Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Rasa Ngantuk Yang Berlebihan

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Rasa Ngantuk Yang Berlebihan

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Rasa Ngantuk Yang Berlebihan

Ada banyak cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja. Ini penting untuk diketahui demi menjaga sikap profesional dan mengoptimalkan produktivitas Anda dalam bekerja.

Cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja yang perlu Anda terapkan sebenarnya tak luput dari pola aktivitas yang Anda jalani sebelum berangkat kerja dan selama bekerja. Pasalnya, beberapa kebiasaan terbukti efektif dalam meredam munculnya rasa kantuk dan lelah.

Cara

Tidur yang cukup di malam hari, memulai hari dengan sarapan, dan mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengurangi munculnya rasa kantuk dan lelah saat bekerja.

Cara Mengatasi Ngantuk Di Pagi Hari

Jika Anda telah menerapkan hal tersebut tapi keluhan ngantuk dan lelah tetap muncul, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Duduk terlalu lama bisa memicu munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu di sela-sela waktu bekerja, Anda disarankan untuk berjalan kaki sejenak, entah untuk pergi ke toilet, mengangkat telepon, atau mengunjungi meja rekan kerja untuk mendiskusikan pekerjaan yang sedang dikerjakan bersama.

Melakukan aktivitas seperti ini selama lima menit saja dapat membuat Anda terjaga hingga satu jam setelahnya. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk bangkit dari meja kerja, ya.

Coba Menghilangkan Ngantuk Pakai Cara Ini

Mata lelah dan pikiran yang sumpek karena terus-menerus menatap layar komputer bisa membuat Anda lelah dan mengantuk, atau bahkan merasakan sakit kepala tegang. Jadi, alihkan mata dan perhatian Anda dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

Rasa kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Untuk itu, saat merasa ngantuk, cobalah untuk mengatur pernapasan Anda kembali. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali.

Dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi air putih yang cukup, yaitu setidaknya 1 gelas besar setiap jamnya.

Tips Agar Tak Mengantuk Saat Wfh Dan Berpuasa

Salah satu cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja yang populer adalah mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Kafein memang dapat mengusir rasa kantuk, tapi Anda disarankan untuk mengonsumsi secangkir kopi saja.

Minum kopi dapat memicu dehidrasi, yang kemudian bisa menambah rasa lelah. Jadi jika ingin minum kopi, pastikan kebutuhan air putih Anda tetap tercukupi. Selain itu, hindari minum kopi di sore hari agar Anda tidak sulit tidur di malam harinya.

Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Pada kondisi ini, makanan ringan dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mengusir rasa kantuk dan lelah.

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Pagi Hari Dan Penyebabnya

Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak selama 10–20 menit. Jika tidak memungkinkan atau Anda tidak dapat tidur, pejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja selama 10 menit tanpa distraksi apa pun agar Anda dapat kembali lebih segar.

Cara-cara di atas dapat menghilangkan rasa kantuk dan lelah. Namun, perlu diingat pula bahwa mencukupi kebutuhan tidur harian sangatlah penting. Jadi, pastikan waktu tidur malam Anda tercukupi dan hindari kebiasaan begadang agar tubuh tetap bugar pada keesokan harinya.

-

Munculnya rasa kantuk secara terus menerus juga bisa menjadi pertanda dari penyakit tertentu. Jika waktu tidur malam Anda telah tercukupi dan cara-cara di atas tidak juga menghilangkan ngantuk dan lelah yang Anda rasakan di tempat kerja, coba periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.Apakah kamu juga sering mengeluhkan hal tersebut? Jika iya, berarti kita sama. Secara umum rasa ngantuk ini memiliki banyak penyebab lho, mulai dari kurang tidur, bosan, kurangnya aktivitas fisik, hingga stres. Nah, bagi kamu yang mungkin bingung menghadapi permasalahan ini, yuk simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa tips dan cara menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Di Kantor Agar Tetap Fit

Ketika mendengar kata kafein, pasti hal yang pertama kali terbayang olehmu adalah kopi. Dengan kandungan kafein di dalamnya, membuat kopi dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi rasa ngantuk.

Dikutip dari Houston Methodist, minuman berkafein sangat cepat diserap oleh tubuh termasuk otak, sehingga ketika setelah dikonsumsi akan menimbulkan efek waspada dan terjaga. Oleh karena itu, minuman ini sangat cocok bagi kamu yang sering ngantuk di tempat kerja. Namun, jangan sampai berlebihan ya.

Tak jarang beberapa dari kamu mungkin cepat merasakan lelah, kepala terasa berat dan akhirnya merebahkannya ke atas meja. Adapun hal ini dapat disebabkan oleh dirimu yang terlalu lama duduk sambil memaksakan menyelesaikan pekerjaanmu. Berdasarkan penelitian dari British Medical Journal

Cara Ampuh Mengatasi Rasa Ngantuk Di Sekolah

Sebagai solusi dari hal tersebut, cobalah bangun dari tempat dudukmu dan ambil waktu sebentar dengan jalan-jalan keluar ruangan untuk menghirup udara segar. Hal ini terbilang cukup efektif. Dengan berjalan-jalan sebentar dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan membantumu tetap terjaga serta dapat berkonsentrasi kembali pada pekerjaanmu.

Selain mencari udara segar, kamu dapat melatih dan mengatur pernapasan agar dapat menjadi lebih rileks. Terkadang kita tidak sadar bahwa pernapasan yang kita lakukan pada saat bekerja tidak memberikan oksigen secara optimal.

Merasa

Dengan meluangkan waktu untuk berlatih pernapasan dalam setiap hari dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh dan membantu mengurangi kelelahan. Kamu dapat mencobanya dengan mengambil beberapa napas lambat dan dalam ke perut. Hal ini dapat membuatmu untuk merasa segar kembali dan waspada untuk sementara.

Sering Ngantuk Di Pagi Hari? Berikut 9 Cara Hilangkan Ngantuk Di Pagi Hari Agar Lebih Produktif

Seperti yang kamu ketahui musik memiliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan fokus dan daya ingat. Menurut Masha Godkin yang merupakan profesor dari Universitas Northcentral, musik dapat mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Pengaktifan kedua belahan otak ini dapat memaksimalkan pembelajaran dan meningkatkan daya ingat.

Selain itu, musik memiliki efek mendalam pada suasana hati, tekanan darah, dan detak jantung. Agar kamu dapat menjadi fokus, pilihlah lagu yang membuatmu tetap terjaga, tetapi tidak sampai menyebabkan kamu menggoyangkan anggota tubuhmu.

Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang bertanya-tanya seberapa efektifnya cara ini. Adapun tidur siang pada kasus ini bukanlah tidur siang yang berjam-jam. Melainkan hanya berlangsung beberapa menit saja. Dikutip dari Sleep Fondation, tidur siang yang berlangsung 10 hingga 20 menit dianggap sebagai waktu yang ideal untuk memulihkan diri. Istilah yang cukup dikenal sebagai “power naps“ ini memberikan manfaat pemulihan diri tanpa membuat kamu merasa mengantuk sesudahnya.

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Di Kelas

Agar dapat bangun tepat waktu. Selain itu, agar menjadi lebih segar, kamu juga bisa mencoba untuk mencuci muka dengan air dingin setelah bangun dari

Memakan makanan ringan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang kesulitan melawan rasa kantuk di siang hari. Namun, tentunya cemilan yang kamu makan haruslah sehat. Pilihlah cemilan yang memiliki kandungan campuran protein, karbohidrat, dan lemak sehat.

Gampang

Kacang-kacangan, granola, telur rebus, yogurt serta buah segar, seperti pisang, anggur, atau apel dapat menjadi cemilan yang baik bagi kamu. Adapun cemilan tersebut dapat membantu menjaga gula darah dan membuat perhatianmu stabil sepanjang hari.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Di Kelas

Minum air putih dianggap cukup membantu kamu untuk merasa segar kembali. Bagi yang tidak bisa minum kopi, air putih bisa menjadi pilihan bagi dirimu. Dengan menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan dapat membuatmu tetap terjaga. Sebab ketika kamu dehidrasi, maka dapat membuat kamu lebih sulit berkonsentrasi pada pekerjaan.

Bau tajam atau menyengat dapat membantu membangunkan indra dan membuatmu merasa lebih waspada. Kamu dapat menyediakan beberapa minyak beraroma kuat di atas meja kerjamu seperti, minyak kayu putih, jeruk, atau peppermint. Kamu juga dapat mengoleskan minyak tersebut pada tangan dan pelipis untuk membantumu tetap terjaga dan berenergi.

Itulah beberapa cara menghilangkan ngantuk saat bekerja yang bisa kamu langsung terapkan. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai tips mengenai dunia kerja maupun gaya hidup, kamu bisa cek artikel lainnya di Skill Academy. Sedangkan jika kamu berniat untuk meningkatkan kemampuan di dunia kerja, kamu bisa langsung menuju Skill Academy atau klik

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berangkat Kerja Di Pagi Hari

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak