Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Tradisional

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Tradisional

Tips Dan Cara Bagaimana Mengatasi Gatal Tradisional

Kapanlagi - Meski tak begitu menyakitkan, gatal tetap bisa menimbulkan rasa tak nyaman dan sangat mengganggu. Saat gatal-gatal, biasanya secara refleks kita akan berusaha menggaruk bagian kulit yang terasa gatal. Padahal, menggaruk hanya akan meredakan gatal sementara saja. Sebaliknya, menggunakan bahan alami mengobati gatal bisa jadi cara mengatasi gatal yang lebih yang ampuh.

Tak saja ampuh, obat gatal dari bahan alami juga terbilang mudah ditemukan di sekitar kita. Selain itu, obat gatal berupa bahan alami ini juga terbilang aman tanpa efek samping yang membahayakan. Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkannya saat merasakan gatal-gatal karena mengalami ruam, biduran, hingga alergi.

Ini

Lantas, kira-kira apa sajakah bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat gatal? Dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut daftar ulasan bahan alami mengobati gatal yang sangat mudah ditemukan.

Tips Mengatasi Gatal Dan Bekas Gigitan Nyamuk

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang kaya manfaat. Lidah buaya banyak dikonsumsi untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Daging gel lidah buaya yang berbentuk gel, kerap dipakai sebagai pelembap kulit.

Namun ternyata, kandungan dalam gel lidah buaya tak saja bisa membuat kelembapan kulit terjaga. Lebih dari itu, kandungan dalam gel lidah buaya ini ternyata juga dapat mengatasi iritasi. Oleh sebab itu, lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati gatal. Namun demi keamanan, sebaiknya pemakaian gel lidah buaya untuk kulit sensitif tetap perlu diperhatikan lebih lanjut.

Sama seperti lidah buaya, kunyit juga dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan kesehatan. Sehingga, tak terlalu mengherankan jika kunyit juga termasuk dalam salah satu bahan alami mengobati gatal. Kunyit mempunyai kandungan kurkumin yang membuatnya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Dengan kedua sifat tersebut, kunyit dapat mengatasi gatal dan peradangan pada kulit secara ampuh.

Cara Mengatasi Gatal Karena Keringat Dengan Bahan Alami, Efektif Dan Mudah Dilakukan

3. Es Batu Selain dengan menggaruk dan menggunakan obat, kalian juga bisa mengatasi gatal dengan cara mengopresnya memakai es batu. Cara sederhana ini juga terbilang ampuh untuk meredakan rasa gatal pada kulit. Namun perlu diperhatikan, untuk melakukannya sebaiknya gunakan kain bersih untuk membungkus es batu sebelum dikompreskan pada kulit. 

Selama ini oatmeal mungkin lebih dikenal sebagai salah satu menu sarapan sehat yang tinggi serat. Siapa sangka ternyata oatmeal juga bisa manfaatkan sebagai bahan alami mengobati gatal pada kulit. Hal ini lantaran, oatmeal mempunyai sifat humektan. Dengan sifat tersebut, oatmeal dapat digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dan mengatasi gatal-gatal akibat ruam hingga alergi.

5. Minyak Kelapa Bahan alami mengobati gatal berikutnya ialah minyak kelapa. Ya, selain digunakan untuk memasak, minyak kelapa memang menyimpan banyak manfaat luar biasa. Dengan kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya, minyak kelapa diyakini bisa membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit. Tak saja mengatasi gatal, antioksidan pada minyak kelapa juga berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab peradangan di kulit.

Jenis Obat Gatal Alami Yang Aman Untuk Si Kecil

6. Daun Kemangi Daun kemangi mungkin lebih dikenal sebagai salah satu jenis lalapan. Rasanya yang segar, membuat daun ini cukup populer dan banyak digunakan di dunia kuliner.

Ternyata, dalam daun kemangi juga tersimpan senyawa-senyawa, seperti kapur barus dan thymol yang bisa meredakan gatal. Tak sampai di situ, daun yang punya aroma wangi ini juga mempunyai sifat antimikroba dan antibakteri, sehingga bisa efektif mengatasi gatal seperti ruam.

Cara mengatasi gatal dengan daun kemangi juga sangatlah mudah. Pertama-tama, kalian bisa menumbuk daun kemangi sampai halus. Setelah itu, kalian cukup mengoleskannya ke permukaan kulit yang terasa gatal. Diamkan beberapa saat, kemudian rasa gatal akan menghilang dengan sendirinya.

Obat

Cara Mengatasi Eksim Kulit Dengan Bahan Herbal Dan Alami Ala Rumahan

7. Daun Mint Daun mint punya aroma serta sensasi rasa segar yang tak jauh beda dengan daun kemangi. Di luar dua hal itu, ternyata masih ada kesamaan antara kedua jenis daun tersebut.

Ya, sama seperti daun kemangi, daun mint juga bisa jadi satu alternatif untuk mengatasi gatal di kulit. Namun menurut beberapa sumber, penggunaan daun mint cenderung lebih efektif untuk gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi.

Selain daun mint dan kemangi, jenis dedaunan lain yang juga bisa jadi obat gatal ialah daun sirih. Seperti yang kita tahu, sudah sejak lama daun sirih dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai jenis penyakit.

Cara Mengatasi Gatal Di Kulit Secara Alami Halaman 1

Kaitannya mengatasi gatal, dalam daun sirih tersimpan kandungan chavicol para allyphenol. Kandungan tersebut membuat daun sirih mempunyai sifat anti bakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gatal akibat ruam, biduran, maupun alergi.Gatal pada kulit merupakan masalah kesehatan yang ringan namun menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Saking tidak nyamannya orang yang mengalami kulit gatal akan mengalami stres, susah tidur, hingga infeksi lebih lanjut ketika kulit tergaruk. Penyebab kulit gatal yang paling umum antara lain digigit serangga, alergi, stres, penyakit eksim, dan lain sebagainya. Sebagian orang mungkin enggan untuk menggunakan obat gatal di apotik karena takut menyebabkan efek samping pada kulit. Selain itu biasanya obat tabur juga menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh sebabnya obat gatal tradisional menjadi pilihan alternatif.

Obat tradisional disebut juga sebagai Obat Bahan Alam (OBH). Artinya obat tradisional menggunakan bahan alami dari tanaman sebagai bahan bakunya. Obat gatal tradisional cenderung aman digunakan dan mudah ditemukan. Efektifitasnya juga tidak diragukan karena mengandung sifat anti-radang, anti-jamur, anti-mikroba, anti-alergi, dan anti-inflamasi. Berikut 10 obat gatal tradisional yang bisa kamu gunakan untuk mengobati kulit gatal.

Dr

Minyak kelapa dibuat dari kelapa segar yang diambil minyaknya, baik dengan proses pemanasan maupun tidak. Minyak kelapa yang digunakan sebaiknya tidak menggunakan bahan kimia. Ini merupakan bahan yang efektif dalam menyembuhkan iritasi dan ruam kulit yang terasa gatal. Biasanya minyak kelapa digunakan untuk gatal yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Obat tradisional ini menggunakan kandungan anti bakteri dan anti jamur sebagai senjata ampuh untuk mengatasi kulit kemerahan, gatal-gatal, maupun pembengkakkan.

Bahan Alami Untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Asam laurat di dalam minyak kelapa dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan rasa gatal. Ini sekaligus menjadi pelembab kulit yang biasanya diderita oleh orang yang alergi terhadap sesuatu. Untuk menggunakannya cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang terasa gatal lalu diamkan semalaman. Dalam waktu satu malam biasanya kulit gatal akan berkurang secara drastis.

Lidah buaya dapat mengatasi kulit gatal karena gigitan serangga atau iritasi. Hal ini dikarenakan lidah buaya memberikan efek pendinginan yang akan mengurangi rasa gatal. Obat gatal ini bisa membantu melembabkan kulit, merangsang pertumbuhan sel, dan mencegah agar iritasi pada kulit tidak menyebar. Gel lidah buaya dapat diambil langsung dari tanamannya. Jika sulit menemukan tanaman ini, bisa membeli produk yang mengandung lidah buaya berupa gel atau krim. Cukup mengoleskan gel lidah buaya di atas kulit yang gatal lalu diamkan beberapa menit sebelum dibilas.

Daun kemangi terdiri atas senyawa anti-gatal yang dikenal dengan nama kapur barus dan thymol. Kandungan zat ini akan memberikan pengurangan rasa gatal sehingga menghentikan anda untuk menggaruk bagian tubuh yang gatal. Lebih lanjut, sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang dimilikinya akan mengobati beberapa bintik-bintik merah dan ruam yang menyebabkan gatal termasuk psoriasis dan panu. Cara menggunakan obat tradisional ini dengan menumbuk halus daun kemangi segar, lalu balurkan pada kulit yang gatal. Selanjutnya diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih.

Obat Tradisional Mengatasi Biduran Atau Kaligata, Ampuh Untuk Usir Gatal Dan Bentol Kemerahan

Cuka apel sudah digunakan ribuan tahun lalu sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah kulit. Ini adalah disinfektan dan antiseptik alami untuk mencegah kerusakan pada kulit. Kandungan asam asetat dalam cuka apel membantu melawan infeksi kulit atau alergi kulit yang biasanya menyebabkan ruam merah. Cuka sari apel juga memiliki sifat anti-jamur sehingga akan sangat baik dalam mengobati gatal dan kering pada kulit.

Obat

Cara mengaplikasikan cuka apel dengan menggunakan kapas atau kertas yang sudah ditetesi dengan cuka apel. Kemudian letakkan kapas atau kertas tersebut di atas kulit yang bermasalah. Cara lain untuk menggunakannya bisa dengan mencampurkan cuka apel dan air bersih dengan perbandingan 1:1. Berikutnya larutkan cairan tersebut ke kulit lalu biarkan sampai kering. Selanjutnya bilas dengan air hangat. Namun perlu diingat bahwa cuka apel biasanya bereaksi negatif terhadap luka terbuka. Oleh sebabnya hindari mengoleskan cuka apel pada kulit yang sedang terluka, pecah-pecah atau mengeluarkan darah.

) merupakan tanaman herbal yang hidup liar dan mudah ditemukan di negara-negara Asia termasuk di Indonesia. Pegagan dapat hidup di ladang, kebun, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman herbal yang satu ini mengandung anti-alergi, anti-pruritus, dan anti-peradangan sehingga bisa diandalkan untuk mengobati gatal secara tradisional.

Mengatasi Gatal Pada Ibu Hamil: Cara Dan Penyebabnya

Biasanya daun pegagan diekstrak untuk dijadikan cairan yang akan dioleskan pada kulit yang meradang. Daun pegagan dapat mengurangi gatal karena peradangan akibat penyakit psoriasis dan dermatitis. Hebatnya lagi pegagan bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan kemunculan bekas luka di kulit. Manfaat ini didapat dari senyawa terpenoid yang terdapat pada pegagan, agar membantu meningkatkan produksi kolagen.

Tumbuhan yang satu ini memang dikenal memilik banyak manfaat bagi kesehatan termasuk mengatasi gatal. Daun sirih mengandung chavicol para allyphenol yang bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Biasanya daun sirih lebih banyak digunakan untuk meredakan gatal karena biduran. Beberapa orang mungkin suka meminum rebusan daun sirih untuk mengurangi gatal, namun cara ini tidak disarankan karena sebaiknya daun sirih digunakan sebagai obat luar saja.

Menggunakan daun sirih sebagai obat gatal dilakukan dengan menumbuk beberapa daun sirih yang sudah dibersihkan. Pada tahap ini anda juga bisa mencampurkannya dengan kunyit untuk mempercepat proses penyembuhan. Setelah obat tradisional ini dihaluskan maka diletakkan pada kulit yang gatal. Sebaiknya tempelkan halusan daun sirih selama 20 menit dan ulangi 3 kali sehari hingga biduran mereda. Akan tetapi jika pada percobaan pertama anda merasa gatal tidak berkurang atau malah memperburuk kondisi biduran, sebaiknya hentikan penggunaan daun sirih. Lebih lanjut anda disarankan mencari bantuan medis atau menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotik.

Pasti

Obat Gatal Kulit Paling Ampuh, Patut Dicoba

Mirip seperti manfaat yang didapat dari lidah buaya, mentimun juga memberikan efek dingin yang dapat mengurangi kulit gatal. Selain itu kandungan senyawa yang menyegarkan dari mentimun membuat tumbuhan ini banyak digunakan pada salon-salon kecantikan. Sementara untuk menggunakan mentimun sebagai obat gatal bisa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak