Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Cacar Dimuka

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Cacar Dimuka

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bekas Cacar Dimuka

, Jakarta – Pascasembuh, cacar air dapat menimbulkan bekas pada kulit seseorang. Kondisi ini berupa bercak atau lapisan kulit yang berbeda dari kulit normal berwarna cokelat atau kemerahan. Namun, bekas cacar juga dapat muncul secara berlubang (bopeng).

Meski dapat memudar seiring waktu, dalam beberapa kasus, bekas cacar yang berlubang mungkin tetap ada. Bagi sebagian orang, tentu kondisi ini dapat mengganggu penampilan.

Tak

Atau lidah buaya terbukti secara klinis bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah menghilangkan bekas luka cacar. Hal ini karena senyawa di dalam gel

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Di Wajah Yang Sudah Berlubang Secara Alami

Pengelupasan atau eksfoliasi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga dapat merangsang pertumbuhan kulit muda dengan baik. Adapun, eksfoliasi bekas luka dapat membantu menghilangkan sebagian kulit berpigmen atau kasar.

(OTC) atau terjual bebas dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan bekas cacar berlubang. Namun, pastikan untuk memilih produk sesuai dengn seberapa baru bekas cacar tersebut. Jika bingung memilih, kamu bisa berdiskusi dengan dokter spesialis kulit.

Madu bersifat antibakteri dan anti peradangan yang dapat mendukung proses regenerasi dan penyembuhan sel. Alhasil, madu juga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan bekas cacar yang berlubang.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Dengan Mudah

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan madu ke area bekas cacar setiap malam sebelum tidur. Kemudian, tutup bekas cacar yang berlubang dengan perban. Di pagi hari, buka perbannya dan bilas bekas cacar dengan air hangat.

Selain itu, masih ada sejumlah bahan alami untuk menghilangkan bekas cacar. Baca informasinya dalam artikel: Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat Alami.

Jika penggunaan obat bebas dan bahan alami tak membuahkan hasil, sudah saatnya memeriksakan kondisi ke dokter. Nantinya, dokter spesialis kulit dapat merekomendasikan tindakan seperti:

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Yang Alami, Aman Dilakukan

Eksisi bekas luka adalah pilihan ketika semua teknik penghilangan bekas luka lainnya gagal. Dalam prosedurnya, dokter akan membius pasien kemudian mengangkat jaringan parut melalui pembedahan. Kemudian, dokter akan menjahit area tersebut.

Atau pengisian jaringan lunak seperti asam hialuronat dapat menjadi pilihan untuk mengatasi bopeng bekas cacar. Namun, hasil dari perawatan ini biasanya hanya berlangsung sekitar enam bulan. Baca informasi mengenai prosedur ini lebih lengkap dalam artikel: Ini Prosedur Derma Filler yang Perlu Diketahui.

Adalah prosedur yang relatif baru yang menggunakan jarum yang sangat kecil. Adapun tindakan medis ini bertujuan untuk merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus.

Cara

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Secara Alami Dan Medis

Itulah cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang. Jika kamu atau keluargamu masih memiliki pertanyaan seputar hal ini, segeralah hubungi dokter spesialis kulit. Cek rekomendasi dokter spesialis kulit terbaik dari aplikasi .

Referensi: Healthline. Diakses pada 2023. What Treatments Fade or Remove Chickenpox Scars? Medical News Today. Diakses pada 2023. Best treatments for chickenpox scar removal.Bekas cacar yang berupa bopeng atau noda hitam tentu mengganggu penampilan, terutama jika bekasnya ada di area wajah. Apa lagi jika kamu mendapatkan penyakit ini ketika sudah dewasa, biasanya bekasnya menjadi lebih susah hilang karena proses regenerasi kulit sudah mulai melambat. Namun, kamu tak perlu panik, ini 5 cara menghilangkan bekas cacar di wajah yang ampuh dan bisa kamu coba.

Saat cacar, kondisi jaringan kulit biasanya menjadi rusak. Untuk mengembalikan jaringan kulitmu seperti sediakala, kamu bisa coba menggunakan gel silikon. Gel silikon ini berfungsi untuk menghidrasi permukaan kulit bagian luar, melindungi jaringan parut dari infeksi bakteri, mencegah produksi kolagen berlebih di area kulit yang luka, serta merangsang perbaikan jaringan kulit.

Wajib Dicoba, Ini Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami

Namun, kamu perlu ingat bahwa gel silikon ini sebaiknya tidak digunakan pada luka yang masih terbuka. Aplikasikan gel silikon ini hanya pada bekas cacar yang sudah mengering. Keunggulan lain yang dimiliki gel silikon ini antara lain dapat meredakan rasa gatal dan tidak nyaman di sekitar bekas luka, mudah digunakan, dan minim efek samping yang negatif.

Untuk mengangkat sel kulit mati. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, cara ini juga berguna untuk merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga bekas cacar airmu lebih mudah memudar.

Cara

Untuk menghilangkan bekas cacar air kamu bisa mengoleskan krim retinol. Kandungan retinol sudah terbukti secara klinis berguna untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Maka tak heran, krim retinol sangat membantu untuk menghilangkan bekas cacar air .

Tips Dan Cara Alami Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Ampuh

Cara penggunakan krim retinol yang merupakan turunan dari vitamin A ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya pada bekas luka cacar air yang ingin kamu hilangkan. Namun, kamu harus konsisten dalam menggunakan krim retinol agar hasilnya maksimal. Oleskan krim retinol setiap malam hari menjelang kamu tidur.

Namun, krim retinol memiliki efek samping berupa potensi iritasi terutama pada kulit sensitif. Sebab, kandungan retinol tergolong cukup keras untuk kulit sehingga alteratifnya jika kulitmu sensitif sebaiknya hanya gunakan krim retinol dalam rentang waktu dua hari satu kali saja.

Buah lemon memiliki antioksidan alami yang baik melawan radikal bebas penyebab peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dari lemon juga dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat membantu mencerahkan kulit. Keasaman dalam perasan lemon bisa membantu mengurangi bagian kulit yang lebih gelap atau hiperpigmentasi akibat bekas cacar.

Cara Mengobati Penyakit Cacar Yang Ampuh Dan Tepat

Tetapi kamu perlu mencairkannya dengan air supaya tidak membuatnya terbakar, sebab terkadang lemon alami cukup keras untuk kulit sensitif.Campurkan satu bagian perasan lemon segar dengan lima bagian air. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan sapukan pada bagian yang gelap. Basuh dengan air dingin setelah sekitar 10 menit.

Wajib

Pepaya hingga lembut, lalu oleskan di area kulit yang terdapat bekas cacar. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Kamu juga bisa mencampurkan madu yang fungsinya mengatasi kulit kering. Tak hanya berguna sebagai cara untuk menghilangkan bekas cacar, bonusnya kulitmu pun akan terasa lebih halus.

Kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa, untuk menghilangkan bekas cacar pada wajah. Caranya? Cukup balurkan beberapa tetes minyak kelapa pada bekas cacar. Setelah itu pijat-pijat wajah secara perlahan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu diamkan selama satu jam, agar minyak kelapa meresap ke dalam kulit wajah. Agar hasilnya optimal, disarankan kamu mengulangi langkah-langkah tadi sebanyak dua sampai empat kali sehari.

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Cacar Air, Bungkus Bekas Lukanya Dengan Olesan 1 Bahan Ini, Efeknya Bikin Melongo!

Selain menyehatkan tubuh kita, oatmeal ternyata dapat membantu menghilangkan bekas cacar pada kulit. Karena oatmeal kaya dengan kandungan antioksidan dan antiperadangan.Untuk mendapatkan manfaat dari oatmeal, kamu cukup menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya? Cukup seduh oatmeal menggunakan air hangat, lalu diamkan hingga oatmeal dingin. Setelah itu gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan kurang lebih 10 menit, lalu cuci wajahmu menggunakan air bersih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak