Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bibir Kering

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bibir Kering

Tips Dan Cara Bagaimana Menghilangkan Bibir Kering

Kebiasaan mengelupas bibir hanya akan menambah iritasi dan makin kering. Berikut cara aman dan mudah mengatasi bibir kering pecah-pecah tanpa membuatnya lecet. (Foto: Istockphoto/Tetiana Mandziuk)

Bibir pecah-pecah  adalah kondisi yang umum terjadi ketika bibir sangat kering. Gejala bibir pecah-pecah antara lain permukaan bibir yang terasa kering , mengelupas, permukaan kasar bersisik. Bahkan bagi sebagian orang akan mengalami iritasi seperti luka, berdarah.

Penyebab

Bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya, sehingga akan lebih rentan kering dan pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat memperburuk kondisi bibir, entah itu karena cuaca terlalu dingin atau terlalu panas dan kurangnya perawatan.

Tips Ala Rumahan Untuk Atasi Bibir Kering Dan Pecah Pecah Saat Puasa

Selain itu, penyebab umum yang dapat memperparah kondisinya adalah kebiasaan menjilat bibir. Air liur dari lidah memang membasahi sementara, namun justru dapat menghilangkan kelembapan alami bibir yang bisa memicu bibir kering.

Setiap orang bisa mengalami bibir pecah-pecah, terutama apabila memiliki kulit kering. Meminum atau mengoleskan obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko bibir pecah-pecah seperti vitamin A, retinoid, lithium (untuk mengobati gangguan bipolar), obat kemoterapi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut yang bisa dilakukan untuk merawat dan mengatasi bibir pecah-pecah yang bisa dilakukan di rumah agar bibir menjadi sehat kembali.

Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah, Simak Ya

Faktor paling umum yang membuat bibir terasa kering dan pecah-pecah adalah dehidrasi. Ketika bibir mulai terasa kering, itu berarti tubuh sedang memberikan sinyal kekurangan cairan.

Maka dari itu, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum tubuh dehidrasi. Pastikan mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari. Dengan demikian, Anda akan terhindar gejala dehidrasi sekaligus bibir pecah-pecah.

Lipstik mengandung banyak bahan kimia yang bisa membuat bibir semakin kering. Sebaiknya sebelum mengoleskannya, lapisi dulu dengan lipbalm atau pelembap bibir agar bibir tidak pecah-pecah (Foto: BreakingPic/Pexels)

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Hingga Tuntas

Cara paling cepat mengatasi bibir pecah-pecah adalah mengaplikasikan pelembap bibir. Sebaiknya pelembap bibir yang dipilih mengandung bahan-bahan alami seperti kelapa dan minyak almond, vitamin E, dan antioksidan yang berfungsi menjaga kelembaban bibir.

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, terutama seiring bertambahnya usia. Oleskan lip balm setidaknya mengandung SPF 15 sebelum menuju pergi dan beraktivitas di luar ruangan maupun sebelum memakai lipstik.

Pilihlah pelembap bibir yang dikemas dalam bentuk salep. Sebab, pelembap bibir dalam kemasan pot dapat berisiko meningkatkan kontaminasi kuman. Gunakan pelembap bibir sesering mungkin sekitar enam sampai delapan kali sehari.

Catat! Ternyata Begini Tips Ampuh Mencegah Bibir Kering

Lidah buaya dikenal memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu menenangkan dan menghilangkan sensasi menyengat. Lidah buaya juga membantu dalam melembapkan dan menjaga kulit tetap lembut.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam lemon sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk merawat bibir. Ini karena lemon bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bibir yang pecah-pecah.

Penyebab

Tapi perhatikan dulu kondisi bibir, jangan mengaplikasikan cairan lemon ke permukaan bibir yang lecet karena akan memperparah iritasi. Jika bibir tak ada luka atau tak ada rasa perih, mengoleskan air perasan lemon langsung ke bibir yang pecah-pecah aman dilakukan. Terapkan ini dua kali sehari agar hasilnya maksimal.

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Madu dapat menyeimbangkan kelembapan bibir sehingga tidak mudah kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan madu ke bibir yang kering. Bisa juga dikombinasikan dengan lemon untuk mendapatkan hasil maksimal.

Hampir semua jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak jarak dapat dimanfaatkan sebagai pelembap bibir dan kulit. Masing-masing minyak tersebut mengandung asam lemak sehat yang dibutuhkan bibir sehingga membuat bibir menjadi lembut dan terhindar dari kering.

Jika Anda mencuci wajah dengan sabun jerawat, berhati-hatilah saat mengaplikasikannya dan hindari area bibir. Selain mempercepat keringnya kelenjar minyak, pencucian ini sering membuat kering dan iritasi pada kulit bibir yang halus.

Ini Dia 11 Cara Agar Bibir Tidak Kering

Selain itu,  jauhkan bibir dari tisu pembersih beralkohol yang bisa menyebabkan bibir semakin kering dan pecah-pecah. Untuk membersihkan area bibir dan bekas lipstik, Anda bisa menggunakan mengoleskan pelembap atau minyak kemudian lap dengan tisu kering.

Ketimbang mengelupas kulit kering bibir dengan jari, lebih baik gosok dengan menggunakan scrub eksfoliasi khusus bibir karena kandungannya aman dan tidak berisiko menambah iritasi bibir (Foto: Istockphoto/Voyagerix)

Cara

Tidak peduli seberapa gatalnya tanganmu ingin mengelupasnya, jangan paksa bagian kering dan pecah-pecah dicabut menggunakan jari atau kuku. Mengelupas bibir kering hanya akan meninggalkan luka yang membuatnya perih dan iritasi.

Cara Memilih Liptint Untuk Bibir Kering Yang Cocok Buatmu

Gosok permukaan bibir menggunakan scrub buatan sendiri dengan lembut. Jika dirasa kulit bibir yang kering sudah terangkat, bilas dengan lap dan air bersih.

Sudah memilih cara mengatasi bibir pecah-pecah yang akan dilakukan di rumah? Selalu ingat untuk banyak-banyak minum air putih dan beri perawatan khusus agar bibir tak terus-terusan kering pecah-pecah sehingga mengganggu penampilanmu, ya., Jakarta – Kulit bibir jauh lebih tipis dan lebih halus daripada di bagian tubuh lainnya. Itulah sebabnya bibir rentan kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Namun, tenang saja, ada banyak cara mengatasi bibir kering secara cepat dan alami. Yuk simak!

Dehidrasi adalah penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah. Orang mungkin tidak menyadari ketika mereka sedikit mengalami dehidrasi, jadi ada baiknya untuk membiasakan minum air yang cukup setiap harinya.

Ketahui Penyebab Dan 8 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk pada bibir.

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan penyembuhan luka. Madu dapat membantu melembapkan bibir dan melindunginya dari pecah-pecah dari infeksi. Ini juga berfungsi sebagai eksfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit mati dan kering dari bibir.

Cara

Bibir dari bahan alami yang ada di rumah. Dengan menggunakan gula atau garam sebagai bahan eksfoliasi, dan madu atau minyak sebagai emolien.

Cara Terbaik Untuk Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Pecah

Campurkan dua bahan tersebut dalam wadah, lalu oleskan ke bibir dengan menggunakan kapas secara lembut. Setelah itu, bersihkan sisa scrub dengan menggunakan lap basah yang bersih.

Lidah buaya memiliki sejumlah kegunaan dan paling dikenal sebagai obat rumahan untuk luka bakar. Sifat antiinflamasi dan efek menenangkannya menjadikannya pilihan tepat untuk merawat bibir yang kering.

Sebaiknya gunakan lidah buaya organik dalam bentuk gel, atau bisa juga menggunakan lidah buaya segar dari daun tanaman lidah buaya. Untuk melakukan ini, potong daun tanaman dan iris terbuka untuk mengambil gelnya. Simpan dalam wadah, dan oleskan gel ke bibir dengan jari.

Bibir Kering, Pecah Pecah, Dan Melepuh Akibat Terserang Virus, Ada 4 Cara Mengatasinya

Itulah beberapa cara mengatasi bibir kering secara cepat dan alami. Jika masalah ini tak kunjung membaik, kamu bisa download untuk bicara pada dokter lewat chat kapan saja.

Referensi: American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. 7 Dermatologists’ Tips For Healing Dry, Chapped Lips. Healthline. Diakses pada 2022. 5 Easy DIY Treatments for Chapped Lips. Medical News Today. Diakses pada 2022. Best 6 Ways To Relieve Chapped Lips.

Cara

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak