau bakteri yang didapatkan saat Anda beraktivitas.

Mengenal Kalazion, Benjolan Di Kelopak Mata Tapi Bukan Bintitan

Saat menderita bintitan, Anda bisa mengalami berbagai gejala seperti mata berair, nyeri, gatal hingga mata memerah. Anda akan merasa bagian mata lecet dan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Saat mengedipkan mata, Anda mungkin akan merasa ritmenya berbeda dari biasanya.

Tersumbatnya kelenjar kelopak mata adalah salah satu penyebab utama mata bintitan. Jika Anda menderita blepharitis kronis atau disfungsi kelenjar meibom, bakteri mungkin akan menumpuk dan menginfeksi kelenjar. Ini biasa membuat Anda lebih rentan terhadap bintitan. Disfungsi kelenjar meibom juga dapat menyebabkan kualitas air mata buruk dan tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Karena sangat mengganggu, banyak orang mencari cara menghilangkan mata bintitan dalam semalam. Tentu saja karena ingin kembali beraktivitas dengan normal. Simak 5 opsi pengobatan berikut ini!

Ini Tips Sederhana Mencegah Bintitan

Mengompres mata bisa mengurangi bengkak dan membuat mata terasa lebih nyaman. Caranya, ambil selembar kain yang lembut dan basahi dengan air hangat. Dalam kondisi lembab, tekankan permukaan kain perlahan pada bagian mata yang sakit dan biarkan selama 10 menit. Lakukan ini sebanyak setidaknya 4 kali dalam sehari.

Selain dengan menggunakan air biasa, Anda bisa menggantinya dengan kompres kantong teh celup. Teh hijau dan teh kamomil terbukti paling ampuh mengurangi efek mata bintitan. Caranya cukup dengan merendam teh celup dalam air panas selama kurang lebih 3 menit. Angkat dan biarkan hingga suhunya cukup hangat kemudian peras agar air tidak membasahi mata. Tempelkan ke mata selama 15 menit, ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cara

Anda bisa mengurangi bengkak dengan cara memijat area yang sakit dengan ujung jari. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak sampai melukai bagian mata yang lain.

Cara Mengobati Mata Bintitan Yang Ampuh!

Menggunakan obat-obatan merupakan salah satu cara menghilangkan mata bintitan dengan cepat. Tetes atau salep mata yang mengandung antibiotik biasanya akan membantu menyembuhkan infeksi. Ini juga akan membuat pembengkakan di area mata berkurang perlahan-lahan.

Kelopak mata ini mampu mengurangi bakteri yang ada di kelopak mata sehingga efek infeksi dan bengkak akan berkurang. Beberapa di antaranya mengandung bahan kimia alami yang disebut asam hipoklorit. Ada juga yang dicampur minyak pohon teh yang disebut

Daun ketumbar memiliki zat yang berkhasiat sebagai anti peradangan, jamur, bakteri hingga virus. Ini akan sangat membantu penyembuhan mata bintitan yang diakibatkan oleh faktor-faktor di tersebut. Caranya cukup dengan merebus sejumput daun ketumbar dengan air setengah cangkir. Setelah mendidih, ambil daunnya kemudian tiriskan dan tungguh hingga dingin sebelum diusapkan ke bagian mata yang sakit. Air rebusannya juga bisa Anda minum untuk mempercepat proses penyembuhan.

Mata Bintitan? Simak Cara Penyembuhannya

Cara menghilangkan mata bintitan terbaik adalah dengan melakukan pengobatan sesegera mungkin. Semakin lama bintitan menempel di mata Anda, semakin besar kemungkinan itu akan berubah menjadi chalazion. Chalazion adalah kelenjar minyak yang tersumbat yang telah terinfeksi. Chalazion biasanya menyebabkan rasa sakit dan peradangan serta benjolan keras di kelopak mata.

Meskipun Anda merasa gemas untuk memecahkan bintil di mata, hindari memencetnya sendiri. Biarkan pembengkakan hilang dengan sendirinya karena meremasnya bisa menyebabkan infeksi mata semakin parah. Untuk mencegah kemungkinan kondisi mata Anda semakin parah, hindari menggunakan riasan mata atau lensa kontak sampai bintitan benar-benar hilang.

Apa

Jika selama seminggu setelah Anda menggunakan cara menghilangkan mata bintitan di atas namun gejala tidak berkurang, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter.my menyediakan tenaga kesehatan berpengalaman untuk semua masalah kesehatan Anda termasuk mata. Pastikan Anda mendapatkan diagnosis yang tepat hanya di Dokter.my untuk menghindari perawatan yang berpotensi memperparah dan membahayakan kondisi mata Anda.

Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Cepat

Teh earl grey merupakan teh hitam yang memiliki campuran bergamot. Rasa dari teh ini pedas, asam dengan aroma aromatik. Karena nama “earl

Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang paling sering terjadi. Tak hanya lansia, gejala ini dapat dirasakan oleh semua kelompok umur. Hanya

Osteosarkoma (juga disebut sarkoma osteogenik) adalah jenis kanker yang dimulai pada sel-sel yang membentuk tulang. Kebanyakan osteosarkoma dialami oleh anak-anak dan dewasa

Waspada Berbagi Riasan Mata, Ini 5 Cara Sembuhkan Bintitan Dengan Cara Alami

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan atau peradangan pembuluh darah di ujung usus besar (rektum) dan anus. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan tekanan

Limfoma (lymphoma), atau kanker getah bening, adalah salah satu jenis kanker darah yang berkembang pada sel darah putih bernama limfosit. Limfosit merupakan

Cara

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak