Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Gatal Pada Malam Hari

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Gatal Pada Malam Hari

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Gatal Pada Malam Hari

Kalkulator BMI Hitung BMI Anda dan cari tahu apakah berat Anda sudah ideal.Lihat lainnyaKebutuhan Kalori Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Hitung di sini!Lihat lainnyaGrafik Pertumbuhan Anak Pertumbuhan anak bisa berbeda-beda. Grafik pertumbuhan hanya membantu menghitung rata-rata dari data yang diberikan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil penilaian si Kecil selama pertumbuhannya baik.Lihat lainnya

Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mayapada Hospital Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada dibawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan IGD 24 jam dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis profesional untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, di antaranya Tahir Uro-Nefrologi Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Cardiovascular Center, imunisasi pneumonia, dan lain-lain.Lihat lainnyaRumah Sakit St. Carolus (RSSC) Rumah Sakit St. Carolus (RSSC) atau RS Umum Saint Carolus adalah rumah sakit Katolik pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Vikaris Apostolik Batavia (Keuskupan Agung Jakarta). Dengan pertolongan oleh Perkumpulan Perhimpunan St. Carolus Vereeniging (PPSC), rumah sakit ini memiliki visi menjadi mitra kesehatan keluarga tepercaya yang memberikan layanan medis dan keperawatan bertaraf internasional serta didukung dengan teknologi medis & digital efektik sebelum tahun 2025. Fasilitas kesehatan ini terkenal akan pelayanannya yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diraihnya di bidang medis. Beberapa di antaranya adalah mendapat predikat RS sayang bayi, terakreditasi 16 bidang, serta penghargaan sayang ibu dan bayi terbaik di DKI Jakarta. Adapun untuk layanan unggulan di sini meliputi St. Carolus Bone & Joint Centre, St. Carolus Maternity & Child Centre, St. Carolus Uro-Nephrology Center, dan St. Carolus Digestive Centre.Lihat lainnyaBrawijaya Hospital Saharjo Mengangkat gaya arsitektur semi-outdoor untuk menunjang konsep healthy lifestyle yang diangkatnya, Brawijaya Hospital Saharjo berupaya untuk menyediakan situasi yang nyaman sehingga mampu menjadi fasilitas kesehatan yang kondusif bagi para pasiennya. Terletak di daerah Tebet Barat, Jakarta Selatan, Brawijaya Saharjo menyediakan layanan-layanan unggulan bagi para pasiennya, yang meliputi Jantung, Kanker, Endoskopi, Ortopedi, hingga Akupuntur.Lihat lainnya

Gatal

HestiParenting•5 monthsKisah Raka Melawan Kanker Mata: Berayun dari Dukun ke Dokterrefi SudjanaDiabetes•5 monthsBagaimana cara menyembuhkan Disfungsi ereksi pada diabetes?NNony Mercylia AKesehatan Kulit•5 monthsMenghilangkan bekas jerawatHestiBerat Badan Ideal•5 months#BMI: Cek BMI Kamu & Dapatkan Smartwatch!

Gatal Di Malam Hari

Rasa gatal tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika muncul di malam hari, hal ini bisa mengganggu kualitas tidur. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkan gatal malam hari ini?

Selain itu, suhu tubuh Anda dan aliran darah di kulit meningkat pada malam hari, sehingga menghangatkan kulit. Kenaikan suhu pada kulit ini bisa membuat Anda merasa gatal.

Reaksi alergi bisa muncul sejak 12 – 72 jam setelah paparan zat pemicu alergi dan mungkin saat Anda tidur. Kondisi ini bisa menyebabkan biduran yang ditandai dengan kulit kering, merah, gatal, dan berbentol.

Cara Menghilangkan Biduran Selamanya, Obat Alami Dan Ampuh!

Beberapa iritan ini akan merusak sawar kulit (skin barrier) Anda, lalu timbul peradangan yang ditandai dengan gatal dan ruam . Keluhan ini akan muncul selama beberapa hari setelah terkena paparan.

Serangga yang kerap muncul di malam hari adalah nyamuk. Serangga ini lebih aktif menggigit Anda di malam hari karena sinar ultraviolet pada siang hari bisa membuat mereka dehidrasi.

Serangga lain yang bisa membuat Anda gatal di malam hari, yaitu sengatan tomcat . Hewan ini mengeluarkan racun bernama paederin yang menyebabkan dermatitis kontak dengan bentolan bernanah.

Penyebab Munculnya Gatal Gatal Di Malam Hari

Kudis atau scabies adalah gatal akibat gigitan kutu Sarcoptes scabiei . Penyakit kulit ini bisa menular ke orang lain dengan cepat, terutama bila tinggal seatap. 

Gejala utama kudis yang paling mudah disadari adalah kulit gatal yang memburuk dan intens hanya di malam hari. Selain itu, kulit menjadi bergelombang dan disertai lepuhan atau benjolan di kulit.

Kondisi ini umumnya muncul bila Anda mudah berkeringat , berbagi barang pribadi dengan orang yang terinfeksi, mengenakan pakaian atau sepatu yang tidak menyerap keringat, dan beraktivitas di tempat lembap.

Telapak Tangan Gatal, Waspadai Penyakit Serius Ini

Ada beberapa obat-obatan yang memicu efek samping berupa gatal di malam hari. Sensasi ini muncul selama beberapa hari hingga minggu setelah konsumsi obat. 

Ada berbagai cara untuk mengatasi kulit gatal di malam hari. Mulai dari penggunaan obat, produk pelembap kulit, sampai perawatan sederhana di rumah.

Penyebab

Pelembap pekat memberikan lapisan di permukaan kulit dan mencegah penguapan kadar air. Pelembap juga bisa memperkuat sawar kulit dan meredakan gatal akibat eksim.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Miss V Wanita Secara Alami

Pilih sabun mandi yang dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kelembapan kulit tetap terjaga, misalnya sabun yang mengandung minyak kedelai dan minyak alpukat.

Kulit hanya gatal di malam hari juga perlu diobati, terutama bila akibat infeksi. Dokter bisa memberikan obat antijamur atau antiparasit berupa krim atau salep. 

Sethi, A., Kaur, T., Malhotra, S., & Gambhir, M. (2016). Moisturizers: The Slippery Road. Indian Journal of Dermatology , 61 (3), 279-287. https://doi.org/10.4103/0019-5154.182427 Podder, I., Mondal, H., & Kroumpouzos, G. (2021). Nocturnal pruritus and sleep disturbance associated with dermatologic disorders in adult patients. International Journal of Women’s Dermatology , 7 (4), 403-410. https://doi.org/10.1016/j.ijwd.2021.02.010 Lavery, M. J., Stull, C., Kinney, M. O., & Yosipovitch, G. (2016). Nocturnal Pruritus: The Battle for a Peaceful Night’s Sleep. International Journal of Molecular Sciences , 17 (3). https://doi.org/10.3390/ijms17030425 Allergies and hypersensitivities. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://www.healthdirect.gov.au/allergies-and-hypersensitivities Food Allergies: What You Need to Know. (2022). Retrieved 2 March 2023, from https://www.fda.gov/food/buy-store-serve-safe-food/food-allergies-what-you-need-know   Contact dermatitis – Symptoms and causes. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/contact-dermatitis/symptoms-causes/syc-20352742 Mammino, J. J. (2011). Paederus Dermatitis: An Outbreak on a Medical Mission Boat in the Amazon. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology , 4 (11), 44-46. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3225135/ Holmes, C. J., & Benoit, J. B. (2019). Biological Adaptations Associated with Dehydration in Mosquitoes. Insects , 10 (11). https://doi.org/10.3390/insects10110375 Berry, N. L., Overholt, E. P., Fisher, T. J., & Williamson, C. E. (2020). Dissolved organic matter protects mosquito larvae from damaging solar UV radiation. PLoS ONE , 15 (10). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0240261 Scabies – Symptoms and causes. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/scabies/symptoms-causes/syc-20377378 Atopic dermatitis (eczema) – Symptoms and causes. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atopic-dermatitis-eczema/symptoms-causes/syc-20353273 Skin Fungus: Fungal Infection, Fungal Rash, Skin Fungus Treatment. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4276-skin-fungus#symptoms-and-causes Calamine (Topical Route) Proper Use – Mayo Clinic. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/calamine-topical-route/proper-use/drg-20062463?p=1 Itchy skin (pruritus) – Symptoms and causes. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006 Drug-induced pruritus | DermNet. (2023). Retrieved 2 March 2023, from https://dermnetnz.org/topics/drug-induced-pruritusPenyebab Kulit Gatal di Malam Hari dan Cara Mengatasinya Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit

Cara Mengobati Mata Gatal Yang Mengganggu Di Malam Hari

Kondisi kulit gatal di malam hari, atau dikenal dengan istilah “nocturnal pruritus”, memang bisa mengganggu kenyamanan tidur. Terlebih ketika kulit gatal tersebut terus digaruk, maka kondisi ini dapat menyebabkan masalah baru berupa kulit rusak dan risiko infeksi.

Bila Anda termasuk salah satu yang sering atau sedang mengalami gangguan ini, maka Anda mungkin penasaran soal penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu mari kita simak bersama penjelasan berikut ini.

Cara

Bicara soal penyebabnya, selain faktor alami, kulit gatal juga bisa muncul akibat penyakit tertentu. Inilah berbagai faktor yang menyebabkan kulit gatal di malam hari:

Kulit Gatal Di Malam Hari Terasa Mengganggu? Ini Solusinya

Untungnya faktor alami inilah yang kerapkali jadi penyebab mengapa seseorang mengalami gatal-gatal di malam hari. Dan berikut adalah beberapa faktor alami yang dimaksud:

Setiap 24 jam sekali, tubuh mengalami proses biologis yang disebut ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan proses ketika tubuh meregulasi hormon dan unsur kimiawi, naik dan turun secara bergantian seperti roda berputar.

Proses ini dapat menyebabkan perubahan yang berimbas pada fungsi kulit, dan biasanya itu terjadi di malam hari. Perubahan yang dimaksud antara lain:

Cara Menghentikan Batuk Di Malam Hari, Begini Caranya!

Dari semua perubahan yang disebutkan tadi, penyebab kulit gatal di malam hari yang paling besar adalah karena kulit kehilangan lebih banyak air ketika malam. Ini juga yang menjadi alasan mengapa kulit sering terasa gatal saat cuaca sedang dingin.

Nah, gatal ini sebenarnya bisa muncul juga di siang hari. Tapi, Anda mungkin tak terlalu memperhatikannya karena banyaknya aktivitas. Berbeda dengan saat malam hari, yakni waktu kesibukan sudah berkurang, sensasinya biasanya terasa lebih intens.

Cara

Kedua kondisi ini dialami oleh wanita akibat perubahan hormon di dalam tubuhnya. Perubahan hormon estrogen bisa menyebabkan kulit kering dan gatal. Beberapa perempuan usia menopause bahkan menggambarkan sensasi gatalnya mirip seperti ketika semut merambat di bawah permukaan kulit.

Cara Mengatasi Gatal Yang Melanda Kaki Pada Malam Hari

Untuk mengetahui kondisi kesehatan mana yang Anda alami, maka diperlukan bantuan dokter. Jangan lupa untuk menceritakan setiap gejala yang Anda alami agar dokter lebih lebih mudah terarah menegakkan diagnosisnya.

Ada banyak obat gatal di apotik, baik yang dijual bebas ataupun yang diresepkan dokter. Anda dapat membedakannya dengan melihat tanda lingkaran yang ada di setiap kemasan obat.

Lingkaran latar merah dengan tulisan K di tengah menunjukkan obat keras yang harus digunakan atas rekomendasi dokter (etikanya apoteker tidak boleh menjual obat ini secara langsung tanpa resep). Sedangkan obat dengan labal lingkaran latar hijau dan biru, bisa Anda beli dan langsung digunakan sesuai aturan pakai.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering Dan Gatal Dengan Aman

Beberapa obat sengaja diformulasikan untuk meredakan gatalnya saja, namun ada pula yang membantu Anda cepat tidur. Ada pula tipe obat yang dapat melakukan keduanya.

Lain halnya kalau stres yang menyebabkan timbulnya gatal di kulit, maka untuk ini Anda jelas harus mengatasi sumbernya dulu. Beberapa cara untuk meredakan stres antara lain meditasi, yoga, atau relaksasi. Jika semua usaha tadi tidak membantu, tak ada salahnya untuk menemui dokter atau terapis.

Penyebab

Jadi itulah tadi beberapa penyebab kulit gatal di malam hari dan cara mengatasinya yang dapat kami sampaikan. Semoga menambah wawasan kita semua!

Cara Mengatasi Gatal Di Selangkangan Dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan

Tim Editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak