Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Cupang Kuncup

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Cupang Kuncup

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Cupang Kuncup

Hai GanSis! Hai semua pecinta ikan Cupang!! Apakah antusias kalian terhadap ikan Cupang masih sebesar saat awal-awal Pandemi? Dengar-dengar, semenjak kondisi perlahan mulai normal dan orang-orang sudah mulai bekerja lagi, pamor ikan lagi agak menurun nih. Mungkin sudah gak sempat merawatnya lagi ya GanSis.

Tapi gak apa, itu tandanya kondisi sekarang mulai normal lagi dan semoga ekonomi perlahan membaik. Kiranya seperti itu kondisi pasaran ikan cupang di lingkungan saya saat ini.

Ini

Dan buat GanSis yang masih kesusahan merawat ikan Cupang, di thread ini saya akan bagi tips mengatasi ikan Cupang yang ekornya kuncup.

Tanda Ikan Cupang Stres Dan Cara Menanganinya

Btw, saya dirumah ada pelihara ikan Cupang dan karena jumlahnya banyak maka saya jual juga. Sebenarnya saya lebih familiar menyebutnya ikan laga, di Sumatera memang begitu. Sehingga terkadang sering terjadi perdebatan

Menjelaskannya saya pakai persamaan antara belacan dan terasi. Ya sama saja antara ikan cupang dan ikan laga. Dan sebenarnya sejauh pengetahuan saya, penyebutan Ikan laga lebih cocok untuk jenis ikan Cupang: Katong, Bagan dan sejenisnya yang bertipe fighter. Sedangkan Ikan Cupang lebih menyeluruh semua jenis betta fish, termasuk ikan Cupang hias. (Koreksi bila salah)

Kenapa saya jelaskan jenis-jenis ikan Cupang. Karena biasanya perawatan ikan Cupang juga tergantung jenisnya. Untuk jenis Cupang bermental petarung, seperti Katong. Fisiknya lebih tahan banting. Yang penting dikasihi makan, tanpa perlu perawatan yang njlimet. Makan ikannya tetap hidup dan sehat. Plus, lebih cepat besar. Oke, jadi untuk perawatan ikan Cupang jenis fighter ini kita skip aja. Langsung lanjut ke perawatan ikan Cupang Hias yang ekornya kuncup.

Jual Promed Obat Ikan Cupang Solusi Ekor Kuncup Sirip Lengket & Anti Stress

Ikan Cupang yang ekornya sering kuncup biasanya banyak dialami oleh ikan Cupang jenis Halfmoon, Sisir (cocktail), Siam dan Plakat. Apalagi untuk jenis ikan Cupang yang tren akhir-akhir ini, yang warna-warni itu. Seperti Koi, Fancy, Avatar, Blue Reem dan banyak lagi. Waduh, kalau itu penyakitnya lumayan banyak. Belum lagi kalau salah rawatan, warnanya gak muncul dan lama banget gedenya. Maka itu harganya jadi mahal.

Ya ini saya cerita dari sudut pandang pengalaman saya saja ya. Dari yang saya tahu sebab ekor ikan Cupang kuncup karena ikannya stres. Faktor utamanya karena lingkungannya. Biasanya tempat kekecilan.

Gambar diatas adalah pajangan ikan Cupang saya. Sengaja tempat kecil karena supaya muat banyak. Sebenarnya itu perawatan susah, karena harus sering ganti air. Kalau tidak, nanti ikannya ekornya jadi kuncup. Lesu gitu, ekornya gak mau mekar.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Sirip Ikan Cupang Yang Rusak

Kalau sudah begitu, solusi pertama ganti air. Jika perlu ganti tempat. Idealnya kalau tempat ikan Cupang sebesar toples ini. Kalau ini gak sering ganti air juga gak apa-apa.

Ya ini resep obat ikan Cupang yang sering saya gunakan. Manjur dan murah meriah. Ingat ya garamnya yang garam ikan, garam yang kasar itu bukan garam di dapur Mamak.

Ini contoh ikan Cupang kemarin yang ekornya kuncup, kemudian ditaruh soliter kaca begini. Pakai air baru, garam dan daun Ketapang. Sekarang sudah sehat kembali.

Tips

Tips Mengatasi Ekor Ikan Cupang Yang Kuncup

Kuncinya ada pada lingkungan atau wadah ikan Cupangnya. Jadi kalau di toples atau botol, Si Cupang masih lesu aja. Berarti dia minta refreshing gitu, minta main ke wadah yang lebih gede.

Bila belum cukup juga, bisa ditaruh ke tempat yang lebih gede lagi. Jika GanSis punya kolam atau jika punya halaman bisa buat kolam dulu. Tujuannya agar mengkondisikan ikan Cupang di alam terbuka. Supaya lebih segar dia.

Oia, ini saya coba eksperimen baru. Wadah ikan Cupang disandingkan dengan tanaman kangkung. Biasanya untuk ikan Cupang yang sakit. Ya saya sih nothing to lose aja, seumpama ikannya gak tertolong lagi. Masih bisa panen kangkung, selain kangkungnya bisa untuk peneduh ikan.

Perhatikan 7 Ciri Ikan Cupang Sakit Dan Cara Penanganannya

Gimana ya, setidaknya kita sudah berjuang merawat ikan Cupang. Jikalau belum berhasil, maka sudah waktunya untuk mengeluarkan kata andalan dokter di sinetron IndonesiaSalah satu penghobi dan penjual ikan cupang yang berada di Kota Malang saat memperlihatkan beberapa koleksi cupangnya. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

, MALANG – Ikan cupang yang sudah menjadi komoditas dan trend masyarakat sejak tahun 2020 lalu sebenarnya memiliki beberapa cara dalam merawatnya. Khusunya saat musim hujan seperti saat ini yang membuat ikan cupang lebih rentan mengalami penyakit kuncup.

Cara

Salah satu penghobi dan penjual ikan cupang yang berada di Kota Malang, Edgar (28) memberikan beberapa tips dan trik dalam menghadapi persoalan ikan cupang yang rentan terkena penyakit kuncup di masa penghujan ini.

Penyakit Busuk Sirip Pada Ikan Cupang, Penyebab Dan Gejalanya

Sebenarnya penyakit yang di akibatkan oleh cuaca hujan ini beragam. Akan tetapi penyakit kuncup ini menjadi salah satu yang perlu di perhatikan. Jika ikan cupang terkena kuncup, khawatirnya ikan tersebut bisa mengalami stress dan merembet ke penyakit lain seperti sisik nanas dan perut kembung hingga menyebabkan kematian, ujar Edgar saat ditemui TIMES Indonesia di kediamannya, Minggu (10/01/2021).

Edgar mengatakan, beberapa faktor penyebab ikan cupang mudah terkena penyakit kuncup ini karena faktor suhu air yang terlalu dingin, kemudian juga tidak menjaga kebersihan air hingga pemilihan makanan yang tidak tepat.

Tips pertama, pastinya harus menjaga kualitas air agar tetap hangat karena suhu dingin yang diakibatkan hujan ini bisa sangat mengganggu ikan cupang. Setelah itu juga ada air yang memang harus dijaga dengan baik, apalagi dalam musim penghujan ini biasanya air cukup keruh ya dan pastinya kita harus memberikan langkah cepat untuk mengatasinya, ungkapnya.

Promo Obat Kuning Pdam Series Untuk Cupang Kuncup Dan Fin Rot (acriflavine)

Dirinya menjelaskan, untuk mengatasi kondisi air agar tetap baik untuk ikan cupang, harus didiamkan dulu sekitar dua sampai tiga hari dan jangan lupa diberi garam secukupnya.

Penyakit

Garam itu untuk menetralisir kuman yang ada didalam air, tapi diberik secukupnya. Ya mungkin sekitar setengah sendok teh lebih, sesuaikan saja. Setelah itu bisa diberik daun ketapang yang berfungsi untuk menetralkan PH air dan membantu mempercepat mutasi warna ikan cupang agar terlihat lebih pekat dan bagus, jelasnya.

Sementara itu, solusi untuk ikan cupang yang sudah terlanjur kuncup, Edgar menyarankan agar cepat dilakukan treatment khusus agar bisa segera memulihkan kondisi ikan tersebut.

Cara Khusus Merawat Ikan Cupang Halfmoon, Tips Agar Panjang Umur Dan Sehat

Pertama sediakan wadah yang di beri air rendaman, kemudian beri garam dan beri obat biru ataupun daun ketapang yang dijual di toko ikan. Ini bertujuan agar perkembangan ikan dan kondisi ikan bisa segera pulih kembali. Ingat jangan terlalu lama, harus segera di tangani, katanya.

Yang terkahir, setelah mengatur kesiapan air yang digunakan, dirinya juga menyarankan agar ikan bisa didamkan selama tuga hari di dalam air yang sudah di treatment.

Jika masih tidak pulih, segera ganti air lagi. Lakukan saja dua atau tiga kali hingga ikan cupang bisa pulih dengan treatment yang sudah saya jelaskan mulai air hingga makanan khusus, pungkasnya. (*)

Kenapa

Penyebab Dan Cara Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak