Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Duri Yang Nyangkut Di Tenggorokan

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Duri Yang Nyangkut Di Tenggorokan

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Duri Yang Nyangkut Di Tenggorokan

Baca Juga: 4 Artis Ini Sama Seperti Cecep Reza Meninggal Saat Tidur, Ada yang di Rumah Ada Juga yang di Lokasi Syuting

Ini penting karena jika duri ikan sudah nyangkut ditenggorokan, selain sakit dan tidak nyaman, juga sulit untuk dicabut juga dikeluarkan dari kerongkongan.

Cara

Baca Juga: Penyemangat Agung Hercules, Komedian Epy Kusnandar Pernah Menderita Kanker Otak dan Lolos dari Vonis 4 bulan Sisa Usianya Karena Terapi Ini

Jangan Panik Saat Enggak Sengaja Menelan Duri Ikan, Begini Cara Menghilangkan Duri Yang Nyangkut Di Tenggorokan

Mengenai hal itu, melansir dari monitor.co.ug, Dr. Umarashid Guloba, dokter umum di AAR menjelaskan, bahwa efek dari tulang yang tertelan tergantung pada ukurannya.

Jika itu besar dan tidak bisa melewati tenggorokan, kamu akan tersedak. Ketika ini terjadi, akan memerlukan perhatian medis untuk dihilangkan karena akan memblokir makanan, ” papar Dr. Guloba.

Baca Juga: Jadi Seorang Ibu di Usia 12 Tahun, Remaja Ini Sempat Diiming-imingi Uang Kontrak dari TV Swasta dengan Satu Syarat Ini

Duri Ikan Tersangkut Di Tenggorokan, Hilangkan Dengan 4 Cara Ampuh Ini

Dr. Guloba menjelaskan lebih jauh, Ketika menelan tulang, yang bersangkutan akan mendapatkan rasa sakit dan satu-satunya cara tulang dapat dikeluarkan dari tenggorokan adalah dengan memukul penderita dari belakang atau melakukan dorongan perut.

Ketika jalan napas telah ditutup baik seluruhnya atau sebagian sebagai akibat dari tulang yang dimakan dalam makanan, itu mengarah ke obstruksi jalan napas.

Dalam beberapa kasus, itu (tulang) mungkin sementara terjebak di usus tetapi akhirnya akan dikeluarkan sebagai tinja. Bersangkutan akan merasakan kesulitan kala BAB, hal ini mengisyaratakan tulang tidak tercerna dan sedang mengalami proses ekskresi, ” kata Guloba.

Cara Keluarkan Duri Ikan Yang Tersangkut Di Tenggorokan Tanpa Medis

Dr Arnold Nkalubo, spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) di Rumah Sakit Rujukan Nasional Mulago, mengatakan; kelompok umum orang yang rentan menelan tulang adalah yang sedang makan bersama, mereka yang makan dalam cahaya redup dan tidak dapat melihat dengan benar apa yang mereka masukkan ke mulut mereka, mereka yang mencampur daging yang berbeda serta mereka yang menggunakan garpu.

“Ketika makan makanan keras, itu memperburuk situasi dengan mendorong tulang lebih dalam ke tenggorokan sehingga sulit untuk dihilangkan. Yang terbaik adalah minum segelas air atau jus dan mencari perhatian medis, papar Nkalubo.

Daripada melakukan yang tidak jelas kebenarannya, yang malah bisa memperburuk keadaan, seperti yang dipaparkan Nkalubo, saat merasakan tulang ikan tersangkut di tenggorokan kita bisa melakukan beberapa upaya, seperi;

Tips Menghilangkan Duri Ikan Yang Nyangkut Di Tenggorokan

Idenya di sini adalah pisang akan cukup licin untuk menembus tenggorokan namun cukup besar untuk mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut di sana.

Nasi dikepal-kepal hingga menyerupai bola kecil, dan menelan bola ini utuh. Jangan mengunyah sebelum menelan. Siapkan segelas air saat Anda melakukan ini juga.

Oleskan selai kacang pada sepotong roti dan taruh ini di mulut. Tunggu air liur Anda untuk melembabkan roti supaya mudah untuk ditelan. Kemudian telan semuanya.

Balasan Dari 8 Cara Hilangkan Tulang Ikan Yang Nyangkut Di Tenggorokan

Jika tidak ada solusi yang berhasil, segera ke dokter untuk menghilangkannya. Membiarkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan selama satu atau dua hari dapat menyebabkan infeksi.

Jika solusi ini tidak mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan, berarti tulang ikan tertanam lebih dalam dan mungkin memerlukan perhatian medis profesional untuk menghilangkannya.

View this post on Instagram Salam sehat. Frozen food tak bergizi? Simak baik-baik video fakta frozen food berikut ini. #gridid #gridnetwork #inspiringbetter #frozenfood #faktafrozenfood #makananbergizi #makananpraktis #makananinstan A post shared by Grid (@grid_id) on Apr 26, 2019 at 6:32am PDT

Menelan Tulang Ikan Tanpa Sengaja? Ini 8 Cara Mengatasinya

#buah Yang Mengandung Kolesterol #cara Mencegah Kolesterol #dr R Cahyono Sp Naturopathy #makanan Yang Menaikkan Kolesterol #titik Pijat #kolesterol Tinggi #penis #takaran Minum Air Putih Untuk Pengidap Diabetes #titik Pijat Batuk #bentuk Vagina1. Makan Pisang 2. Batuk 3. Makan Marshmallow 4. Makan Roti 5. Menelan Minyak Zaitun 6. Minum Air Garam 7. Minum Air Soda 8. Makan Nasi 9. Minum Cuka Sari Apel 10. Menunggu Hingga Duri Ikan Turun Sendiri 1. Minum Air Karbonasi 2. Minum Minyak Zaitun 3. Mentega 4. Minum Air Putih

Duri ikan yang tersangkut di tenggorokan memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Terkadang duri yang menyangkut di tenggorokan ini juga menimbulkan rasa sakit saat menelan. Oleh karena itu, seseorang harus tahu bagaimana cara mengatasi keselek duri ikan.

Saat

Duri ikan memang berukuran sangat kecil dan tidak terlalu tajam. Namun, sering kali duri bisa tersangkut dan membuat tidak nyaman. Umumnya duri ikan bisa turun dengan sendirinya melalui proses pencernaan alami.

Bukan Nasi Yang Dikepal, Ini Cara Terbaik Untuk Mengatasi Tulang Ikan Yang Nyangkut Di Tenggorokan

Namun, terkadang duri bisa menyangkut di tenggorokan dan menimbulkan masalah, seperti sulit menelan atau kesulitan bernapas. Untuk itu, kali ini akan dibahas 10 cara mengatasi keselek duri ikan yang bisa dilakukan agar duri ikan tidak menimbulkan masalah pada tenggorokan. Simak selengkapnya berikut ini.

Dilansir situs Tuasaude, salah satu cara mengatasi keselek duri ikan adalah dengan mengkonsumsi pisang. Hal ini karena pisang merupakan jenis makanan yang lunak dan tidak akan melukai area tenggorokan. Ketika ditelan, pisang yang telah dikunyah akan membantu untuk mengangkat duri ikan yang tersangkut di tenggorokan dan mendorongnya masuk ke dalam perut. Dengan begitu, duri ikan akan larut dengan sendirinya oleh asam lambung.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan pertama tubuh untuk melindungi tenggorokan dan saluran pernapasan. Batuk dapat menciptakan dorongan udara yang kuat di area tenggorokan, sehingga mampu membantu mendorong duri ikan yang menyangkut keluar dari tenggorokan.

Tips Mengatasi Duri Ikan Yang Nyangkut Di Tenggorokan » Suara Buruh

Oleh sebab itu, jika merasa ada duri ikan yang mengganjal di tenggorokan, cobalah untuk batuk dengan kencang. Dengan begitu, duri ikan bisa keluar dari tenggorokan.

Marshmallow merupakan makanan yang cukup lembut dan lunak, sehingga dapat digunakan untuk menjadi salah satu cara mengatasi keselek duri ikan. Marshmallow memiliki tekstur yang lembut dan cukup lengket, sehingga ketika memakannya, duri akan menempel di marshmallow dan terdorong masuk ke dalam perut.

Cara mengatasi keselek duri ikan yang satu ini kurang lebih sama dengan pisang dan marshmallow. Hal ini karena roti memiliki tekstur yang cukup lembut dan tidak akan melukai tenggorokan saat ditelan.

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Tersedak Duri Ikan

Cara untuk melakukannya adalah dengan membasahi roti menggunakan air agar teksturnya menjadi lebih lembut. Setelah itu, buat roti yang telah dibasahi tersebut menjadi bola kecil yang dapat ditelan.

Kemudian, telanlah roti tersebut tanpa dikunyah terlebih dahulu untuk membantu mendorong duri ikan yang tersangkut di tenggorokan masuk ke dalam perut. Selain menggunakan roti, menggunakan kentang yang telah dimasak hingga lembut juga bisa menjadi cara efektif untuk membantu mengatasi keselek duri ikan.

Duri

Menelan satu sendok hingga dua sendok minyak zaitun bisa jadi cara yang efektif untuk mengatasi keselek duri ikan. Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelumas alami yang mampu untuk melembabkan tenggorokan dan membuat duri ikan turun dengan sendirinya ke dalam perut.

Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan!

Minum air garam juga bisa jadi cara mengatasi keselek duri ikan yang bisa dicoba di rumah. Caranya adalah dengan mengambil segelas air hangat, kemudian tambahkan sejumput garam dan aduk hingga larut.

Nantinya, duri ikan yang tersangkut akan ikut luruh dengan air garam dan masuk ke saluran pencernaan. Namun, jika cara ini tidak berhasil, hindari untuk mengulangi cara ini beberapa kali. Sebab, mengkonsumsi air garam berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Air soda dapat membantu untuk memproduksi gas di dalam tubuh. Gas ini bisa bermanfaat untuk mendorong duri ikan yang tersangkut keluar dari tenggorokan. Alhasil, tenggorokan akan terasa lega.

Jangan Panik, Ini Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan

Nasi memiliki tekstur yang lembut dan dapat membantu untuk mendorong duri ikan masuk ke saluran pencernaan. Caranya adalah dengan membentuk nasi hangat menjadi bola-bola kecil. Kemudian, telan nasi tersebut tanpa dikunyah terlebih dahulu. Pastikan juga untuk menyiapkan segelas air putih untuk membantu mendorong nasi dan duri ikan masuk ke dalam saluran pencernaan

Minum sedikit air cuka sari apel bisa membantu untuk memecah tulang ikan dan membuatnya menjadi lembut dan mudah untuk ditelan. Caranya adalah dengan mengencerkan 2 sendok makan cuka ke dalam secangkir air dan minum hingga duri berhasil turun ke saluran pencernaan. Cairan cuka bersifat asam sehingga mampu untuk menghancurkan duri ikan yang nyangkut

Dilansir situs Healthline, jika duri ikan yang tersangkut tidak menyebabkan kesulitan bernapas, kamu bisa menunggu beberapa saat hingga duri ikan secara alami turun ke perut dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Duri Ikan Nyangkut Di Tenggorokan Tanpa Gumpalan Nasi, Langsung Lenyap Kalau Pakai Jajanan Anak Ini

Namun, jika duri ikan tidak kunjung turun dan justru menyebabkan nyeri hingga gangguan pernapasan, segera kunjungi unit gawat darurat terdekat untuk mendapatkan penganan yang lebih tepat.

Tidak ada obat khusus yang bisa membantu untuk mengatasi keselek duri ikan. Namun, jika cara-cara di atas kurang efektif untuk membantu mengatasi duri yang nyangkut di tenggorokan, cobalah untuk menggunakan beberapa cara berikut ini.

Cara

Meminum air berkarbonasi atau bersoda dianggap mampu untuk membantu mengeluarkan makanan atau duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Dilansir situs Healthline, biasanya dokter atau ahli kesehatan lainnya sering menggunakan teknik sederhana ini untuk membantu memecah makanan yang menyangkut di tenggorokan.

Enggak Perlu Telan Gumpalan Nasi, Begini Cara Paling Ampuh Mengatasi Duri Ikan Yang Nyangkut Di Tenggorokan!

Saat dikonsumsi, minuman bersoda bisa memicu munculnya gas karbon dioksida yang dapat berfungsi untuk menghancurkan duri ikan yang tersangkut. Tekanan gas ini juga nantinya akan membantu mengeluarkan makanan yang tersangkut, sehingga tenggorokan menjadi lebih lega.

Minyak zaitun juga dipercaya mampu untuk mengatasi keselek duri ikan. Hal ini karena minyak zaitun bisa berfungsi sebagai pelumas alami. Saat duri ikan tersangkut, cobalah untuk meminum satu hingga dua sendok makan minyak zaitun secara langsung. Nantinya, minyak zaitun akan melapisi lapisan tenggorokan dan membuat duri ikan turun dengan sendirinya ke perut.

Selain menggunakan minyak zaitun, mentega juga bisa berfungsi sebagai pelumas ekstra untuk melicinkan area tenggorokan. Meskipun mentega tidak enak jika dikonsumsi secara langsung, makan satu sendok mentega dipercaya mampu untuk membantu melembapkan area tenggorokan dan mempermudah duri ikan yang tersangkut turun ke perut.

Duri Ikan Nyangkut Di Tenggorokan, Segera Lakukan Cara Cepat Dan Efektif Ini Untuk Melepaskannya

Minum air putih dalam porsi yang banyak juga bisa membantu untuk mengatasi keselek duri ikan. Hal ini karena air putih dapat membantu untuk menurunkan duri ikan dan membuatnya ikut mengalir bersamaan dengan air putih menuju ke perut.

Dikutip dari situs Health University of Utah, ketika kamu masih merasa baik-baik saja setelah keselek duri ikan, maka tidak perlu khawatir. Sebab, duri ikan umumnya dapat hancur dan turun dengan sendirinya dari tenggorokan melalui proses pencernaan alami.

Namun, jika muncul rasa

Tips Mujarab Menghilangkan Duri Ikan Yang Tersangkut Di Tenggorokan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak